Mohon tunggu...
FocusIELTS
FocusIELTS Mohon Tunggu... Guru - IELTS Preparation Online Privat dengan hasil 7.0 - 8.5

Membantu Persiapan IELTS dengan target 7.0 keatas untuk persiapan kuliah di luar negeri. Achieve your target at the FIRST ATTEMPT. Do not let IELTS become your weakness, instead let it be your ticket to future success. Kelas Privat dengan Tutor Lulusan Master of TESOL , Master of Education dari Australia , UK, USA , tutor lokal memilki band 7.5 keatas dengan pengalaman 5 tahu lebih. IELTS tidak sesulit yang Anda bayangkan!

Selanjutnya

Tutup

Bahasa

IELTS Writing Mistake: Task 1 (Graph) with Sample Answer Band 8.0

5 Agustus 2022   15:09 Diperbarui: 10 Agustus 2022   18:28 1602
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Di task 1 ini, kalian akan diminta untuk menulis minimal 150 kata dalam waktu 20 menit. Tulisan yang diminta adalah semacam analytical writing dimana kalian akan menjelaskan terkait grafik, peta atau suatu proses. 

Dalam task 1 ada beberapa tipe grafik yang bisa Anda dapatkan yaitu: line graph, bar graph, pie chart, tables, mixed chart, process, dan maps. 

Banyak orang yang ketika baru belajar IELTS mengalami kesulitan di bagian writing task 1 ini dikarenakan mereka tidak terbiasa dengan penulisan analytical report itu seperti apa sehingga yang sering dijumpai adalah banyaknya orang bingung apa yang harus ditulis, data mana yang harus disertakan dan data mana yang tidak perlu disampaikan. 

Di sini, kita akan membahas dan menganalisis writing task 1 dan melihat kesalahan-kesalahan yang sering terjadi dalam task 1 serta memberikan contoh perbaikannya.

Namun, sebelum kita membedah contoh jawaban untuk writing task 1, mari kita pahami apa saja yang dinilai dalam IELTS task 1 ini. Ada empat komponen yang menjadi pertimbangan dalam penilaian writing task 1 yaitu; task achievement, coherence and cohesion, lexical resource, dan grammatical range and accuracy. Apa yang dilihat dari keempat aspek tersebut? Mari kita pahami dengan jelas.

Task achievement

Aspek ini fokus kepada kesesuaian jawaban dengan soal yang diberikan. Dalam penulisan task 1, ada beberapa komponen yang perlu dipahami dan dituangkan dalam jawabannya. Ini dimulai dari paragraphing (pembuatan overview, penjelasan dan perbandingan data yang cukup dan sesuai).

Coherence and cohesion

Aspek ini melihat pengaturan paragraf dan bagaimana pengaturan terebut sudah sesuai sehingga tulisan dapat dipahami dengan jelas. Selain itu, penggunaan cohesive devices (kata/frasa penghubung) yang cukup dan akurat dalam penulisannya dengan tujuan untuk membuat alur tulisan yang baik.

Lexical resource

Aspek ini melihat penggunaan vocabulary (kosa kata) dalam penulisan. 

Seberapa luas pemahaman terkait dengan kosa kata akan tercerminkan dalam penulisan, dan itulah yang akan menjadi inti dari aspek ini. Hampir semua kata memiliki sinonim katanya dan itu harus ditunjukkan dalam tulisannya. Pengulangan suatu kata yang berulang-ulang akan mempengaruhi secara negatif dalam aspek ini.

Grammatical range and accuracy

Aspek ini berfokus kepada bagaimana penulis menyampaikan tulisannya. Variasi dalam penggunaan struktur kalimat sangatlah penting. 

Sama halnya dengan lexical resource, pengulangan struktur kalimat yang terus-menerus akan mempengaruhi nilai. Lebih lanjut, penggunaan baik kalimat simple atau kompleks sangat dianjurkan dalam tulisan kalian untuk meningkatkan nilai di aspek ini. 

Variasi sangatlah penting tapi jangan lupa untuk menjaga tingkat kebenaran dalam penulisan kalimat-kalimatnya.

Example: Line graph 

Sample 1: Band 4.5

The graph below shows the quantities of goods transported in the UK between 1974 and 2002 by four different modes of transport.

Summarise the information by selecting and reporting the main features, and make comparisons where relevant.

You should write at least 150 words.

The graph shows the quantities of goods transported in the UK between 1974 and 2002 by four different modes of transport. Modes of transport considered are four: roads, water, rails and pipelines.

In 1974 the best way to carry products was by roads, while the lowest transports used were the ones by pipelines. Water and railways were quite stabel to the same quantities, however throughout the years to 2002 water transports grew of more than twenty millions tones, whereas rails carrying decresed. In 2002 they came back to the same quantity of the same year.

Except for rails, every modes of transport examined easily rise of almost twenty millions tones.

To sum up, during the twenty-eight years shown in the graph, by far the best transport method remain the one by roads, following by the one by water and after that rail carrying and pipeline, The only mode that didn't grow was by rail.

Source: https://englishexamhelp.com/ielts-writing-task-1-band-4-5/

Analysis

Introduction sentence: Hal pertama yang kurang baik dalam tulisan di atas ada di kalimat pertamanya. Kalimat pertama bertujuan untuk memberikan penjelasan tentang grafik tersebut. Namun, ketika kita menjelaskan hal tersebut kita tidak boleh meng-copy kalimat di dalam soalnya. Melainkan, kita harus memparafrase kalimat tersebut. 

Kalimat di atas sama persis dengan kalimat dalam perintah soalnya. Seharusnya diparafrase, contoh: "The line graph displays how many goods were shipped in the UK between 1974 and 2002 by four different means of transport". Di kalimat ini banyak kata yang diubah agar tidak sama persis tetapi dengan tidak merubah maknanya. 

Kata-kata tersebut adalah; shows diubah menjadi displays, quantities diubah menjadi how many goods, transported diubah menjadi shipped, dan four different modes of transport diubah menjadi four different means of transport. Parafrase seperti ini sangatlah penting di dalam kalimat introduction.

Overview: Kalimat overview berfungsi untuk memberikan gambaran besar pola yang ada dalam grafik tersebut. Dengan kata lain, ini bisa dikatakan sebagai kesimpulan dari grafiknya. Ini perlu diletakkan dalam kalimat terakhir paragraf pertama. Namun, di contoh di atas, overview tidak ada. 

Sedangkan, adanya overview sangat mempengaruhi penilaian, khususnya di aspek task achievement. Contoh overview seharusnya: "Overall, road remained the primary way of transport during the 28-year period. In addition, shipments increased for all modes except rail, which was essentially unchanged."

Paragraphing: Di contoh di atas, paragraphing yang digunakan penulis tidak jelas. Informasi yang disampaikan di paragraph kedua hanya membandingkan titik awal dan titik akhir dari datanya. Selain itu, ketika kita menjelaskan dan/atau membandingkan data, perlu disertakan angkanya agar jelas. Ini tidak dilakukan di contoh di atas. 

Pemisahan paragraph ketiga dari paragraph kedua juga kurang tepat, karena paragraph tiga hanya terdiri dari satu informasi saja yang dimana informasi tersebut bisa digunakan sebagai overview karena memberikan gambaran besar terkait dengan grafuknya. 

Di paragraph keempat, informasi yang disampaikan sama dengan apa yang disampaikan di paragraph ketiga, hanya saja lebih dijabarkan sedikit sehingga adanya pengulangan informasi disini yang tidak diperlukan. Contoh paragraphing yang lebih baik adalah sebagai berikut;

(Paragraph 2)

According to the given illustration, about 70 million tons of various goods were transported in the UK using the road transportation system initially in 1974. In this year second largest goods quantity (40 million tonnes) was transported using the rail lines while almost similar amount of goods was brought in using water ways. Pipelines were used to bring the minimum amount of goods which consisted of about 5 million tonnes.

Di paragraph 2 ini, penjelasan dan perbandingan hanya fokus ke tahun 1974 (titik awalnya). Dan juga di dalam perbandingan ini, angka disebutkan agar lebih jelas mana yang lebih banyak dan sedikit.

(Paragraph 3)

Over the years, the amount of goods transported in the UK increased with some fluctuations and the use of water ways increased significantly. Roads remained the main transportation systems for bringing these goods through the years and in 2002 about 100 million tonnes of goods were transported in the UK using road transportation systems. 

Water ways contributed the second largest quantity of goods transportation in this year which was more than 60 million tonnes. Total amount of goods transported using the railway showed some fluctuations but remained almost same as it was in 1974. Finally, the use of pipeline for goods transportation increased to over 20 million tonnes compared to only 5 million tonnes in 1974.

Sedangkan di paragraph 3, penjelasan dan perbandingan berfokus antara tahun setelah 1974 sampai dengan 2002. Di sini, dengan jelas pola yang terjadi di semua sistem transportasi dijabarkan.

  • Spelling and grammar: Di contoh atas, masih ada beberapa kesalahan spelling seperti penulisan "stable" and "decrease". Kesalahan seperti ini sebenarnya bisa dihindari jika kita lebih teliti. Selain itu, kesalahan grammar juga masih ada di dalam contoh atas. Kalau untuk kesalahan ini, terkadang sangat sulit untuk kita hindari penuh karena memang tingkat kesulitannya yang lebih tinggi, Namun, kesalahan grammar seperti jamak tunggal yang dilakukan di atas bisa dihindari. Contoh kesalahan adalah: ... however, throughout the years to 2002 water transports grew of more than twenty millions tonnes ... (seharunya twenty million tonnes, millions tidak boleh dalam bentuk jamak disini), dan Except for rails, every modes of transport examined easily rise of almost twenty millions tones (every harus di ikuti oleh kata benda tunggak jadi seharusnya every mode).

Sample 2: Full sample of Band 8

The line graph displays how many goods were shipped in the UK between 1974 and 2002 by four different means of transport. Overall, road remained the primary way of transport during the 28-year period. In addition, shipments increased for all modes except rail, which was essentially unchanged.

According to the given illustration, about 70 million tons of various goods were transported in the UK using the road transportation system initially in 1974. In this year second largest goods quantity (40 million tonnes) was transported using the rail lines while almost similar amount of goods was brought in using water ways. Pipelines were used to bring the minimum amount of goods which consisted of about 5 million tonnes.

Over the years, the amount of goods transported in the UK increased with some fluctuations and the use of water ways increased significantly. Roads remained the main transportation systems for bringing these goods through the years and in 2002 about 100 million tonnes of goods were transported in the UK using road transportation systems. 

Water ways contributed the second largest quantity of goods transportation in this year which was more than 60 million tonnes. Total amount of goods transported using the railway showed some fluctuations but remained almost same as it was in 1974. Finally, the use of pipeline for goods transportation increased to over 20 million tonnes compared to only 5 million tonnes in 1974.

Source: https://www.ielts-adviser.com/quantities-of-goods-transported-in-the-uk-between-1974-and-2002/

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bahasa Selengkapnya
Lihat Bahasa Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun