Mohon tunggu...
Suyito Basuki
Suyito Basuki Mohon Tunggu... Editor - Menulis untuk pengembangan diri dan advokasi

Pemulung berita yang suka mendaur ulang sehingga lebih bermakna

Selanjutnya

Tutup

Cerpen Pilihan

Skorsing

13 Februari 2022   05:55 Diperbarui: 13 Februari 2022   07:04 190
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Skorsing

Oleh: Suyito Basuki

Bu Guru SD itu kena skorsing.  Saya baru tahu berita tersebut dari wakasek sekolah.  Secara tidak sengaja, Bu Muli, wakasek bagian kurikulum tersebut memberitahu ketika saya menyerahkan berkas-berkas persiapan mengajar awal semester. 

Saya yang mengajar di SMA, sebenarnya tidak begitu perduli dengan berita itu.  Saya berpikir bahwa jika seorang guru melakukan kesalahan, suatu hal yang wajar jika yayasan sebagai pihak pemilik sekolah menjatuhkan skorsing atau sangsi.

Namun kabarnya bu guru SD, yang kemudian saya ketahui bernama Sri Padmiyati, guru kelas 5 itu, mendapat skorsing yang tidak semestinya.  Sejak dikenakan sanksi, bu guru yang sering saya lihat bersemangat mengajar di kelas itu, tidak diijinkan mengajar.  Ia tetap harus masuk sekolah, hanya saja dari jam 7.00 sampai sekolah selesai, dia diharuskan duduk di ruang perpustakaan sekolah.  Sampai kapan ia terima sanksi itu?  Katanya tidak terbatas, sampai nanti yayasan menganggapnya cukup.

Sebenarnya saya tidak begitu kenal dengan bu Sri Padmiyati.  Yang saya tahu, orangnya supel, enak diajak bicara, dan manis wajahnya.  Tetapi bagi yang sudah mengenalnya lebih dekat,  bu guru yang telah berkeluarga dan memiliki putra kecil dua orang itu, terkenal cerewet, suka ngatur suami, dan materialistis.  Maksudnya, segala sesuatu yang ia kerjakan selalu ia kaitkan dengan berapa jumlah nilai uang yang akan ia terima.

Tetapi yang jelas, bu Sri ini adalah guru yang berotak pintar.  Terbukti tahun lalu, ketika Yayasan memilih guru-guru favorit di masing-masing sekolah, untuk tingkat SD terpilih bu Sri ini.  Kontan saja, bu Sri banyak menerima siswa les di rumahnya.  Di lingkungan sekolah saya, bahkan di kota saya, kegiatan les banyak dibutuhkan para murid.  Mungkin mereka merasa kurang jelas pada pelajaran di sekolah, sore harinya akan datang ke guru masing-masing untuk les. Para orang tua, yang kebanyakan berusaha di bidang pekerjaan meubel, merasa waktu dan kemampuannya kurang, sehingga mereka justru mendorong anak-anak mereka untuk mengikuti les.  Perihal uang, bukan masalah.

Setiap hari, ada saja para siswa, yang kebanyakan dari keturunan Tionghoa datang untuk menambah pelajaran kepadanya.  Semua mata pelajaran ia ajarkan, kecuali bahasa Inggris dan bahasa Jawa.  Memang sudah ada guru bahasa Inggris yang mengajar conversation baik untuk anak TK, SD, SMP, dan SMA di lingkungan kami.  Pernah suatu ketika ia datang menemui saya, menanyai kalau-kalau saya mau memberi les bahasa Jawa kepada murid-muridnya.  Saya menolak, karena merasa lucu dan bingung apa bisa mengajar bahasa Jawa kepada anak-anak yang kesehariannya berbicara dengan bahasa Indonesia dan kadang mandarin itu.

Gaji bulanan bu Sri Padmiyati yang sudah mengajar 10 tahun itu satu juta lima ratus ribu rupiah.  Dari kegiatan memberi les, sebulan ia dapat meraup uang sekitar dua juta rupiah.  Sehingga total sebulan ia bisa menerima uang dari sekolah dan juga para murid sekitar tiga setengah juta rupiah.

Uang tiga juta lima ratus rupiah itu walaupun lumayan,  tetapi bagi bu Sri sangat pas-pasan.  Setengah tahun yang lalu ia mengambil kredit di bank pasar dekat sekolah kami lima belas juta rupiah.  Sehingga ia harus mengangsur setiap bulannya satu juta lima ratus sekian ribu rupiah.  Belum lagi ia harus membayar angsuran kredit sepeda motor lima ratus ribu setiap bulannya.  Katanya, belum lama ia juga mengambil kredit kulkas dan hand phone dan laptop yang juga harus mengangsur setiap bulannya selama setahun sampai dua tahun.

Dengan demikian, gaji bu Sri hanya tinggal berapa itu setiap bulannya.  Padahal kami para guru sering mendapat undangan menghadiri pernikahan, mungkin anak pengurus yayasan, alumni-alumni sekolah kami, belum tetangga-tetangga di desa kami masing-masing.  Bisanya ketika menghadiri pernikahan, laki-laki akan memberi amplop sumbangan kepada laki-laki yang punya kerja.  Sedang perempuan akan memberi amplop sumbangan kepada perempuan nyonya rumah.  Kalau kebetulan kenal baik dengan pengantinnya, maka juga biasanya memberi uang amplop atau barang kepada pengantinnya juga.

Bu Sri terkenal rajin menghadiri undangan pernikahan, istilahnya uleman di kota kami.  Biasanya ia datang dengan suaminya.  Untunglah suaminya seorang wiraswastawan, sehingga waktunya longgar, sewaktu-waktu diminta sang istri untuk mengantar, ia siap sedia.  Suaminya saya dengar memiliki usaha meubel kecil-kecilan.  Mengambil barang meubel di tempat pengrajin barang-barang mentah kemudian ia finishing.  Selanjutnya barang rumahan tersebut ia kirimkan ke perusahaan atau perorangan, sesuai permintaan.  Namun harus diakui, bisnis meubel sedang sepi di kota kami, sehingga keuntungan sulit didapatkan.

Perihal mengapa bu Sri sampai kena skorsing, akhirnya saya dapatkan jawabannya.  Menurut kepala sekolahnya yang kebetulan sering pulang bersama naik angkudes dengan saya, bu Sri telah menggunakan uang tabungan anak-anak dan pada akhir tahun kemarin tidak bisa mengembalikan.  Berapa jumlahnya?  Enam puluh juta katanya.  Berapa jumlah muridnya?  Tiga puluh orang.  Setiap murid katanya, rata-rata tabungannya 2 juta setahun. Wow, berarti rata-rata murid menabung seratus lima puluh ribu hingga dua ratus ribu rupiah setiap bulannya.  Bagaimana itu bisa terjadi?  Kepala sekolah itu mengatakan bahwa rupanya uang tabungan itu tidak langsung disimpan di bank, tetapi disimpan oleh bu Sri, digunakan sedikit demi sedikit, akhirnya habis!

Sengaja suatu ketika saya datang ke perpustakaan sekolah SD.  Alasan saya adalah ingin melihat buku cerita anak-anak.  Sudah lama memang saya ingin menulis cerpen atau kalau mungkin buku cerita anak.  Saya ingin mencari model buku yang bisa dicontoh.  Ketika saya masuk ruang perpustakaan, saya lihat bu Sri ada di sudut ruangan, membuka-buka buku, kemudian mengambil koran atau majalah, membacanya kemudian menulis-nulis di buku.   Saat ia melihat saya, ia agak kaget, tersenyum sedikit, kemudian kembali dengan keasyikannya sendiri.

Sudah 6 bulan ini bu Sri menjalani skorsing seperti itu.  Tidak diijinkan mengajar, yang otomatis tidak lagi menerima murid les di rumahnya.  Gaji bulanan tetap diberikan, tetapi kegiatannya hanya pagi datang ke perpustakaan, duduk di sudut ruangan melakukan aktivitas sendiri yang mungkin lama-lama membosankan.  Saya tidak bisa bayangkan, bagaimana perasaannya saat murid-muridnya masuk ke perpustakaan saat istirahat, kemudian melihatnya duduk-duduk terus di ruangan perpustakaan.  Dan apa pula yang murid-murid percakapkan tentang dia?

Hari ini saya mengembalikan beberapa buah buku cerita anak yang sudah seminggu saya pinjam.  Saya amati sudut-sudut ruangan, bu Sri tidak nampak duduk di sana.  Petugas perpustakaan menjelaskan bahwa sudah hampir seminggu ini, bu Sri tidak lagi muncul di perpustakaan?  Sudah selesaikah skorsingnya?  Petugas menggeleng.  Katanya bu Sri melalui pengacaranya, sedang mengusahakan gugatan kepada yayasan yang dinilainya telah melecehkan harga dirinya dan tidak menghargai profesinya sebagai guru.  Ketidakpastian waktu skorsing serta jenis skorsing yang ia terima, ia nilai tidak manusiawi.  Tiba-tiba saya berpikir keras, bisakah ini menjadi ide cerita anak yang mungkin akan saya buat?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun