Dalam pengelolaan perusahaan atau organisasi diperlukan tata kelola baik. pengetahuan manajemen yang sangat dasar perlu dipahami dan diterapkan oleh manager atau pemimpin sehingga sangat membantu dalam melaksanakan tugas-tugasnya dalam mencapai tujuan organisasi.
dalam persaingan yang sangat ketat di era sekarang ini, banyak perusahaan yang kalah saing, menderita, bahkan rugi yang disebabkan rendahnya produktivitas sumber daya manusia dalam organisasi tersebut.
penyebab umum dari masalah tersebut adalah, karena organisasi bisnis masih menerapkan manajemen kinerja (performance management) trdisional.
dalam sistem ekonomi global yang merupakan sistem tanpa batas negara yang secara bertahap menjadi kenyataan, lingkungan bisnis cepat sekali berubah terutama dengan didukung oleh perkembangan teknologi informasi dan transportasi yang modern
Pengertian Umum Kinerja:
Kinerja adalah output yang dihasilkan oleh indikator-indikator dari pekerjaan dalam kurun waktu tertentu dalam Manajemen Kinerja berorientasi pada tujuan usaha, kegiatan atau program yang diprakarsai dan dilaksanakan oleh pimpinan perusahaan/organisasi untuk "Merencanakan, Mengarahkan dan Mengendalikan prestasi karyawan"
Tujuan utama performance management:
- Membentuk tujuan kinerja sesuai dengan tujuan perusahaan
- Menetapkan ekspektasi kinerja antara karyawan dan atasan
- Memperlancar komunikasi tim
- Menentukan standar kinerja
- Mengembangkan program pelatihan SDM
Tujuan umum manajemen kinerja:
- Tujuan strategic
- Tujuan administrative
- Tujuan pengembangan
Tahapan manajemen kinerja:
Pahami tujuan perusahaan