Mohon tunggu...
Suciati Lia
Suciati Lia Mohon Tunggu... Guru - Guru

Belajar mengungkapkan sebuah kata agar bermanfaat

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Prakarsa Perubahan Guru, Menemukan Potensi Murid sesuai Bakatnya

27 Juli 2024   21:07 Diperbarui: 27 Juli 2024   21:09 590
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Prakarsa Perubahan Guru: Menemukan Potensi Murid Sesuai Bakatnya

 

       Saya bersyukur menjadi bagian dari pembelajar dalam pendidikan guru penggerak angkatan 11. Dari pendidikan guru penggerak banyak hal yang menguatkan langkah untuk mengetuk diri berbuat sesuatu yang berbeda dari sebelumnya sehingga menjadi hasil yang nantinya berdampak pada laku murid tidak hanya kecakapan dalam keterampilan namun karakternya.

          Hal ini senada dengan apa yang pernah disampaikan oleh Ki Hajar Dewantara mengenai tujuan pendidikan yakni menuntut segala kodrat yang dimiliki murid. Agar  murid dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik murid sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat. Oleh karena itu, peran guru hanya bisa menuntun tumbuh atau menghidupkan kekuatan kodrat pada murid sehingga murid dapat memperbaiki lakunya dan menumbuhkan sesuai kodratnya.

          Dalam proses menuntun murid, hendaknya guru memberikan kebebasan dalam mengembangkan potensi sehingga guru sebagai pamong yang memberikan tuntunan dan arahan kepada murid agar tidak kehilangan arah dan membahayakan dirinya. Sebagai pamong, guru dapat memberikan arahan kepada murid untuk menemukan kemerdekaannya dalam belajar. Sehingga murid secara sadar dapat memahami bahwa kemederkaan pada dirinya mempengaruhi kemerdekaan murid lainnya. Dengan begitu, tuntunan sebagai guru dapat mengelola dirinya untuk hidup bersama orang lain.

          Hal ini sesuai dengan era yang terus berubah sehingga guru menuntun sesuai kodrat alam dan zamannya. Dengan pendidikan yang selalu menjadi pilar utama dalam pembentukan karakter yang disesuaikan potensi setiap murid. Sehingga peran guru tak lagi terbatas pada penyampaian materi semata tapi sebagai pembimbing yang menuntun murid menemukan dan mengembangkan bakat yang dimiliki. Oleh karena itu, sesuai dengan prakarsa perubahan yang tertuang dalam visi sebagai guru yang berfokus pada murid yang menekankan pentingnya menemukan potensi yang dimiliki oleh murid sesui bakat yang dimilikinya.

         

Pendekatan yang berpihak pada murid

Pendekatan ini sesuai dengan salah satu nilai dari guru penggerak yakni berpihak atau fokus pada murid yang sesuai dengan filosofi pemikiran Ki Hajar Dewantara. Nilai tersebut yang merefleksikan guru penggerak senantiasa bergerak dengan memperioritaskan kepentingan murid.

Untuk dapat memenuhi nilai tersebut yang sesuai visi yang telah diniatkan oleh guru dalam merancang prakarsa perubahan guna melejitkan bakat dan minat murid. Maka segala keputusan yang diambil oleh guru hendaknya didasari semangat yang memperdayakan dirinya dan memanfaatkan aset/ kekuatan yang ada untuk menciptakan suasana pembelajaran dan proses pembelajaran yang bermakna.

Dengan begitu, guru mulai bergeser dari pemuasan kepentingan pribadi maupun pihak lain menuju kepentingan pembelajaran murid. Sehingga guru merefleksi diri dengan berpikir tentang pertanyaan utama yang mendahulukan muridnya seperti

  • Apa yang dibutuhkan oleh murid?
  • Apa yang bisa guru lakukan agar mendukung suasana belajar lebih baik?
  • Bagaimana guru dapat membuka kesempatan bagi murid untuk mewujdukan dunia yang mereka harapkan?

Untuk itu, diperlukan pendekatan utama dalam prakarsa yang berfokus atau berpihak pada murid. Peran guru diharapkan dapat mengenali dan memahami keunikan yang dimiliki setiap murid termasuk potensinya. Sehingga guru perlu melakukan observasi sebelum pembelajaran. Dengan begitu, pendekatan ini dapat membantu guru dapat mengeksplorasi potensi sesuai bakatnya sehingga proses belajar menjadi bermakna dan menyenangkan.

Mengenali bakat murid

Untuk dapat berfokus yang sesuai nilai guru penggerak maka guru dapat mengenali murid dengan cara mengidentifikasi bakat yang merupakan langkah awal. Guru dapat memanfaatkan penilaian diagnostik dengan mengajukan beberapa pertanyaan pematik yang menuntun murid menjawabnya. Selain itu, perlu dikuatkan dengan melakukan observasi mengenai kegiatan sehari-hari di sekolah dan melakukan curah pendapat atau diskusi melalui coaching. Dengan begitu, guru dapat gambaran bakat apa yang ingin dikembangkan dalam pembelajaran. Untuk itu, penting bagi guru dalam menciptakan lingkungan yang mendukung dan memberikan kesempatan seluasnya bagi murid untuk mencoba hal baru dalam berbagai kegiatan.

Memberikan ruang untuk mengeksplorasi bakat dan minat

Sesuai bakat yang dituliskan dalam harapan melalui proposal hidupnya. Penting bagi guru khususnya wali kelas guna menyediakan ruang untuk menampilkan potensinya. Ruang itu, saya sediakan di pada hari Jumat yang saya beri nama RUBIKAT (ruang bakat dan minat murid pada hari Jumat). Dengan memanfaatkan pembelajaran P5 selama 2 jam pelajaran. Sementara 3 jam digunakan untuk pembelajaran P5 disesuaikan dengan modul P5.

Inisiatif ini saya lakukan agar murid mampu menuangkan kemampuan yang dimiliki dan mencoba hal baru dengan penuh percaya diri. Dengan begitu, kecakapan keterampilan yang dimiliki semakin kuat dan memotivasi dirinya menjadi pembelajar dan dapat mengikuti kompetensi perlombaan sehingga ada kepuasan yang diperolehnya.

Peran guru sebagai pembimbing dan motivator

Menjadi guru dan sekaligus wali kelas merupakan tantangan sendiri. Dengan peran inilah saya sekuat tenaga membantu murid merancang pembelajaran yang berpusat pada murid. Dengan dukungan dan bimbingan yang saya berikan semoga ini terwujud yang akan mulai dilaksanakan di bulan Agustus mendatang. Prakarsa perubahan ini saya niatkan dengan membangun rasa percaya diri murid. Saat murid diberikan dukungan dan apresiasi maka akan termotivasi untuk mengejar minat dan bakatnya.

          Guru mampu memainkan peran dan memberikan pengharhaan atas usaha dalam menampilkan bakatnya dan mendorong untuk terus mencoba dan tidak takut gagal. Dengan umpan balik yang kontruktif yang membantu murid memahami kelemahan dan kekuatan yang dimiliki. Hal ini akan membantunya untuk terus berkembang dan adaptif dengan kemajuan zaman.

Semoga niat mulia ini dapat terwujud dan dimudahkan dalam proses aplikasi. Apalagi tahapan awal pemetaan telah dilakukan sehingga diperlukan aksi dalam merealiasasikan. Dengan usaha dan penuh keyakinan, saya percaya bahwa sistem pendidikan yang adaptif dan juga responsif megenai kebutuhan murid dapat membantu mencapai potensinya secara maksimal.

sumber modul guru penggerak angkatan 11

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun