Pelayanan publik menjadi peran penting untuk pelaksana sebuah birokrasi, selain fungsi pengaturan dan pelaksanaan pembagunan serta pemberdayaan dan berinovasi.
Meskipun sudah banyak inovasi yang dilakukan pemerintah untuk menjaga Kesenjangan dan kenyaman masyarakat, tidak mampu untuk membendung beberapa kasus yang terjadi di lapangan, salah satu contohnya ialah kasus yang terjadi di Desa Gedangan kec.Sidayu kab.Gresik. kasus yang terjadi terkait manajemen waktu yang dimiliki para pegawainya. Yang seharusnya datang sesuai aturan yang berlaku jam 07.30-16.00 menjadi 08.00-12.00.
Desa gedangan merupakan salah satu desa yang ada dijawa timur. yang berlokasi di Kabupaten Gresik tepatnya di kecamatan Sidayu. Desa gedangan ini berada di dataran rendah yang memiliki ketinggian 57 Meter di atas permukaan laut salah satu desa kecil yang memiliki 764 kepala keluarga.
Masyarakat yang membutuhkan pelayanan menjadi tidak maksimal lantaran ketidak maksimalan pegawai dalam melayani masyarakat sesuai dengan waktu yang di tentukan oleh intansi pemerintahan terkait. Selain tidak konsisten jam kerja para pegawai di Mal Pelayanan Publik Desa gedangan Kecamatan gersik, juga tidak mampu memberikan pemahaman dan pelayanan kepada masyarakat lantaran semua fasilitas sudah serba online.
Siti Zaerina S.K.M selaku TU-Umum mengatakan,'' untuk penggunaan  fasilitas sebagian pegawai memang mengalami keterbatasan, jadi ada sebagian pegawai yang masih meminta tolong kepada saya, jadi bisa dibilang masih kurang, dikarenakan zaman semakin modern pegawai yang cukup umur sudah bias mengikuti system baru yang di buat pemerintah seperti pembanyaran pajak secara online dan sebagaianya,
Hal demikian sangat ironis, pelayanan publik ialah harus mampu memadukan sebuah pelayanan dengan teknologi untuk percepatan pelayanan, akurasi pelayanan, dan fleksibilitas kerja.
"sebagaimana MOTTO dalam pelayanan kami yang disingkat PRIM, maka kita dalam melaksanakan tugas dan berkerja mengacu pada MOTTO kami, jadi pelayanan yang diberikan kepada  masyarakat yaitu pelayanan yang cepat sebagaimana masyarakat bisa kita layani, dan kebutuhan masyarakat apa yang dibutuhkan langsung kita tangani baik dari segi adminitrasi dan sebagainya, jadi bias dibilang pelayanan di kantor desa gedangan ini sudah cuku baik." Red 30 Mei 2022, Bapak Muhammad Arif, M.Pd, Sekretaris Desa Gedangan.
Dengan adanya permasalahan tersebut maka berikut adalah beberapa upaya yang dapat dilakukan oleh pemerintah Desa Gedangan dalam memberikan Pelayanan Publik.
Disiplin Waktu dan Absensi     Â
Disiplin waktu dan kehadiran ini sangat diperlukan dalam hal semua pekerjaan, untuk mengukur kinerja pegawai serta memberikan tingkat kemajuan dalam bekerja untuk menjadi lebih baik.
Sikap   Â
Sikap ini bisa diartikan tingkat semangat dalam menyelesaikan pekerjaan dan tetap responsif kepada semua masyarakat yang membutuhkan pelayanan serta masih adanya beberapa individu yang membeda bedakan antara sesama pengguna jasa pelayanan hal itu yang membuat masyarakat kurang dalam menikmati pelayanan yang baik, pemanggilan tersebut guna memberikan evaluasi, edukasi supaya hal itu tidak dilakukan lagi dan memberikan efek jerah kepada pegawai tersebut, agar terciptanya pelayanan yang baik.
Kecekatan Dalam Melaksanakan Tugas     Â
Kecekatan mental ini adalah seberpa tanggap dalam melaksanakan tugas yang diberikan kepela desa kepada pegawainya. ketika diberikan tugas dari kepala desa atau pimpinan pegawai juga diberi waktu dalam menyelesaikan tugas tersebut jadi tugas tersebut harus sesuai target yang diberikan, sehingga tidak terbengkalai dalam mengerjakan tugas itu.
Pengetahuan Pekerjaan
Dalam pengetahuan pekerjaan hal ini sangat penting untuk kinerja dan sejauh mana pengetahuan tentang pekerjaan atau tugas yang diberikan. Hal ini cukup penting jadi ketika masyarakat membutuhkan pelayanan kita bisa memberikan pelayanan yang terbaik dan cepat sesuai yang diharapkan masyarakat.Â
Ketika diberikan Tugas baik dari masyarakat maupun kepala desa harus sesuai dengan TUPOKSI (TUgas POKok Masing Masing) terbagi sesuai jobdisk.nya masing masing sehingga tidak terjadi tumpang tindih dan bisa menjalankan tugas dengan baik.
Inisiatif
Inisitif dalam pekerjaan juga penting untuk melakukan tugas yang diberikan, ini sangat membantu dalam menyelesaikan pekerjaan atau membantu rekan kerja yang lain. Untuk hal itu pegawai harus selalu tepat waktu dalam menyelesaikan tugas yang diberikan, karena dengan seperti itu pelayananan yang di berikan kepada masyarakat sangat baik.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H