Setelah lama vakum di kompasiana semoga tulisan ini bisa mengobati kerinduan penulis untuk mengisi di platform milik anak bangsa.
Untuk mengawali tulisan ini saya ingin sekali membagikan pengalaman saya mengikuti kelas Copywriting. Nah sebenarnya copywriting itu apa sih  untuk mengetahuinya lebih jauh kita kenalan dulu dengan yang namanya Copywriting. Â
Apa sih itu Copywriting ?. Ya seperti kata pepatah Tak kenal maka tak sayang hehe… oke cekkidon coppy writing itu bukan coppy right, bukan fotocopy, apalagi coppy paste ya sahabat kompasiana. menurut Wikipedia, Coppy Writing adalah naskah iklan (coppywriter) untuk disebarluaskan guna kepentingan komersial.Â
Seperti contoh naskah Iklan, Televisi, Radio, Majalah, Koran, Baliho, Spanduk, dan sebagainya. Tidak hanya di Televisi bahkan di gmail dan landing page atau website pun masih menggunakan copywriting atau lebih tepatnya coppywriting adalah keahlian atau skill yang dilatih untuk mempengaruhi pembaca agar melakukan tindakan atau action tertentu hanya dengan menggunakan kata-kata.
KENAPA COPYWRITING ITU PENTING ?
Bukankah setiap media yang kita lihat itu mayoritas nya menggunakan tulisan ?, entah itu seperti halaman website, majalah, koran, baliho, ataupun brosur, ya seperti ketika kita membuka halaman google ataupun youtube kerap kita disuguhkan dengan banyaknya iklan yang muncul tanpa sengaja kita mengklik iklan tersebut lalu kita akan dibawa ke sebuah halaman yang berisi iklan halaman tersebut dinamakan landing page di landing page tersebut lah berisi copywriting baik yang menjelaskan mengenai produk atapun mengenai benefit yang terkandung di dalamnya.
COPYWRITING SEBAGAI JEMBATANÂ
Copywriting adalah sebagai jembatan kita untuk mengkomunikasikan target market kita, komunikasi disini bukan hanya sekedar komunikasi namun bagaimana kita mampu mempersuasikan pembaca agar tertarik kemudian membeli produk kita. Jika Video menghasilkan ilustrasi Copywriting menghasilkan Persuasi.
MANFAAT COPYWRITINGÂ
Di era digital saat ini copywriting sangat dibutuhkan serta memberikan banyak manfaat yaitu sebagai berikut :
1. Meningkatkan penjualan
Pasti sahabat kompasiana sudah sangat familiar dengan yang namanya  market place atau belanja online, disitu pasti kita melihat sebuah video iklan yang tidak lupa diselipkan sebuah caption dibawah nya, eh tanpa  disadari kita berhenti untuk menscrool nya lalu stalkingin jualan nya dan pada akhirnya belanja nya masuk deh ke keranjang troly , itu artinya seorang coppywriter berhasil menciptakan copywriting yang menarik.Â
2. Meningkatkan interaksi konten kita
Jika kita melihat sebuah konten yang viral itu pasti di dalamnya juga terdapat yang namanya copywriting.
3. Meningkatkan open rate di email merketing
Notifikasi kerap sekali muncul di beranda gmail kita baik dari marketing maupun dari loker hehe, bahkan ada yang menawarkan jualan nya ke gmail kita. Nah biasanya seorang copywriter menulis copywriting nya pada bagian Headline, dan subjek sebagai daya tarik customer atau target marketnya.Â
Selamat Membaca Semoga Bermanfaat.........
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H