Mohon tunggu...
Sugiyanto Hadi Prayitno
Sugiyanto Hadi Prayitno Mohon Tunggu... Penulis - Lahir di Ampel, Boyolali, Jateng. Sarjana Publisistik UGM, lulus 1982. Pensiunan Pegawai TVRi tahun 2013.

Pensiunan PNS, penulis fiksi. Menulis untuk merawat ingatan.

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Cerpen | Bang Frederiko pun Berkampanye

20 Oktober 2016   11:37 Diperbarui: 13 Juni 2019   08:07 114
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

“Mendapatkan keterangan yang berbeda namun arahnya sama: memperolok diri sendiri!”

Dan benar saja pelaksanaan kampanye itu mengundang gelak tawa tak habis-habis sepanjang jalan yang dilalui, juga tawa membahana bagi yang menonton layar tv, yang mendengarkan radio, dan yang mendapatkan laporan dari internet. Bukan hanya warga provinsi itu, bahkan rakyat seluruh negeri tergelak hebat  tak henti-henti.

Lima pasangan cagub/cawagub yang berlomba jatuh-bangun, terguling-guling, mandi lumpur, tersuruk di got, dan pakaiannya jadi compang-camping karena robek. Setelah menempuh jarak sepuluh kilo dengan berganti tiga gaya: lari, renang, dan bersepeda, tak urung Bang Frederiko yang menjadi juaranya. Diikuti oleh pasangan yang lain. Sedangkan Mas Jambul melewati garis finish paling akhir dengan wajah pucat-pasi dan tubuh lemas-lungai digotong tandu petugas kesehatan.

***

Kampanye di Provinsi Banyumili berlangsung sukses, dan tiap warga sudah punya pilihan pasti siapa yang akan dicoblos nanti. Sukses karena tidak ada bentrokan gara-gara isu SARA, dan sukses karena semua intrik-taktik-kelicikan dan kecurangan masa lalu tidak dapat dipergunakan lagi.

Sukses, karena semua orang dibuat tertawa lebar, cerah-ceria, riang gembira, terhibur, dan bahkan warga provinsi itu sepakat berpendapat bahwa tidak penting siapa gubernur dan wakil gubernur yang menang kelak, yang penting kampanye jauh dari situasi panas-rusuh-bentrok!***
Bandung, 20 Oktober 2016/19 Muharam 1438

Sumber gambar

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun