Perencanaan yang baik memiliki kemungkinan lebih besar untuk keberhasilan pelaksanaan. Agar proses pendampingan berikutnya lebih optimal, Pengajar Praktik (PP) perlu menyusun rencana pendampingan ke depannya. Tema pendampingan ke depannya adalah evaluasi dan pengembangan proses pembelajaran. Rencananya juga akan melakukan pendampingan di luar jadwal. Hal ini akan dilakukan sebelum jadwal Pendampingan Individu-4. Pendampingan awal ini bertujuan untuk mendiskusikan tentang teknis pelaksanaan Pendampingan Individu-4. Termasuk di dalamnya adalah memastikan kesiapan dokumen yang dibutuhkan beserta instrumen lainnya, termasuk lembar observasi.Â
Pendampingan ke depannya ini menyesuaikan dengan paket modul yang telah dipelajari oleh CGP. Sejauh ini CGP telah belajar paket modul 2 Praktik Pembelajaran Berpihak pada Murid. Pada paket modul 2 ini terdiri dari submodul 2.1 Pembelajaran Berdiferensiasi, 2.2. Pembelajaran Sosial Emosional, dan 2.3 Coaching untuk Supervisi Akademik.Â
Capaian belajar CGP pada paket modul 2 tersebut meliputi penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Berdiferensiasi dan Sosial Emosional. Selain itu, juga meningkatnya kompetensi CGP dalam mengembangkan orang lain melalui coaching dalam bentuk supervisi akademik.Â
Melalui diskusi sejak awal yang intensif terkait capaian belajar, diharapkan pada pendampingan berikutnya capaian yang mungkin tercapai adalah CGP mampu:
Mengimplementasikan pembelajaran yang berpihak pada murid yang ditandai dengan penerapan hasil belajar modul budaya positif, pembelajaran berdiferensiasi, dan pembelajaran sosial emosional di kelas;
Menumbuhkan komunitas praktisi di sekolah sebagai bentuk kolaborasi dengan warga sekolah;
Meningkatkan kompetensi diri dalam mengembangkan diri sendiri dan juga guru lain dengan cara melakukan refleksi, berbagi, dan kolaborasi terutama terkait pembelajaran berdiferensiasi dan sosial emosional yang telah dilakukan.
- Baca juga: Pendampingan Individu 1 CGP Angkatan 6
Melaksanakan prakarsa perubahan secara konkret di sekolah secara berkelanjutan; dan
-
Rutin menerapkan segitiga restitusi dalam menangani murid yang melanggar keyakinan kelas.Â
Guna memastikan ketercapaian tersebut, hal-hal yang akan direncanakan terkait proses pendampingan berikutnya adalah sebagai berikut:
Menyiapkan bahan yang dibutuhkan dalam pendampingan, meliputi jurnal hasil pemantauan belajar daring di LMS, jurnal pendampingan, daftar hadir, lembar observasi proses pembelajaran yang berpihak pada murid, dan instrumen pendampingan;
Mendiskusikan capaian belajar selama sebulan terakhir untuk mengetahui kesiapan CGP dalam pendampingan;
Mengajak CGP merefleksikan kemajuan komunitas praktisi yang telah terbentuk;
Memberikan motivasi kepada CGP untuk terus mencoba praktik-praktik baik pembelajaran yang berpihak pada murid di kelas;
Memberikan motivasi kepada CGP untuk terus mengembangkan diri dan orang lain dalam komunitas praktisi sekolah serta mengimplementasikan prakarsa perubahan diri, kelas, dan sekolah; danÂ
Melakukan pendampingan pengelolaan dan pengembangan portofolio digital CGP.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H