Mohon tunggu...
Sunan Amiruddin D Falah
Sunan Amiruddin D Falah Mohon Tunggu... Administrasi - Staf Administrasi

NEOLOGISME

Selanjutnya

Tutup

Cerita Pemilih Pilihan

Logika Kultus: Menguak Labubu hingga Menggali Fufufafa

5 Oktober 2024   11:17 Diperbarui: 1 November 2024   09:50 695
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Menguak Boneka Labubu yang Sedang Viral

Belakangan ini boneka Labubu mencuri perhatian. Masyarakat rela mengantre panjang demi mendapatkan satu atau lebih seri 'The Monsters' boneka Labubu karya seniman asal Hongkong, Kasing Lung. 

Dari tampilan fisik dan desainnya, boneka mungil berwujud monster ini memang tampak layak untuk mendapatkan atensi publik. Menarik, unik dan menantang ketimbang disebut menggemaskan karena ciri khas senyum yang diperlihatkan selalu menunjukkan barisan gigi runcingnya yang agak mengerikan. Tapi siapa sangka, boneka Labubu kini menggemparkan dunia maya? 

Berdasarkan hasil penelusuran dari berbagai portal berita daring, karakter Labubu mulai digambar pada tahun 2013. Labubu terinspirasi dari hewan-hewan liar yang ada di cerita dongeng atau mitos. Sebab Kasing Lung menjelaskan bahwa dunia dongeng yang ia ciptakan dipengaruhi oleh masa kecilnya.

Ilustrasi coretan Labubu kemudian banyak yang suka hingga akhirnya karakter tersebut dikreasikan dalam bentuk produk boneka. 

Pada 2015, Kasing Lung merilis buku seri The Monsters. Dalam buku ilustrasi tersebut dikisahkan tentang kumpulan karakter monster baik dan jahat bernama  Zimomo, Tycoo, Spooky dan Labubu. Rupanya selain buku, Kasing juga merilis seri figur dan boneka karakter The Monsters, termasuk Labubu.

Di tahun 2019 karakter Labubu semakin populer. Kasing Lung sampai menandatangani perjanjian lisensi eksklusif dengan Pop Mart. Sesudah seri The Monsters termasuk Labubu dijual di Pop Mart, kabarnya pendapatan yang dihasilkan dari peluncuran seri pertama memecah rekor penjualan dalam kategori mainan seni.

Lalu Labubu menjadi kian menarik dan populer sesudah berkolaborasi dengan seniman-seniman lain dalam menciptakan edisi khusus sampai melahirkan ide out fit yang bisa dipakaikan ke Labubu. 

Di luar daya tarik tampilan produknya, ceritanya dan prosesnya hingga menjadi bagian dari produk yang dijual oleh Pop Mart, viralnya produk boneka Labubu dimulai sejak Lisa, salah seorang personel Blackpink mengunggah momen unboxing blind box Labubu ke Instagram story. Ia juga memamerkan gantungan kunci Labubu, yang menggantung di tas mewah miliknya. 

Maka karena yang menunjukkan betapa Labubu memiliki karakter dan daya tarik untuk dimiliki adalah Lisa Blackpink, secara implisit terdapat kultus idola, yang memiliki andil besar dalam menciptakan fase viral dan sedang dialami oleh boneka Labubu. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerita Pemilih Selengkapnya
Lihat Cerita Pemilih Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun