Mohon tunggu...
Supiono Riyanto
Supiono Riyanto Mohon Tunggu... Guru - berusaha untuk menjadi baik, sekalipun bukan yang terbaik

Belajar dari diri demi menggapai tujuan hidup yang lebih baik.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Program yang Berdampak pada Murid

3 November 2022   19:14 Diperbarui: 3 November 2022   19:22 149
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Pengelolaan Program Yang
berdampak Pada Murid
.


Oleh : Supiono Riyanto


Bentuk bentuk program yang berdampak pada murid


1. Program yang berorientasi terhadap penumbuhan kepemimpinan murid
2. Program sekolah Adiwiyata
3. Program sekolah alam


Program yang berorientasi terhadap penumbuhan kepemimpinan murid Program ini agar terciptanya kelas yang menyenangkan dalam proses pembelajaran bagi seluruh murid. Segala pemikiran baik gagasan maupun dapat tertuang secara gamblang dengan ekspresi yang penuh dengan kecerian. 

Melatih kepemimpinan dalam bekerja sama dan berkolaborasi untuk menciptakan kelas yang aman dan nyaman dan menyenangkan sehingga dapat meningkatkan kompetensi komunikasi bagi murid. 

Selain itu melatih murid dalam melakukan pengendalian diri melalui beberapa kegiatan positif seperti berdoa bersama, pembiasaan budaya simpati dan empati antara sesama, melatih kecerdasan, kejujuran, dan tanggung jawab, tertanamnya nilai - nilai kemanusiaan pada diri murid serta menumbuh kembangkan jiwa kepemimpinan pada mereka.

Program sekolah adiwiyata

Program ini untuk dapat menumbuhkan kesadaran murid dalam menjaga lingkungan sekolah. Kenyamanan belajar bagi murid tumbuh ketika terciptanya lingkungan sekolah yang nyaman, bersih, dan asri, maka diperlukan penataan lingkungan sekolah melalui kreativitas murid dengan kebebasan murid untuk menata lingkungan sekolah yang asri, dan bersih sehingga lingkungan sekolah terasa nyaman bagi seluruh warga sekolah. 

Selain lingkungan sekolah, kelas pun harus tertata dengan baik, kebersihan dikelas selalu dijaga demi menghadirkan rasa nyaman bagi murid dalam mengikuti proses pembelajaran dikelas, dengan kelas yang nyaman karena kebersihan kelasnya akan meningkatkan semangat maupun keinginan belajar dari murid dan mengajar dari guru.

Program Belajar bersama alam

Program ini guna menciptakan kenyamanan murid dalam belajar.karena selain belajar dikelas sumber dan tempat belajar bisa dilingkungan sekolah maupun di alam terbuka yang memberikan suasana belajar bagi murid yang asik dan nyaman guna menggali pengetahuan dan keterampilan murid. 

Kegiatan pembelajaran ini adalah pembelajaran denganmempraktikkan langsung materi pembelajaran yang akan mempermudah murid memahami konsep materi yang akan di ajarkan oleh guru. Memacu murid untuk meningkatkan prestasinya bukan hanya di bidang akademik, dibidang non akademik pun dapat ditingkatkan.

Refleksikan program - program yang telah dilaksanakan disekolah anda. Apakah program- program tersebut sudah berdampak pada murid? Pilih satu program dan jawab pertanyaan berikut :

Apa nama dan tujuan Program

Program yang sudah dilakukan adalah belajar bersama alam yaitu proses pembelajaran yang dilaksanakan diluar kelas dengan praktik langsung dilapangan baik dilingkungan sekitar sekolah maupun dilingkungan diluarsekolah yang memilki sumber dan tempat yang sudah dipastikan yang sesuai dengan materi yang mau diajarkan. 

Tujuan kegiatan adalah mengajak murid untuk dapat belajar konsep sekaligus meninjau langsung lsumber dan tempat pembelajaran untuk dapat menghubungkan konsep dengan fakta guna meningkatkan
pengetahuan dan keterampilan murid dengan kompetensi yang dimilkinya.

Aktivitas pada program

Guru

Mendampingi murid untuk meninjau perusahan pengelolaan kelapa, mulai dari isi kelapa, tempurung kelapa, dan kulit kelapa sebagai
sumber dan tempat dengan materi pembelajaran pelaku ekonomi untuk dapat melihat dan menggali informasi dari pihak - pihak yang
yang ada diperusahan yang sebagai pelaku ekonomi dan guru yang melakukan memonitoring sekaligus mengevaluasi kegiatan proses
pembelajaran.

Murid

Setiap kelompok dapat melihat proses pengelolaan kelapa sekaligus meminta informasi dari setiap pihak diperusahan baik pekerja, pengawas, maupun manajer perusahan kemudian membuat laporan sesuai dengan
kelompok masing - masing.

Dampak pada murid


Murid dapat mengembangkan keterampilan dan pengetahuannya lewat tindakan nyata, serta murid dapat kreatif, inofatif, gotong royong, dan dapat bekerjasama dalam menyelesaikan laporan dari hasil mengamati dan mencari informasi.Mengajarkan murid untuk dapat mandiri dalam menyelesaikan masalahnya dan proses pembelajaran ini merupakan pembelajaran yang berpihak pada murid, memberikan proses pembelajaran baru bagi murid, karena selama ini proses pembelajaran hanya terjadi di daalam kelas. Ini memberikan perubahan pola pikir murid bahwa belajar itu bukan hanya saja di sekolah tapi belajar dapat dilakukan dimana saja.

Mengetahui bagaimana sebuah pelaporan harus dipertanggungjawabkan, mulai dari perencanaan, monitoring, evaluasi sampai pelaporan. Apakah program pembelajaran diatas sudah memeperhatikan hal - hal tersebut


Program yang saya sampaikan diatas sudah melalui tahapan
perencanaan, monitoring, evaluasi sampai pelaporan.


Program ini di mulai dengan pembentukan kelompok bagi murid,kelompok dibagi menjadi 3 kelompok, setiap kelompok terdiri
dari 5 sampai 6 murid.

Guru melakukan monitoring terhadap kelompok dalam mengamati dan menggali informasi dari pihak perusahan yang berhubungan
dengan materi yang sudah diberikan guru kepada masing - masing kelompok.

Kemudian setiap kelompok melakukan evaluasi hasil dari mengamati dan menggali informasi yang sudah didapat untuk dibuat dalam
bentuk laporan, dalam evaluasi tersebut guru tetap menjadi pemandu.

Hasil evaluasi tersebut kemudian dibuat dalam bentuk laporan dan dikumpulkan kepada guru.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun