Mohon tunggu...
Suryan Nuloh Al Raniri
Suryan Nuloh Al Raniri Mohon Tunggu... Guru - Pendidik, Penulis dan Pembicara
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Membuat senang orang lain

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Skenario Coaching dengan Alur Tirta

17 Maret 2023   23:07 Diperbarui: 17 Maret 2023   23:16 21306
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Kali ini saya mempraktikan Coaching sebagai kunci pembuka potensi coachee. Hal yang harus dipersiapkan saat akan berlatih Coaching adalah menulis skenario percakapan dengan alur TIRTA. Singkatan dari apa TIRTA? yaitu Tujuan, Identifikasi, Rencana Aksi dan Tanggung Jawab. Berikut skenario coaching yang sudah dipraktikan dalam durasi waktu 15 menit saja:

NO

WAKTU/ALUR TIRTA

PERAN

PERCAKAPAN

1

0 -- 4 menit

Coachee

Assalamualaikum wr wb, terimakasih Pak, sudah meluangkan waktunya malam ini, ada yang ingin saya bicarakan

2

coach

Oke, silahkan, obrolannya sebentar aja yaa, sekitar 10-15 menit. Apa nih yang bapak ingin bicarakan malam ini?

3

coachee

Begini nihh pak , kondisi sekarang niih, kondisi yang semuanya menjadi tidak menentu karena jalan lingkarnya belum beres. Hal ini dampak dari pembangunan bendungan sadawarna. Karena jalan lingkar yang belum beres, apabila hujan menjadi berbahaya bagi anak-anak untuk berangkat ke sekolah. Hal ini menjadi alasan murid saya untuk tidak berangkat sekolah dan akhirnya saat dirumahpun tidak belajar. Seperti itu,  siih yang ingin diobrolin malam ini

4

Coach

Ooh, gitu yaaa. Jadi murid-murid bapak enggan belajar di sekolah karena terkendala jalan. Selain itu ada lagi pa?

5

Coachee

Saat ini sekolah kami mencoba dengan cara pembelajaran daring, tapi itu kurang efektif, pak. Ada murid yang terkendala HP, sinyal dan kuota. Hal ini menyebabkan motivasi belajar siswa jadi menurun.

6

TUJUAN

Coach

Ooooh, begitu. Yaaa. Kita cuman punya waktu pendek niih, pak. Dalam obrolan kali ini, apa yang ingin bapak dapatkan?

7

4 -- 6 menit

Coachee

Eeehh, karena saya ingin sekali, murid-murid saya yang terkena dampak bendungan Sadawarna memiliki motivasi belajar yang tinggi, meskipun terkendala jalan lingkar yang belum usai. Mereka tetap belajar meskipun tidak dating ke sekolah.

8

Coach

Oke, supaya murid bapak tetap belajar meskipun belajarnya di rumah. Gitu yaa.

9

 

Coachee

Iyaa, iyaaa, supaya motivasi belajarnya tinggi, supaya dapat mengerjakan dan mengumpulkan tugas yang diberikan guru. Jangan sampai tingkat kehadiran dan pemahaman akan materi pelajaran menjadi tertinggal dari murid lainnya saat pembelajaran secara daring.

10

IDENTIFIKASI

Coach

Oke, naah, kalau dari pengamatan Bapak, murid yang dikatakan memiliki motivasi belajar itu, seperti apa siih?

11

6 -- 10 menit 

Coachee

Mmmm, murid yang dikatakan memiliki motivasi untuk belajar secara daring itu, apabila mereka aktif merespon di grup Whatsapp, baik bertanya maupun mengerjakan tugas yang diberikan.

12

Coach

Oke, jadi aktif, sering bertanya dan mengerjakan tugas. Terus selain itu apa lagi?

13

 

Coachee

Emmm, apa lagi yaa? Mungkin memiliki catatan materi dibukunya.

14

Coach

Oke, naah jadi ada empat ciri yaa, aktif, bertanya, mengerjakan tugas dan mencatat materi. yang ideal sepertinya, gitu yaa?

Naah, kalau yang ideal itu ada di angka 10,  sekarang murid Pak Suryan yang belajar daring kalau dari angka 1 -- 10, berada di angka berapa dalam pencapaian tujuan motivasi belajar tadi?

15

coachee

Beragam siiih, kalau dirata-ratakan ada di angka 5, bingung juga siih,

16

Coach

Posisinya ada di angka  5, yaaa. Menurut Bapak, apa kendalanya sehingga ada di angka 5?

17

Coachee

karena factor keluarga dan lingkungan juga berpengaruh, ada juga murid yang tidak punya HP, terkendala sinyal yang jelek dan tidak punya kuota.

18

Coach

Banyak juga tantangannya nya,

Oke, naah, Bapak sendiri kalau di angka 10 sepertinya agak susah yaa, Kalau Bapak Suryan ingin lihat murid-muridnya berada di level berapa? Untuk motivasi belajar tadi

19

Coachee

Dengan kondisi seperti ini, di angka 7 sudah baik

20

Coach

Apa yang bisa Bapak lakukan untuk mencapai angka 7 itu?

21

Coachee

Sebenarnya itu yang saya pikirkan,

22

RENCANA AKSI

Coach

Kalau dari pengamatan Bapak, rencananya murid-murid bapak ingin diperlakukan seperti apa saat belajar daring nanti ? Supaya termotivasi untuk belajar secara aktif, mencatat, dan mengerjakan tugas

23

10 -- 13 menit

Coachee

Sebenarnya, mungkin ada guru yang mendampingi saat mereka belajar daring, bentuknya bisa berkelompok di salah satu tempat.

24

Coach

Perlu guru pendamping dan tempat yaa?

25

Coachee

Iyaaa, Guru Pendamping yang tugasnya menemani belajar murid yang tidak bisa datang ke Sekolah, kemudian dikumpulkan di salah satu tempat. Bisa di Balai desa atau Sekolah dasar terdekat atau majlis taklim.

26

 

Coach

Kemungkinan yang dapat dilakukan dalam waktu dekat ini yang mana?

27

Coachee

Mengumpulkan guru-guru, untuk berkoordinasi dan membahas guru pendamping belajar, murid yang belajar jarak jauh?

28

Coach

Apa lagi selain itu?

29

Coachee

Mengelompokkan murid yang terdampak bendungan sesuai zonasi dan menghubungi kepala desa setempat.

30

TANGGUNG JAWAB

Coach

Kapan hal tersebut bisa dilakukan?

31

13-15 menit

Coachee

Yaaa, minggu-minggu ini kali yaa, harus secepatnya

32

Coach

Siapa yang dapat membantu bapak?

33

Coachee

Para Wali kelas

34

Coach

Baiklah, kita ada dipenghujung coaching.

Apa yang bapak dapatkan dari obrolan ini?

35

Coachee

Yaa, yang saya dapatkan dari obrolan ini adalah pencerahan dari bapak, yang awalnya saya kebingungan harus berbuat apa, supaya murid-murid yang terkena dampak bendungan, masih memilki semangat belajar meskipun belajarnya jarak jauh, dengan cara berkelompok dan menugaskan guru pendamping

36

Coach

Oke, kalau begitu. Kita ketemu lagi minggu depan, saya ingin mendengar cerita bapak, setelah berkoordinasi dengan rekan sejawat bapak.

37

Coachee

Terimakasih yaa pakk.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
  12. 12
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun