Mohon tunggu...
Kelvin
Kelvin Mohon Tunggu... Penulis - Penulis

Write About Fintech Update

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Seberapa Penting Customer Touchpoints untuk Bisnis? Ini Penjelasannya!

2 Januari 2023   21:21 Diperbarui: 2 Januari 2023   21:23 178
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Customer touchpoints merupakan bagian penting dari customer journey yang harus diketahui oleh bisnis. Pemilihannya pun tentunya tidak boleh asal-asalan atau pun sampai salah.

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai Customer Touchpoint serta peran pentingnya bagi bisnis, pastinya kamu harus tahu apa itu Customer Touchpoints.

Oleh karena itu, berikut penjelasannya singkat mengenai Customer Touchpoints yang perlu kamu ketahui lebih lanjut yah. Yuk disimak!

Apa Itu Customer Touchpoints?

Customer Touchpoints secara sederhana dapat di artikan sebagai semua tempat di saluran penjualan yang dipilih oleh penjual yang digunakan untuk berinteraksi dengan pembeli.

Touchpoints yang dipilih oleh bisnis biasanya dapat berdasarkan riset atau pun berupa tombol, pain points, interaksi, dan motivasi.

Customer Touchpoints sendiri sangat berhubungan erat dengan customer journey karena bisa dibilang merupakan satu kesatuan loh.

Memang Customer Touchpoints sendiri harus menjadi perhatian bisnis, karena salahnya pemilihan customer touchpoint dapat berimbas pada customer journey yang gagal.

Seperti penjelasan di atas juga, customer touchpoint dapat hadir dalam berbagai bentuk tergantung pada keinginan bisnis. Hal terpenting dari touchpoints yang dipilih adalah dapat menimbulkan interaksi dengan customer baik sebelum, saat, atau pun setelah membeli.

Interaksi-interaksi yang ada di dalam customer touchpoints ini lah yang dianggap penting karena akan memengaruhi keberhasilan customer journey.

Pentingnya Customer Touchpoints

Customer touchpoints seperti yang sudah dijelaskan di atas, bisa dibilang sangat penting bagi bisnis untuk menentukan berhasil atau tidaknya bisnis menjalankan customer journey mereka.

Pemilihan customer touchpoints yang buruk dapat menjadi masalah bagi bisnis nantinya. Hal ini karena bisa saja rencana customer journey yang dimiliki bisnis terganggu atau gagal.

Adanya customer touchpoints sendiri memang cukup penting karena bisnis dapat menjalankan strateginya dengan tepat.

Biasanya customer touchpoints ini akan sangat dibutuhkan untuk membantu bisnis berinteraksi dengan customer sebelum, saat, atau setelah membeli.

Customer touchpoint yang tepat juga akan membuat customer expereince ikut meningkat karena bisa dibilang cukup berpengaruh.

Pastinya kamu bertanya-tanya bagaimana hal ini bisa terjadi dan kenapa customer touchpoints bisa berpengaruh terhadap customer experience di bisnis?

Bisa dibilang hal ini karena pada setiap interaksi yang terjadi dengan customer tentunya akan memengaruhi customer experience yang dirasakan oleh customer tersebut.

Nah, jadi apakah kamu sudah paham mengenai customer touchpoints ini? Tentunya setiap bisnis dituntut untuk paham dan mengerti agar bisa menerapkannya dengan tepat.

Untuk kamu yang ingin tahu lebih lanjut tentang customer touchpoints ini bisa langsung download ebook terbaru dari Wappin yang membahas tentang customer touchpoint yah.

Jadi bagaimana menurut kamu tentang customer touchpoints ini? Apakah penting dan harus dimengerti oleh bisnis saat ini? Yuk komen pendapat kamu!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun