Mohon tunggu...
Sri Dewi
Sri Dewi Mohon Tunggu... Konsultan - Nama Sri Dewi

Nama Sri Dewi tempat tgl lahir Bagan Batu 09 Oktober 1997, hobi membaca dan Menulis

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Kenalan Yuk Lebih Jauh dengan Copywriting

19 Juli 2022   00:40 Diperbarui: 19 Juli 2022   00:51 193
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Setelah lama vakum di kompasiana semoga tulisan ini bisa mengobati kerinduan penulis untuk mengisi di platform milik anak bangsa.

Untuk mengawali tulisan ini saya ingin sekali membagikan pengalaman saya mengikuti kelas Copywriting. Nah sebenarnya copywriting itu apa sih  untuk mengetahuinya lebih jauh kita kenalan dulu dengan yang namanya Copywriting.  

Apa sih itu Copywriting ?. Ya seperti kata pepatah Tak kenal maka tak sayang hehe… oke cekkidon coppy writing itu bukan coppy right, bukan fotocopy, apalagi coppy paste ya sahabat kompasiana. menurut Wikipedia, Coppy Writing adalah naskah iklan (coppywriter) untuk disebarluaskan guna kepentingan komersial. 

Seperti contoh naskah Iklan, Televisi, Radio, Majalah, Koran, Baliho, Spanduk, dan sebagainya. Tidak hanya di Televisi bahkan di gmail dan landing page atau website pun masih menggunakan copywriting atau lebih tepatnya coppywriting adalah keahlian atau skill yang dilatih untuk mempengaruhi pembaca agar melakukan tindakan atau action tertentu hanya dengan menggunakan kata-kata.

KENAPA COPYWRITING ITU PENTING ?

Bukankah setiap media yang kita lihat itu mayoritas nya menggunakan tulisan ?, entah itu seperti halaman website, majalah, koran, baliho, ataupun brosur, ya seperti ketika kita membuka halaman google ataupun youtube kerap kita disuguhkan dengan banyaknya iklan yang muncul tanpa sengaja kita mengklik iklan tersebut lalu kita akan dibawa ke sebuah halaman yang berisi iklan halaman tersebut dinamakan landing page di landing page tersebut lah berisi copywriting baik yang menjelaskan mengenai produk atapun mengenai benefit yang terkandung di dalamnya.

COPYWRITING SEBAGAI JEMBATAN 

Copywriting adalah sebagai jembatan kita untuk mengkomunikasikan target market kita, komunikasi disini bukan hanya sekedar komunikasi namun bagaimana kita mampu mempersuasikan pembaca agar tertarik kemudian membeli produk kita. Jika Video menghasilkan ilustrasi Copywriting menghasilkan Persuasi.

MANFAAT COPYWRITING 

Di era digital saat ini copywriting sangat dibutuhkan serta memberikan banyak manfaat yaitu sebagai berikut :

1. Meningkatkan penjualan

Pasti sahabat kompasiana sudah sangat familiar dengan yang namanya   market place atau belanja online, disitu pasti kita melihat sebuah video iklan yang tidak lupa diselipkan sebuah caption dibawah nya, eh tanpa  disadari kita berhenti untuk menscrool nya lalu stalkingin jualan nya dan pada akhirnya belanja nya masuk deh ke keranjang troly , itu artinya seorang coppywriter berhasil menciptakan copywriting yang menarik. 

2. Meningkatkan interaksi konten kita

Jika kita melihat sebuah konten yang viral itu pasti di dalamnya juga terdapat yang namanya copywriting.

3. Meningkatkan open rate di email merketing

Notifikasi kerap sekali muncul di beranda gmail kita baik dari marketing maupun dari loker hehe, bahkan ada yang menawarkan jualan nya ke gmail kita. Nah biasanya seorang copywriter menulis copywriting nya pada bagian Headline, dan subjek sebagai daya tarik customer atau target marketnya. 

Selamat Membaca Semoga Bermanfaat.........

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun