Kali ini saya mempraktikan Coaching sebagai kunci pembuka potensi coachee. Hal yang harus dipersiapkan saat akan berlatih Coaching adalah menulis skenario percakapan dengan alur TIRTA. Singkatan dari apa TIRTA? yaitu Tujuan, Identifikasi, Rencana Aksi dan Tanggung Jawab. Berikut skenario coaching yang sudah dipraktikan dalam durasi waktu 15 menit saja:
NO
WAKTU/ALUR TIRTA
PERAN
PERCAKAPAN
1
0 -- 4 menit
Assalamualaikum wr wb, terimakasih Pak, sudah meluangkan waktunya malam ini, ada yang ingin saya bicarakan
2
coach
Oke, silahkan, obrolannya sebentar aja yaa, sekitar 10-15 menit. Apa nih yang bapak ingin bicarakan malam ini?
3
coachee
Begini nihh pak , kondisi sekarang niih, kondisi yang semuanya menjadi tidak menentu karena jalan lingkarnya belum beres. Hal ini dampak dari pembangunan bendungan sadawarna. Karena jalan lingkar yang belum beres, apabila hujan menjadi berbahaya bagi anak-anak untuk berangkat ke sekolah. Hal ini menjadi alasan murid saya untuk tidak berangkat sekolah dan akhirnya saat dirumahpun tidak belajar. Seperti itu, Â siih yang ingin diobrolin malam ini
4
Coach
Ooh, gitu yaaa. Jadi murid-murid bapak enggan belajar di sekolah karena terkendala jalan. Selain itu ada lagi pa?
5
Coachee
Saat ini sekolah kami mencoba dengan cara pembelajaran daring, tapi itu kurang efektif, pak. Ada murid yang terkendala HP, sinyal dan kuota. Hal ini menyebabkan motivasi belajar siswa jadi menurun.
6
TUJUAN
Coach
Ooooh, begitu. Yaaa. Kita cuman punya waktu pendek niih, pak. Dalam obrolan kali ini, apa yang ingin bapak dapatkan?
7
4 -- 6 menit
Coachee
Eeehh, karena saya ingin sekali, murid-murid saya yang terkena dampak bendungan Sadawarna memiliki motivasi belajar yang tinggi, meskipun terkendala jalan lingkar yang belum usai. Mereka tetap belajar meskipun tidak dating ke sekolah.
8
Coach
Oke, supaya murid bapak tetap belajar meskipun belajarnya di rumah. Gitu yaa.
9
Â
Coachee
Iyaa, iyaaa, supaya motivasi belajarnya tinggi, supaya dapat mengerjakan dan mengumpulkan tugas yang diberikan guru. Jangan sampai tingkat kehadiran dan pemahaman akan materi pelajaran menjadi tertinggal dari murid lainnya saat pembelajaran secara daring.
10
IDENTIFIKASI
Coach
Oke, naah, kalau dari pengamatan Bapak, murid yang dikatakan memiliki motivasi belajar itu, seperti apa siih?
11
6 -- 10 menitÂ
Coachee
Mmmm, murid yang dikatakan memiliki motivasi untuk belajar secara daring itu, apabila mereka aktif merespon di grup Whatsapp, baik bertanya maupun mengerjakan tugas yang diberikan.
12
Coach
Oke, jadi aktif, sering bertanya dan mengerjakan tugas. Terus selain itu apa lagi?
13
Â
Coachee
Emmm, apa lagi yaa? Mungkin memiliki catatan materi dibukunya.
14
Coach
Oke, naah jadi ada empat ciri yaa, aktif, bertanya, mengerjakan tugas dan mencatat materi. yang ideal sepertinya, gitu yaa?
Naah, kalau yang ideal itu ada di angka 10, Â sekarang murid Pak Suryan yang belajar daring kalau dari angka 1 -- 10, berada di angka berapa dalam pencapaian tujuan motivasi belajar tadi?
15
coachee
Beragam siiih, kalau dirata-ratakan ada di angka 5, bingung juga siih,
16
Coach
Posisinya ada di angka  5, yaaa. Menurut Bapak, apa kendalanya sehingga ada di angka 5?
17
Coachee
karena factor keluarga dan lingkungan juga berpengaruh, ada juga murid yang tidak punya HP, terkendala sinyal yang jelek dan tidak punya kuota.
18
Coach
Banyak juga tantangannya nya,
Oke, naah, Bapak sendiri kalau di angka 10 sepertinya agak susah yaa, Kalau Bapak Suryan ingin lihat murid-muridnya berada di level berapa? Untuk motivasi belajar tadi
19
Coachee
Dengan kondisi seperti ini, di angka 7 sudah baik
20
Coach
Apa yang bisa Bapak lakukan untuk mencapai angka 7 itu?
21
Coachee
Sebenarnya itu yang saya pikirkan,
22
RENCANA AKSI
Coach
Kalau dari pengamatan Bapak, rencananya murid-murid bapak ingin diperlakukan seperti apa saat belajar daring nanti ? Supaya termotivasi untuk belajar secara aktif, mencatat, dan mengerjakan tugas
23
10 -- 13 menit
Coachee
Sebenarnya, mungkin ada guru yang mendampingi saat mereka belajar daring, bentuknya bisa berkelompok di salah satu tempat.
24
Coach
Perlu guru pendamping dan tempat yaa?
25
Coachee
Iyaaa, Guru Pendamping yang tugasnya menemani belajar murid yang tidak bisa datang ke Sekolah, kemudian dikumpulkan di salah satu tempat. Bisa di Balai desa atau Sekolah dasar terdekat atau majlis taklim.
26
Â
Coach
Kemungkinan yang dapat dilakukan dalam waktu dekat ini yang mana?
27
Coachee
Mengumpulkan guru-guru, untuk berkoordinasi dan membahas guru pendamping belajar, murid yang belajar jarak jauh?
28
Coach
Apa lagi selain itu?
29
Coachee
Mengelompokkan murid yang terdampak bendungan sesuai zonasi dan menghubungi kepala desa setempat.
30
TANGGUNG JAWAB
Coach
Kapan hal tersebut bisa dilakukan?
31
13-15 menit
Coachee
Yaaa, minggu-minggu ini kali yaa, harus secepatnya
32
Coach
Siapa yang dapat membantu bapak?
33
Coachee
Para Wali kelas
34
Coach
Baiklah, kita ada dipenghujung coaching.
Apa yang bapak dapatkan dari obrolan ini?
35
Coachee
Yaa, yang saya dapatkan dari obrolan ini adalah pencerahan dari bapak, yang awalnya saya kebingungan harus berbuat apa, supaya murid-murid yang terkena dampak bendungan, masih memilki semangat belajar meskipun belajarnya jarak jauh, dengan cara berkelompok dan menugaskan guru pendamping
36
Coach
Oke, kalau begitu. Kita ketemu lagi minggu depan, saya ingin mendengar cerita bapak, setelah berkoordinasi dengan rekan sejawat bapak.
37
Coachee
Terimakasih yaa pakk.