Mohon tunggu...
FocusIELTS
FocusIELTS Mohon Tunggu... Guru - IELTS Preparation Online Privat dengan hasil 7.0 - 8.5

Membantu Persiapan IELTS dengan target 7.0 keatas untuk persiapan kuliah di luar negeri. Achieve your target at the FIRST ATTEMPT. Do not let IELTS become your weakness, instead let it be your ticket to future success. Kelas Privat dengan Tutor Lulusan Master of TESOL , Master of Education dari Australia , UK, USA , tutor lokal memilki band 7.5 keatas dengan pengalaman 5 tahu lebih. IELTS tidak sesulit yang Anda bayangkan!

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Menjawab IELTS Writing Task 1 "Line Graph" (Beserta Analisis Struktur) pt. 1

23 Juli 2022   13:15 Diperbarui: 10 Agustus 2022   17:39 282
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Beberapa dari kalian mungkin bingung bagaimana cara dan strategi dalam mengerjakan soal writing IELTS. Di sini kita akan menganalisa dan mendiskusikan bagaimana cara menjelaskan task 1, strategi apa saja yang bisa dilakukan untuk membantu dalam penulisan dan kita juga akan membahas beberapa fitur penting terkait vocabulary dan grammar dalam penulisan task 1. Oleh karena itu, kita akan membedah beberapa contoh dan menganalisanya.

Contoh:

The line graph explains the number of consumptions of three spreads in UK in 1981 until 2007.

Summarise the information by selecting and reporting the main features, and make comparisons where relevant.

You should write at least 150 words.

The line graph illustrates the consumption of three different spreads (margarine, butter, and low fat & reduced spreads) in a 26-year period in England. It is measured in grams. Overall, butter and margarine showed a decrease of consumption during this period while low fat and reduced spreads had an increase since its introduction in 1996.

Between 1981 and 1986, margarine and butter showed contrasting trends with a slight increase from around 140 grams to 160 for butter while a mild decrease from 90 grams to 80 for margarine. In the next 5 years, butter had a significant fall reaching about 100 grams in 1991 while margarine rose considerably to the same number. In the following 5 years, butter continued its decreasing trend with only 70 grams of consumption in 1996. On the other hand, margarine maintained its number during the five-year period. In the last 11 years, both butter and margarine continued its declining trend reaching a low of 50 grams and 40 grams respectively. During the same period, low fat and reduced spreads was introduced and gained popularity from its introduction having an enormous rise from only 20 grams in 1996 to approximately 70 grams in 2007. It reached its highest point in 2001 with just over 80 grams. (210 words)

Dengan hanya melihat contoh line graph beserta contoh penulisannya, kalian pasti masih bingung bagaimana kalian bisa menghasilkan tulisan seperti itu, apa saja yang perlu dijelaskan dan dengan cara apa. Disini kita akan menganalisa contoh tersebut agar kalian bisa memahaminya.

Paragraphing (Struktur paragraf)

Hal pertama yang perlu kita pahami adalah struktur paragrafnya. Jika kita lihat contoh di atas, penjelasan data tersebut dibagi menjadi dua paragraf. Secara umum, kita hanya perlu minimal dua paragraf, tetapi jika kalian merasa kalau diperlukan lebih dari dua paragraf, itu boleh. Sekarang kita bedah kedua paragraf di atas.

Untuk dapat menjelaskan data, kita perlu minimal dua paragraf dengan minimal 150 kata. Secara ideal, jumlah kata antara 150-200 karena kita hanya diberi waktu 20-30 menit untuk menjelaskan data tersebut. Namun, jika kalian yakin bahwa kalian bisa menulis lebih dari 200 kata, silahkan. Yang perlu kalian ingat adalah jika tulisan kalian di bawah 150 kata akan dikenakan penalty, tetapi tidak ada batasan untuk jumlah maksimal kata.

Paragraf pertama (Introduction paragraph)

Paragraf ini hanya terdiri dari dua komponen, yaitu kalimat yang mengenalkan tentang data tersebut dan kalimat yang memberikan gambaran besar atau kesimpulan tentang data tersebut.

Explaining the graph: Di kalimat pertama dalam introduction paragraph, kalian perlu menjelaskan tentang apa data tersebut dan untuk menjelaskan hal tersebut, kalian perlu memperhatikan axis y dan x dari line graph dan juga variabel yang disebutkan dalam datanya. Dalam menperkenalkan line graph-nya, pastikan untuk menggunakan SIMPLE PRESENT TENSE.

Contoh:

"The line graph illustrates the consumption of three different spreads (margarine, butter, and low fat & reduced spreads) in a 26-year period in England. It is measured in grams".  


Jadi, contoh di atas terdiri dari dua kalimat yang memberikan informasi terkait line graph dengan menyertakan komponen axis x dan y dan juga variabel yang dibahas di dalam data.

X axis = tahun; Y axis = satuan angkanya gram; Variables: margarine, butter, dan low fat and reduced spreads

Overview: Setelah kalian mengenalkan line graph tersebut tentang apa, selanjutnya kalian harus membuat overview. Overview ini bisa dikatakan sebagai kesimpulan atau gambaran besar dari data tersebut. Di dalam overview, kalian tidak perlu memberikan informasi yang terlalu spesifik dan jangan sertakan angka dulu dalam overview ini. Dalam penulisan overview, tense yang digunakan bisa bervariasi antara simple past dan simple future. Untuk menentukan tense apa yang dipakai, lihat data da nperintahnya. Data yang diberikan itu mereferensikan kepada masa lalu atau mencoba memberikan proyeksi masa depan?

Contoh:

"Overall, butter and margarine showed a decrease of consumption during this period while low fat and reduced spreads had an increase since its introduction in 1996".

Untuk mendapatkan overview seperti di atas, kita hanya perlu mereferensikan kepada data di tahun pertama dan terakhir untuk semua variablenya. Dan dari situ kalian lihat mana yang mengalami kenaikan dan mana yang mengalami penurunan. Jika semua naik, kalian bisa tulis "Overall, all spreads increased ..." dan sebaliknya jika semua mengalami penurunan.

Paragraf kedua (Details paragraph)

Di paragraf ini, kalian perlu menjelaskan datanya secara detail. Ingat perintah ini yang bisa ditemukan di soal task 1 "summarise the information by selecting and reporting the main features, and make comparisons where relevant". Dengan mereferensikan kepada perintah tersebut, yang perlu kalian lakukan adalah untuk menjelaskan datanya dengan memilih data data yang penting untuk ditekankan dan dibandingkan. Kalian tidak perlu membandingkan semua data yang ada. Salah satu hal yang dilihat dari tulisan kalian adalah bagaimana kalian bisa menyoroti hal-hal yang penting atau menarik saja. Karena ini penjelasan yang detail, kalian harus menyertakan angka-angka pada axis x dan y.

Selain itu, untuk mempermudah penjelasan kalian, disarankan untuk mengelompokkan penjelasan kalian menjadi beberapa bagian. Pengelompokkan ini bisa didasarkan pada kesamaan atau perbedaan pola yang terlihat di data. Untuk task 1, pola itu dibagi menjadi tiga; naik, turun dan stagnan. Mari kita bedah paragraf dua pada contoh di atas.

Contoh:

Groupings:

Dalam mengelompokkan data bisa kalian dasarkan pada pola yang sama atau beda. Kalau kita lihat line graph di atas, bisa kita kelompokkan menjadi beberapa bagian seprti ini:

Kelompok 1: Dari tahun 1981-1986;

Kelompok 2: Dari tahun 1986-1991;

Kelompok 3: Dari tahun 1991-1996;

Kelompok 4: Dari tahun 1996-2007

Namun, apakah pengelompokkan harus seperti di atas? Kalau kalian rasa pengelompokkan tersebut terlalu banyak atau sedikit, bisa kalian sesuaikan. Tidak ada satu cara pengelompokkan yang paling benar. Pengelompokkan itu tergantung bagaimana penulis ingin menjelaskan datanya dan bagaimana penulis ingin menyampaikan data-data penting yang ingin dijabarkan atau dibandingkan. Selain itu, dengan pengelompokkan seperti ini akan memudahkan kita untuk membandingkan data dengan lebih terstruktur.

Between 1981 and 1986, margarine and butter showed contrasting trends with a slight increase from around 140 grams to 160 for butter while a mild decrease from 90 grams to 80 for margarine. In the next 5 years, butter had a significant fall reaching about 100 grams in 1991 while margarine rose considerably to the same number. In the following 5 years, butter continued its decreasing trend with only 70 grams of consumption in 1996. On the other hand, margarine maintained its number during the five-year period. In the last 11 years, both butter and margarine continued its declining trend reaching a low of 50 grams and 40 grams respectively. During the same period, low fat and reduced spreads was introduced and gained popularity from its introduction having an enormous rise from only 20 grams in 1996 to approximately 70 grams in 2007. It reached its highest point in 2001 with just over 80 grams.

Agar bisa membedakan pengelompokkan datanya, contoh di atas di-highlight dengan warna yang berbeda.

VOCABULARY

Important language: Words and phrases to show time

Jika kalian perhatikan, setiap kelompok diawali dengan keterangan waktu tapi keterangan waktunya tidak ada yang sama. Kenapa? Karena jika kalian mengulangi keterangan yang waktu yang sama terus-menerus itu akan mengurangi nilai kalian. Yang perlu kalian lakukan adalah memberikan variasi dalam penulisan kalian. Inilah beberapa contoh yang bisa kalian gunakan;

  • Between ... (year/ month) ... and ... (year/ month) ...
  • From ... (year/ month/ day/date) ...to ... (year/month/day /date) ...
  • In... (year/ month) ...
  • On ... (day/ day of the week/ a date) ...
  • At ......, In ......, By ......
  • During ... (year)...
  • Over the period/ over the century/ later half of the year/ the year...
  • Over the next/past/previous days/weeks/months/years/ decades ...

KEY LANGUAGE: Dikarenakan line graph tersebut memberikan data di masa lalu, maka tense yang digunakan dalam menjelaskan datanya adalah SIMPLE PAST.

Important language: Words to show trend

Dalam menjelaskan data trend (pola), tidak hanya cukup dengan menjelaskan "A increased" atau "B decreased". Kalian perlu menyertakan tingkat kenaikan atau penurunan yang terjadi agar lebih mudah untuk dibandingkan. Inilah bebarapa variasi kata yang bisa kalian gunakan untuk menjelaskan pola data beserta adverbs dan adjective-nya yang bisa kalian gunakan untuk menujukkan tingkat kenaikan dan penurunannya.

Kata untuk menunjukkan pola

Naik: increase, rise, grow, climb, go up, improve, incline

Turun: decrease, fall, go down, decline, reduce

Stagnan: leveled out, plateaued / plateau, remained constant, remained stable, remained the same. was unchanged

Important language: Adverbs and adjectives describing degree of change

Perubahan yang besar:

considerably - considerable, dramatically - dramatic, enormous -- enormously, hurriedly - hurried, noticeably - noticeable, overwhelmingly - overwhelming, quickly - quick, rapidly - rapid, sharply - sharp, significantly - significant, speedily - speedy, substantially - substantial, swiftly - swift

Perubahan sedang:

moderately - moderate, gradually - gradual, progressively - progressive, sequentially -- sequential

Perubahan sedikit:

fractionally -- fractional, mildly -- mild, slightly -- slight, slowly -- slow, tediously -- tedious

Contoh:

  • Between 1981 and 1986, margarine and butter showed contrasting trends with a slight increase from around 140 grams to 160 for butter while a mild decrease from 90 grams to 80 for margarine.
  • In the next 5 years, butter had a significant fall reaching about 100 grams in 1991 while margarine rose considerably to the same number.
  • On the other hand, margarine maintained its number during the five-year period.
  • During the same period, low fat and reduced spreads was introduced and gained popularity from its introduction having an enormous rise from only 20 grams in 1996 to approximately 70 grams in 2007.

Important language: Language of approximation

Selain dari bahasa yang dijelaskan di atas, ada juga bahasa yang berguna dalam memberikan data, yaitu bahasa perkiraan. Terkadang data yang kalian lihat di graph itu tidak tepat pada angka 50 atau 100. Jadi yang pada umumnya dilakukan adalah mencoba untuk mengira angka pada graph-nya, misal ditulis 52 atau 98 dan seterusnya. Selain cara tersebut, yang bisa dilakukan adalah memberikan bahasa perkiraan.

Contoh:

  • Between 1981 and 1986, margarine and butter showed contrasting trends with a slight increase from around 140 grams to 160 for butter while a mild decrease from 90 grams to 80 for margarine.
  • In the next 5 years, butter had a significant fall reaching about 100 grams in 1991 while margarine rose considerably to the same number.
  • During the same period, low fat and reduced spreads was introduced and gained popularity from its introduction having an enormous rise from only 20 grams in 1996 to approximately 70 grams in 2007.
  • It reached its highest point in 2001 with just over 80 grams.

Berikut adalah contoh bahasa perkiraan lainnya yang bisa kalian gunakan;

about, almost, approximately, around, just about, just below, just over, just under, a little more than, a little less than, more or less, nearly, practically the same, roughly, roughly the same, well above, well below

Important language: Language to describe low and high points on a graph

Bahasa ini sangat berguna untuk menyoroti data karena pengunaan kata tersebut ditujukkan untuk menunjukkan angka tertinggi dan terendah.

Contoh:

  • In the last 11 years, both butter and margarine continued its declining trend reaching a low of 50 grams and 40 grams respectively.
  • It reached its highest point in 2001 with just over 80 grams

Kata-kata lainnya yang bisa kalian gunakan untuk menunjukkan hal yang sama adalah sebagai berikut;

Titik tertinggi: culminated at, culmination of, hit the peak, peak -- the peak, reached the peak, reached the apex, reached the vertex, touched the highest point

Titik terendah: hit rock bottom, the bottommost point, the lowest point, touch the lowest point/reached, the nadir

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun