Mohon tunggu...
Sri Lestari
Sri Lestari Mohon Tunggu... Guru - Guru

Suka membaca

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Meningkatkan Kemampuan Membaca Sisw Kelas 5 Melalui Penggunaan Media Kartu Pintar

6 Maret 2024   13:48 Diperbarui: 6 Maret 2024   14:03 87
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

A. Pendahuluan :

Pembelajaran membaca adalah elemen kunci dalam perkembangan akademik siswa di Sekolah Dasar. Namun, beberapa siswa kelas 5 masih mengalami kesulitan dalam membaca dengan lancar. Untuk mengatasi tantangan ini, kami memperkenalkan pendekatan inovatif dengan menggunakan media pembelajaran yang disebut "Kartu Pintar". Kartu pintar ini berisi huruf-huruf yang akan membantu siswa menyusun kata-kata dengan lebih mudah, yang nantinya akan meningkatkan kemampuan membaca mereka. Laporan ini akan membahas implementasi kartu pintar dalam mengatasi kesulitan membaca siswa kelas 5.

 

B Pembahasan (Situasi, Tantangan, Aksi, dan Refleksi) :

Situasi: Siswa kelas 5 mengalami kesulitan dalam membaca dengan lancar. Banyak dari mereka masih mengalami kesulitan dalam menyusun kata-kata dan mengartikulasikan bunyi huruf secara tepat.

Guru bertanggung jawab dalam merancang dan mengimplementasikan strategi pembelajaran yang efektif dengan menggunakan media kartu pintar, serta memberikan bimbingan dan dukungan kepada siswa selama proses pembelajaran. Di sisi lain, siswa berperan aktif dalam mengikuti pembelajaran, berpartisipasi dalam aktivitas membaca dengan menggunakan kartu pintar, serta mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh dalam meningkatkan kemampuan membaca mereka.

Tantangan : Tantangan utama adalah menemukan metode pembelajaran yang efektif dan menarik untuk membantu siswa meningkatkan kemampuan membaca mereka.

Aksi : Kami memutuskan untuk menggunakan kartu pintar yang memuat huruf-huruf terpisah. Kartu pintar ini memungkinkan siswa untuk menyusun kata-kata dengan mengatur huruf-huruf yang sesuai. Setiap siswa diberikan satu set kartu pintar dan diberi tugas untuk menyusun kata-kata yang didektekan dalam bahan bacaan mereka dengan menggunakan kartu pintar.

Dokumentasi Pribadi
Dokumentasi Pribadi

Cara pemakaian : 

1. Penyusunan Kartu Pintar: Guru dapat membuat kartu pintar yang berisi kata-kata atau suku kata sesuai dengan tingkat kemampuan membaca siswa kelas 5. Setiap kartu dapat memiliki satu kata atau suku kata.

2. Pengenalan Kartu Pintar: Guru memperkenalkan kartu pintar kepada siswa dan menjelaskan cara penggunaannya. Guru dapat menyampaikan tujuan penggunaan kartu pintar untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa.

3. Demonstrasi Penggunaan Kartu Pintar: Guru melakukan demonstrasi bagaimana siswa dapat menggunakan kartu pintar untuk melatih kemampuan membaca mereka. Guru dapat meminta siswa membuat kata dari huruf dan suku kata yang ada pada kartu pintar.

4. Latihan Mandiri: Setelah demonstrasi, siswa diberi kesempatan untuk berlatih mandiri dengan menggunakan kartu pintar. Mereka dapat memilih kata yang ingin dibuat dan menunjukkan kepada guru benar atau tidak.

5. Aktivitas Kelompok: Guru dapat mengatur aktivitas kelompok di mana siswa bekerja sama untuk menggunakan kartu pintar. Misalnya, siswa dapat bermain permainan kartu pintar atau saling membantu satu sama lain dalam membuat kata yang ada di kartu.

Refleksi : Penggunaan kartu pintar dengan huruf-huruf terpisah ternyata efektif dalam membantu siswa meningkatkan kemampuan membaca mereka. Siswa menunjukkan minat yang tinggi dalam menggunakan kartu pintar ini, dan mereka menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kemampuan membaca mereka setelah beberapa waktu.

 

C. Kesimpulan :

Penggunaan kartu pintar dengan huruf-huruf terpisah adalah metode yang efektif dalam membantu siswa kelas 5 yang mengalami kesulitan membaca untuk meningkatkan kemampuan membaca mereka. Pendekatan ini tidak hanya membantu siswa dalam menyusun kata-kata dengan lebih mudah tetapi juga meningkatkan minat mereka dalam pembelajaran membaca.

 

Daftar Pustaka :

Ariska, E. (2021). Penerapan Media Kartu Pintar dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 5 SDN 1 Gambiran. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 45-52.

Nursyamsi, A. (2019). Peningkatan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 5 dengan Media Kartu Kata. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(2), 93-101.

Rizqi, A. R., & Dewantara, R. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Kartu Kata terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas 5 di SDN Blabak 02 Kecamatan Ponorogo. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2), 78-85.

Rusmana, I., Setiawan, A., & Mufarizal. (2020). Efektivitas Media Kartu Kata dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 5 SDN 1 Cileungsing. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(1), 9-18.

Suryadi, D., & Prasetyo, Z. K. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Kartu Kata terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas 5 di SD Negeri Kecamatan Indramayu. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(2), 120-130.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun