Mohon tunggu...
Suroso Roso
Suroso Roso Mohon Tunggu... Guru - Nama Lengkap saya Suroso, S.Pd., M.Pd. Profesi keseharian saya adalah sebagai guru di SMP Negeri 1 Jatinegara Kab. Tegal, Provinsi Jawa Tengah.

Dunia pendidikan adalah menjadi pilihan hidupku. Dalam aktivitas saya sebagai guru saya berinteraksi dengan murid-murid saya. Hobi saya dalam bidang olahraga adalah tenis meja. Kesibukan saya sehari-hari selain mengajar adalah bertani.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Koneksi Antarmateri Modul 2.1 Pembelajaran Berdiferensiasi

21 Juni 2024   22:14 Diperbarui: 21 Juni 2024   22:39 278
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Koneksi antar materi modul 2.1 Pembelajaran Berdiferensiasi

Pertanyaan Pemantik

1. Apakah saya mengubah pemikiran saya sebagai akibat dari apa yang telah saya pelajari? 

Sebagai seorang guru tugas yang paling utama adalah mengajar. Sebelum saya mengikuti program ini dan mempelajari modul 2.1 tentang pembelajaran berdiferensiasi dalam saya mengajar saya mengabaikan keragaman siswa. Maksud dari mengabaikan keragaman siswa adalah saya kurang begitu memperhatikan mengenai kebutuhan belajar murid-murid saya. Saya mengajar dengan menyamaratakan dan memberikan bimbingan yang sama kepada semua murid saya. Setelah mengikuti program pendidikan guru penggerak dan mempelajari modul 2.1 tentang pembelajaran berdiferensiasi saya merasa bahwa dalam saya mengajar saya belum tepat artinya masih banyak kekurangan dalam kegiatan pembelajaran yang saya lakukan, khusunya dalam memnuhi kebutuhan belajar murid saya yang beragam.

2. Bagaimana perubahan pemikiran tersebut berkontribusi terhadap pemahaman saya tentang implementasi pembelajaran berdiferensiasi?

Setiap murid memiliki karakteritik yang unik, artinya setiap anak memiliki potensi, minat, profil, dan kemampuan yang berbeda-beda. Dengan adanya pemikiran bahwa siswa di kelas kita beragam, maka sebagai guru kita harus berusaha untuk memfasilitasi agar kebutuhan anak-anak tersebut dapat terpenuhi kaitannya dengan kegiatan pembelajaran. Dengan demikian dalam kegiatan pembelajaran sebagai guru kita harus mengimplementasikan prinsip pembelajaran berdiferensiasi.

3. Bagaimana saya tetap dapat bersikap positif walaupun banyak tantangan dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi ini?

Mengaplikasikan pengetahuan baru yang diperoleh memang tantangan yang sangat berat. Termasuk ketika saya sebagai guru yang akan mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi di kelas, tentunya juga banyak tantangannya. Tantangan tersebut misalnya diperlukan pembuatan modul ajar yang dapat mengakomodasi kegiatan pembelajaran berdiferensiasi. Namun sebagai guru kita harus menghadapi semua tantangan tersebut agar dapat melayani dan memberikan pelayanan yang terbaik bagi siswa kita. 

Refleksi secara individu terhadap perjalanan pembelajaran Anda hingga saat ini dengan merespon beberapa pertanyaan dan tugas berikut ini.

1. Buatlah kesimpulan tentang apa yang dimaksud dengan pembelajaran berdiferensiasi dan bagaimana hal ini dapat dilakukan di kelas.
Pembelajaran berdiferensiasi adalah kegiatan pembelajaran yang berusaha untuk memenuhi kebutuhan belajar murid. Kegiatan pembelajaran ini diawali dengan adanya analisis terhadap kebutuhan belajar murid yang meliputi kesiapan belajar, minat, dan profil belajar. Pembelajaran berdiferensiasi memiliki karakteristik sebagai berikut:

- Tujuan pembelajaran harus didefinisikan secara jelas

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun