Mohon tunggu...
Suciati Lia
Suciati Lia Mohon Tunggu... Guru - Guru

Belajar mengungkapkan sebuah kata agar bermanfaat

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Tips Guru: Membantu Murid Melatih Berpikir Kritis di Kelas

18 Februari 2024   06:20 Diperbarui: 18 Februari 2024   06:47 251
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi. Tips mengajarkan anak berpikir kritis (iStockphoto/JNemchinova)

Tips Guru: Membantu Murid Melatih Berpikir Kritis di Kelas

Semangat pembelajar guru hebat setanah air. Sebagai bukti nyata implementasi pelatihan mandiri di PMM mengenai Diklat Semangat Guru 2, modul kedua tentang berpikir kritis dan penyelesaian masalah.

Dalam modul dua berisi materi mengenai empat pertanyaan refleksi yang berupa apa yang dipelajari?, apa yang sudah saya mengerti?, apa yang saya belum mengerti?, dan bagaimana saya bisa mengerti?; langkah problem solving; disiplin berpikir kritis terhadap informasi;  dan metakognisi: berpikir tentang berpikir. 

Dari pembelajaran tersebut setidaknya kita sebagai guru membuat tips guru mengenai melatih murid berpikir kritis di kelas pada pembelajaran dalam bentuk video yang ditayangkan di sosial media lalu linknya dikumpulkan sebagai bukti aksi nyata. Sebenarnya tidak ribet, perlu semangat saja apalagi materi yang disampaikan oleh narasumber keren dan kompeten di bidangnya.

Berbicara mengenai pendidikan yang efektif penting bagi guru untuk memperhatikan pengetahuan berpikir kritis. Guru mempunyai peran utama dalam membentuk kemampuan berpikir kritis kepada murid. Berbagai inovasi yang dapat dilakukan guru dalam melakukan pendekatan pengajaran sehingga memberikan pengalaman belajar yang berdampak. Hal ini dapat membangun sebuah pondasi yang kuat mengenai berpikir kritis.

Nah, berfokus pada pengembangan kemampuan berpikir kritis yang merupakan aspek penting. Berikut ini tips sederhana barangkali bisa membantu guru dalam memfasilitasi pembelajaran berpikir kritis di kelas

Diskusi kelompok

Diskusi kelompok merupakan salah satu cara efektif untuk melatih murid berpikir kritis. Caranya guru memisahkan murid dalam kelompok kecil dengan memberikan topik atau sebuah masalah yang menantang. Guru perlu memberikan panduan untuk memahamkan mekanisme diskusi agar mencapai pemahaman mengenai topik yang dibahas. Dengan diskusi memungkinkan murid melihat berbagai penafsiran atau sudut padang dan belajar menyampaikan pendapat disertai alasan yang logis.

Latihan argumentasi

Saat pembelajaran, guru dapat memberikan kesempatan kepada murid untuk melatih diri mengembangkan pendapat yang logis dan menyakinkan. Guru perlu mengajarkan untuk mengenali premis, menyusun argumen, dan menghadapi pendapat berbeda secara logis. Dengan latihan ini diharapkan dapat membantu murid dalam menyusun pemikiran secara sistematis dan dapat mengomunikasikan idenya dengan jelas.

Tantangan pemecahan masalah

Banyak permasalahan yang bisa guru angkat dalam pembelajaran.  Misalnya masalah aktual yang menarik perhatian semua orang. Guru dapat memberikan murid tantangan pemecahan masalah yang kompleks dan mendalam. Guru bisa mengajak murid memecahkan masalah secara sitematis, dimulai dari bagaimana cara mengidentifikasi masalah, mengumpulkan informasi yang relevan, menganalisis opsi, sampai mengevaluasi solusi yang ditawarkan. Untuk itu, guru perlu mendukung murid dalam proses berpikir kritis guna menemukan jalan keluar yang tepat.

 Evaluasi sumber informasi

Terkadang tidak semua sumber informasi yang kita terima itu akurat sehingga diperlukan analisis sumbernya. Apalagi isi informasi itu perlu ditinjau, apakah kontennya mengajak kebaikan justru menyebarkan fitnah. Dalam hal ini perlu kemampuan dalam mengevaluasi sumber informasi. Guru dapat mengajal murid untuk mempertanyakan keandalan, keakuratan, dan keobjektifan informasi yang didengar atau dibaca. Guru bisa memberikan latihan bagaimana cara mengidentifikasi bias, propaganda, atau manipulasi dalam teks atau media yang mereka dapatkan.

Beri contoh kasus nyata

Selain tips di atas, guru juga bisa memberikan murid beberapa kasus nyata atau berupa studi kasus yang relevan sesuai bidang studi bapak dan ibu ajar. Guru bisa mengajak murid bagaimana cara menganalisi situasi , mengidentifikasi masalah, dan mengusulkan jalan keluar yang logis. Melalui studi kasus atau kasus nyata dapat memberikan konteks nyata dan menghadirkan tantangan yang sesuai dengan realita kehidupan.

Itulah beberapa tips sederhana yang bisa diterapkan saat pembelajaran guna melatih murid berpikir kritis secara bertahap dan berkesinambuhan, insyaAllah muird bisa belajar. Setiap proses kita membutuhkan waktu dan juga dedikasi, tapi dampak bagi murid juga penting dalam menyiapkan berpikir kritis secara independen, analitis, dan kreatif. Guru bisa menerapkan tips sederhana ini secara konsisten dalam membantu murid memiliki keterampilan berpikir kritis yang kuat yang membantu murid sukses dalam kehidupan kelak dan juga mencapai kariernya.

sumber intisari materi Diklat Semangat Guru 2

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun