Analisis Kesalahan
Analisis kesalahan adalah kegiatan untuk menguraikan penyimpangan yang terjadi dan digunakan sebagai langkah untuk megidentifikasi penyebab kesalahan yang dilakukan oleh siswa ketika mereka menyelesaikan masalah (Rofi'ah, dkk. 2019). Sedangkan menurut (Haryati, 2015:9) adalah suatu bentuk penyimpangan terhadap jawaban yang sebenarnya bersifat sistematis.
Jadi berdasarkan pendapat para ahli, dapat disimpulakan bahwa analisis kesalahan adalah sebu upaya penyelidikan terhadap suatu peristiwa penyimpangan atas suatu jawaban untuk mencari tahu apa yang menyebabkan suatu peristiwa penyimpangan jawaban itu bisa terjadi.
Kesalahan Menyelesaikan Soal Matematika
Kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika merupakan salah satu isyarat kegagalan peserta didik dalam belajar matematika.
Jenis-Jenis Kesalahan Berdasarkan Teori Nolting Paul Nolting (1998: 189) mengelompokkan kesalahan yang dilakukan oleh peserta didik dalam menyelesaikan soal matematika menjadi enam tipe, yakni:
1.Kesalahan membaca perintah atau petunjuk soal,
2.Kesalahan yang disebabkan karena kecerobohan,
3.Kesalahan konsep yaitu kesalahan yang dibuat ketika peserta didik tidak memahami sifat-sifat dan prinsip yang ada pada buku catatan,
4.Kesalahan penerapan konsep yaitu kesalahan yang dibuat ketika peserta didik tahu tentang suatu konsep tetapi tidak dapat menerapkan pada suatu permasalahan yang spesifik,
5.Kesalahan pada saat proses penyelesaian tes, dan
6.Kesalahan pada proses belajar dimana peserta didik tidak belajar dengan benar.
Menurut teori yang dikemukakan oleh Nolting (2010: 116; 2002: 188- 189) bahwa kesalahan yang dilakukan oleh peserta didik dalam menyelesaikan soal matematika
Â
dikelompokkan menjadi enam tipe, namun karena keterbatasan kemamapuan peneliti, maka jenis kesalahan dikelompokkan menjadi 4 jenis yaitu:
1.Careless errors yaitu kesalahan yang disebabkan oleh kecerobohan siswa misalnya kecerobhan menuliskan kembali komponen-komponen soal, tanda operasi, dan hasil jawaban soal,
2.Concept errors yaitu kesalahan yang dilakukan ketika siswa tidak memahami konsep dan prinsip matematika yang digunakan untuk menyelesaikan soal,
3.Application errors yaitu kesalahan yang dilakukan ketika siswa mengetahui rumus tetapi tidak dapat menerapkannya untuk menyelesaikan soal,
4.Test taking errors yaitu kesalahan yang ditimbulkan hal-hal khusus, misalnya tidak menyelesaikan jawaban dari soal yang diberikan.
NoJenis KesalahanIndikator
1Careless errors (Ca)Siswa ceroboh menuliskan kembali komponen- komponen soal yang diberikan sebelum menyelesaikan soal tersebut, tanda operasi, dan
hasil jawaban.
2Concept errors (Co)Siswa tidak menguasai konsep luas, keliling, diagonal bilangan (tambah, kurang, kali, bagi,
kuadrat, akar kuadrat).
3Application errors (Ap)Siswamengetahuirumusteapitidakdapat
menerapkannya untuk menyelesaikan soal
4Test Taking errors (Te)Siwa tidak menyelesaikan jawaban dari soal yang
diberikan.
Darmawati, Irawan, & Chandra (2016)
Menganalisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Berdasarkan Teori Nolting pada Kelas XI-IPS 2 SMA N 2 Semarang
Pada tanggal 12 Mei 2023 telah dilakukan observasi di sekolah secara berkelompok dan satu kelompok terdiri dari 7 anggota. Observasi dilaksanakan pada siswa kelas XI-IPS 2 SMA N 8 Semarang. Siswa kelas XI IPS-2 diminta untuk mengisi 5 soal uraian dari materi bangun ruang sisi lengkung yang sudah pernah dipelajari pada saat SMP kelas IX . Terdapat 36 siswa sebagai responden pengisian instrumen soal
Â
yang diberikan. Dan hasil observasi telah diserahkan kepada dosen pengampu dalam bentuk laporan makalah yang sudah teruji.
Pada tugas kali ini hanya akan ditunjukkan satu butir soal yang sudah berhasil dikerjakan siswa sebagai bahan analisis. Responden akan dibatasi dan hanya akan diambil sebanyak 5 jawaban responden. Lima jawaban dari lima siswa yang berbeda untuk butir soal no 4, akan dilakukan analisis terhadap kesalahan yang terdapat pada penyelesaian soal tersebut. Berikut ini dilampirkan tabel yang berisikan butir soal nomor 4 beserta jawaban yang benar dengan cara penyelesaiannya.
Butir Soal Nomor 4
SoalJawaban BenarSkor
Sebuah benda berbentuk tabung memiliki luas alas 314 cm, jika tinggi tabung tersebut adalah 15 cm, maka berapakah volume benda tabung tersebut?
( = 3,14)Diketahui:
Luas alas = 314 cm Tinggi tabung= 15 cm
Ditanya : volume tabung3
Penyelesaian:
Luas alas = 314 cm r = 314 cm 3.14 r = 314
r= 314 : 3.14
r= 100 cm
6
Volume tabung = r t
= 3.14 100 15
= 314 15
= 4710 cm
1
Jadi volume dari tabung tersebut
adalah 4710 cm
Total Skor10
Â
Hasil Pekerjaan Siswa dan Faktor Kesalahan Berdasarkan Teori Nolting
a.Hasil jawaban responden 1
Faktor kesalahan:
Jawaban responden 1 pada butir soal no 4 menjawab hasil akhir dengan benar, namun responden 1 melakukan kesalahan careless errors ketika menjawab soal di atas. Terlihat bahwa siswa tidak menuliskan satuan yang harusnya ditanyakan dengan
3 . Hal ini sejalan dengan Putra, Jaeng, & Sukayasa (2016) yang menyatakan bahwa siswa dikatakan melakukan kesalahan apabila siswa tidak menuliskan satuan yang terdapat pada penyelesaian maupun akhir jawaban.