Mohon tunggu...
Suhaimi Arza
Suhaimi Arza Mohon Tunggu... Guru - Guru, Dai dan Pemerhati Pendidikan

Guru dan Sekaligus Fasilitator Pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Kurikulum Merdeka dan Penerapannya

18 Januari 2023   21:04 Diperbarui: 18 Januari 2023   21:11 311
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Madrasah yang berada di kabupaten Nagan Raya dalam beberapa hari ini disibukkan dengan membuat  pernyataan dan permohonan untuk beradaptasi dengan kurikulum merdeka.

Permohonan dan pernyataan tersebut sebagai persiapan penerapan kurikulum di madrasah, agar kelak tidak ada  terjadi kesalah pahaman dari penerapan kurikulum merdeka di madrasah masing masing.

Tulisan ini adalah merujuk kepada tulisan dalam buku ebook situs Kemdikud_RI danbeberapa situs online lainnya ditambah sedikit   dari penulis.

Apa Itu Kurikulum Merdeka ?

Kurikulum dengan penerapan  proses pembelajaran intrakurikuler yang beragam. Konsepnya agar siswa bisa mendalami minat dan bakat yang ada pada diri peserta didik.

Anak tidak boleh dipaksa untuk mempelajari sesuatu pelajaran yang tidak disukainya. siswa bebas memilih mata pelajaran yang diminatinya untuk menunjang  pertumbuhan minat dan bakatnya.

Materi umum hnaya difokuskan pada esensial cukup hanya mendalami kompetensi dasar seperti literasi dan numerasi.

Kurikulum merdeka dibagi menjadi 2 komponen yaitu :

1. Kegiatan intrakurikuler 

kegiatan pembelajaran yang  dilaksanakan didalam kelas dari senin - sabtu. yang bertujuan agar anak dapat mencapai kemampuan yang tertuang didalam capaian pembelajaran.

dalam pencapaian terkait hasil  pada kurikulum merdeka berup portofolio/kumpulan dari setiap pekerjaan peserta didik dari berbagai istrumen asesment yang telah dikerjakan.

Silabus dalam kurukulum merdeka diganti dengan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)  dengan 3 capaian yaitu kompetensi, konten dan variasi.

Sedangkan RPP pada kurikulum merdeka berubah menjadi Modul Ajar (MA) umum yang disusun oleh semua guru dalam proses pembelajaran didalam kelas . 

MA pada kurikulum merdeka terbagi  2. pertama modul ajar  umum dan kedua modul ajar penguatan  profil pancasila .

2. Projek penguatan profil pelajar pancasila 

Profil Penguatan pelajar pancasila dilaksanakan diluar jam inrakurikuler  untuk menguatkan karakter  pancasila  dengan melatih peserta didik untuk menggali isu nyata dilingkungan sekitarnya dan sama sama untuk memecahkan masalah yang dihadapi.

Ada enam dimensi dan  karakter  pada profil pelajar pancasila  disaat memecahkan masalah

1. Beriman 

2. Berkebinekaan global 

3.  Bergotong royong 

4. Mandiri

5. Bernalar Kritis

6. Kreatif

Keenam dimensi ini saling membutuhkan dan berkaitan antara satu dan lainnya sehingga dibangun secara seimbang agar menajdi budaya yang melekat di madrasah/sekolah.

Profil Penguatan pelajar pancasila dikembangkan melalui pembelajaran berbasis proyek  yang penilaiannya terletak pengembangan soft skill dan karakter siswa. 

Bagaimana Karakter Kurikulum Merdeka ? 

karakternya sangat fleksibel karena tidak memaksa guru untuk memakai pendekatan tematik, pada dikurikulum merdeka boleh tematik dan boleh pendekatan berbasis mata pelajaran sesuai denga kondisi siswa dan satuan pendidikan.

Kepala tingkat Madrasah Ibtidaiyah/Sekolah Dasar wajib tau ini. !

Kurikulum Merdeka di tingkat SD/MI banyak terjadi perubahan 

1. Mapel IPA dan IPS digabung dalam satu mata pelajaran yang disebut IPAS

2. Mapel bahasa Inggris menjadi pelajaran pilihan

3. Mapel SBK diganti menajdi seni dan budaya. setiap pengelola pendidikan wajib menyiapkan satu cabang seni , boleh musik, seni tari, seni rupa atau seni teater.

4. Nama Mapel PPKN diganti  dengan Pendidikan Pancasila.

Timbul pertanyaan siapa yang akan mengajar mapel bahasa inggris ?, jawabannya tetap guru yang super bisa dan luar biasa yaitu guru kelas sebagai akternatif utama apabila tidak ada guru profesional dalam bidangnya.

Bagaimana Sruktur dalam Kurikulum Merdeka ?

Untuk Penerapan penilaian  pada kurikulum merdeka untuk jenjang SD/MI  berdasarkan fase A, B dan C

  • Fase A (setara dengan kelas I dan II SD/MI)
  • Fase B (setara dengan kelas III dan IV SD/MI)
  • Fase C (Setara dengan kelas V dan VI SD/MI)

Sruktur kurikulum merdeka melalui 2 tahapan . Pertama intrakurikuler 80%. Kemudian 20% adalah pembelajaran berbasis proyek.

berikut ini silahkan di unduh sendiri tentang pedoman penerapan kurikulum merdeka di madrasah masing masing.

Unduh :https://www.gurubestie.com/2022/04/Pedoman-Tentang-Penerapan-Kurikulum-Merdeka-dan-Linieritas-Guru-Semua-Jenjang.html

Para penggerak dunia pendidikan yang ingin lebih dalam mempelajari tentang Kurikulum Merdeka, silahkan dibaca buku  ebook  dari Direktorat Sekolah Dasar Kementerian Pendiidkan , Kebudayaan, Riset dan Teknologi. silahkan di download di  https://ditpsd.kemdikbud.go.id/upload/filemanager/download/kurikulum-merdeka/Tanya%20jawab%20Kurikulum%20Merdeka%20Fin%20(1).pdf

Terimakasih .
Semoga bermanfaat.
Kreator : Suhaimi, S.Pd, M.Ag

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun