Mohon tunggu...
Kelvin
Kelvin Mohon Tunggu... Penulis - Penulis

Write About Fintech Update

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Chatbot AI Diprediksi Semakin Banyak Digunakan pada 2023

12 Desember 2022   23:04 Diperbarui: 12 Desember 2022   23:06 266
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Inovasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Penggunaan chatbot AI pada 2023 diprediksi akan semakin meningkat. Pasalnya fitur ini memang mulai optimal dan banyak digunakan bisnis pada 2022 serta mendapatkan respon cukup baik.

Pastinya kamu penasaran respon baik bagaimana yang dimaksud ini? Secara singkat, menurut berbagai data yang dikutip penggunaan chatbot ai saat ini mencapai 1,6 miliar percakapan pada 2022.

Peningkatan yang cukup besar dan massive menandakan bahwa chatbot mulai gemar digunakan dan diimplementasikan bisnis pada 2022 ini loh.

Selain itu, ini menjadi indikator bahwa pada 2023 mendatang, penggunaan chatbot AI akan semakin massive karena akan banyak bisnis berlomba-lomba untuk menyediakan layanan yang sama.

Tak hanya itu, tuntutan customer yang mulai terbiasa dengan hadirnya chatbot AI juga membuat bisnis harus bisa sesegara mungkin implementasikan penerapan chatbot AI ini di bisnis mereka.

Penerapan Chatbot AI dengan Mudah

Salah satu cara penerapan chatbot AI paling mudah yang dapat dilakukan oleh bisnis sendiri saat ini adalah melalui penyedia layanan yang ada atau pun melalui platform komunikasi yang sudah memiliki fitur chatbot.

Sebagai salah satu contoh platform komunikasi yang biasanya sudah menyediakana fitur chatbot sendiri adalah WhatsApp Business Platform Wappin yah.

Dimana fitur chatbot biasanya sudah masuk dalam layanan pengguna WhatsApp Business Platform untuk para bisnis tentunya. Sehingga mereka tidak perlu mencari layanan chatbot yang ada.

Penerapan chatbot pada WhatsApp Business Platform sendiri cukup sederhana dan mudah digunakan. Dimana pada chatbot ini, para pengguna hanya perlu memasukan kata kunci dan jawaban agar chatbot dapat menjawab chat yang masuk.

Secara sederhananya, chatbot yang sudah memiliki database ini akan menjawab pertanyaan customer atau calon customer yang menghubungi WhatsApp kamu dengan kata kunci yang dituliskan.

Jawaban pun sudah bisa kamu persiapkan sesuai kata kunci yah, sehingga jawaban akan otomatis terkirim oleh chatbot saat customer mengirimkan kata kunci tersebut.

Chatbot ini senidir bisa terus dikembangkan oleh bisnis seiring dengan berjalan waktunya. Hal ini karena tentunya pertanyaan akan terus bertambah dan bervariatif loh.

WhatsApp Business Platform

Pastinya setelah memabaca semua penjelasan di atas, kamu bertanya-tanya bagaimana agar bisnis bisa menggunakan platform komunikasi seperti WhatsApp Business Platform?

Jawabannya sendiri cukup mudah, saat ini di Indonesia penyedia layanan WhatsApp Business Platform sudah cukup banyak dengan berbagai variasi layanan yang ditawarkan.

Salah satu contoh penyedia layanan WhatsApp Business Platform yang ada di Indonesia saat ini adalah Wappin yang dimana mememiliki berbagai layanan yang bisa disesuaikan untuk bisnis kamu.

WhatsApp Business Platform sendiri bisa dibilang sebagai salah satu platform komunikasi yang memiliki kemampuan mempuni dan lengkap untuk bisnis saat ini.

Sehingga tidak heran, banyak bisnis saat ini menggunakan WhatsApp Business Platform sebagai platform komunikasi utama dalam bisnsi mereka yah!

Nah, jadi kamu sudah paham bukan bagaimana perkembangan chatbot dan semakin banyak digunakan pada 2023 mendatang? Jadi apakah bisnis kamu sudah menggunakan chatbot?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun