Touchpoints dalam customer journey menjadi hal yang cukup penting dan wajib diperhatikan oleh bisnis saat ini. Pemilihan touchpoints yang salah dapat menjadi masalah untuk bisnis tentunya.
Namun sebelum itu, ada baik kamu tahu lebih dahulu apa itu customer touchpoints yah. Secara sederhana dikutip dari Glints.com, touchpoints adalah semua tempat di saluran penjualan yang dipilih oleh penjual yang digunakan untuk berinteraksi dengan pembeli.Â
Penggunaan touchpoints ini sendiri oleh bisnis dapat dalam berbagai bentuk tergantung pada bisnis dan tahapan dalam customer journey itu sendiri.
Salah satu touchpoints yang bisa dimanfaatkan dalam customer journey dengan mudah adalah melalui WhatsApp Business Platform yah.
Kamu tentunya penasaran bukan bagaimana pemanfaatan WhatsApp Business Platform sebagai salah satu customer touchpoints? Berikut ini penjelasan lengkapnya!
Platform Komunikasi Telemarketing
Telemarketing sebagai salah satu touchpoint awal atau sebelum customer melakukan pembelian bisa dibantu dengan menggunakan WhatsApp Business Platform.
Dengan bantuan platform komunikasi ini, telemarketing agent bisa berkomunikasi lebih mudah dengan calon customer yang tertarik pada produk yang ditawarkan.
Komunikasi diawal tentunya menjadi cukup krusial untuk kedepannya karena tentu customer lebih senang mendapatkan telemarketing yang bisa merespon dengan cepat.
Salah satu keunggulan dari WhatsApp Business Platform ketika dijadikan sebagai platform komunikasi telemarketing adalah kecepatannya.
Memanfaatkan fitur chatbot, tentunya bisnis tidak perlu khawatir jika komunikasi yang masuk akan terabaikan lama atau pun tidak terbalas.
Dengan bantuan chatbot sendiri, komunikasi yang masuk bisa dibalas dalam hitungan detika sekalipun loh.
Platform Komunikasi Sales
Selain di touchpoint awal, WhatsApp Business Platform juga bisa dimanfaatkan dalam touchpoint lanjutan yaitu di komunikasi sales.
Biasanya komunikasi dengan sales akan terjalin selama masa pembelian dan ini cukup penting karena akan banyak pertanyaan dan juga produk knowledge yang harus customer tahu langsung dari sales person.
Hadirnya WhatsApp Business Platform sebagai platform komunikasi sales disini dapat sangat membantu tentunya. Dengan mudahnya membalas pesan customer dan mudahnya bisnis dijangkau menjadi salah satu alasan WhatsApp Business Platform sangat penting penggunaannya dalam touchpoints ini.
Platform Komunikasi Customer Service
Terakhir, hadirnya WhatsApp Business Platform sendiri sering digunakan sebagai platform komunikasi customer service.
Dimana tentunya customer service sering kali menjadi touchpoint akhir dari customer journey yang ada biasanya.
WhatsApp Business Platform yang dimanfaatkan sebagai platform customer tentunya tidak perlu diragukan lagi.Â
Fitur-fitur yang dimiliki bisa dibilang menjadi salah satu unggulan kenapa WhatsApp Business Platform sering dipilih bisnis sebagai platform komunikasi mereka loh.
Tentunya pemanfaatan WhatsApp Business Platform sebagai touchpoints dalam customer journey masih bisa dilakukan dalam berbagai macam selain contoh di atas.
Namun, untuk kali kita hanya akan membas ketiga contoh di atas tentang pemanfaatan WhatsApp Business Platform dalam menjadi touchpoint di customer journey.
Untuk kamu yang ingin tahu lebih lanjut tentang pemanfaatan WhatsApp Business Platform sebagai Customer Touchpoints bisa baca lebih lanjut melalui ebook Wappin yang terbaru.
Jadi kamu sudah paham bukan bagaimana pemanfaatan WhatsApp Business Platform sebagai customer touchpoints dalam customer journey  bukan?
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H