Best Practice Aksi Nyata Sosiologi: Media Pembelajaran dengan Model Cooperative Learning type Make a Match.
Menyusun cerita praktik baik (best practice) menggunakan metode star (situasi, tantangan, aksi, refleksi hasil dan dampak) terkait pengalaman mengatasi permasalahan siswa dalam pembelajaran lingkup pendidikan menengah atas di SMA Global Prestasi pada tanggal 13 Januari 2023.
Praktik baik ini sangat penting dibagikan karena media pembelajaran dengan fasilitas yang sudah mumpuni akan sangat menarik digunakan oleh peserta didik. Salah satu media pembelajaran yang menjadi praktik baik yaitu penggunaan Google Jamboard yang telah tersedia di aplikasi google.
Peran pendidik pada praktik baik ini sebagai konten kreator membuat lembar kerja peserta didik berbasis teknologi. Sesuai dengan TPACK maka media pembelajaran Google Jamboard menjadi salah satu yang terbaik untuk digunakan di kegiatan pembelajaran.
Identifikasi masalah berdasarkan observasi ditemukan antara lain:
- Dalam proses belajar perlunya media pembelajaran yang inovatif.
- Peserta didik kurang dapat melakukan kolaborasi dalam kegiatan pembelajaran.
- Kurang bijaknya peserta didik dalam menggunakan gawai untuk keperluan belajar sehingga perlu dikenalkan aplikasi berbasis teknologi.
Tantangan dalam mencapai tujuan tersebut antara lain;
- Keseriusan peserta didik dalam menggunakan gawai dinilai masih kurang bijak, namun sudah lebih baik ketimbang ketika tidak sama sekali menggunakan media pembelajaran.
- Dukungan fasilitas internet dinilai sangat vital dalam keberlangsungan tujuan ini, namun saat kegiatan ini berlangsung internet lancar tanpa adanya kendala.
- Ketersediaan dukungan gawai untuk masing-masing kelompok agar bentuk kolaborasi antar peserta didik dapat berjalan dengan lancar.
- Kerjasama antar peserta didik dalam satu kelompok belajar dinilai menjadi tantangan karena model pembelajaran yang dipilih adalah cooperative learning tipe make a match yang mengutamakan kerjasama peserta didik untuk menyelesaikan tugas lembar kerja kelompok.
Tantangan ini tentu perlu keterlibatan dari pihak-pihak, yaitu:
- Pihak sekolah PPL di SMA Global Prestasi meliputi kepala sekolah dan wakasek kurikulum atas izin pelaksanaan PPL Aksi Nyata tersebut. Dukungan dari facility support yang membantu menyediakan internet dan sarana pembelajaran.
- Pihak instruktur PPG Daljab meliputi dosen dan guru pamong atas masukan dan pengarahan kegiatan PPL Aksi Nyata tersebut. Serta teman-teman guru di PPG Daljab Kelompok D Sosiologi yang saling memberi masukan dalam diskusi diruang kolaborasi.
- Peserta didik kelas 11 sebagai kelas terlaksananya PPL Aksi Nyata tersebut.
Langkah-langkah dalam menghadapi tantangan tersebut:
Tahap Persiapan
- Menentukan alternatif solusi dari identifikasi masalah berupa pemilihan model. pembelajaran dan media pembelajaran
- Memilih materi dan kelas yang akan digunakan untuk aksi nyata.
- Merancang RPP dengan model pembelajaran dan media pembelajaran.
- Merancang bahan ajar peserta didik.
- Merancang lembar kerja peserta didik.
- Merancang instrumen penilaian.
Tahap Pelaksanaan
- Proses pembelajaran dilaksanakan hari Jumat, 13 Januari 2023 di kelas 11-3.
- Materi yang disampaikan adalah Perbedaan dan kesetaraan yang mencakup stratifikasi sosial, diferensiasi sosial, dan status sosial.
- Model pembelajaran cooperative learning tipe make a match dan media pembelajaran Google Jamboard
- Instrumen penilaian terdiri dari pengetahuan dan keterampilan. Pengambilan nilai pengetahuan berupa postest yang dilaksanakan di akhir pertemuan sedangkan penilaian keterampilan dilaksanakan disaat penyajian hasil kerja kelompok dapat dilihat dari LKPD Google Jamboard.
- Adapun detail sintak pembelajaran adalah sebagai berikut;
- Fase 1: Menyajikan informasi dan instruksi kerja kelompok
- Fase 2: mengorganisir pembentukan kerja kelompok secara terdiferensasi
- Fase 3: pendampingan kelompok dan diskusi kolabrasi antaranggota kelompok
- Fase 4: penyajian hasil kerja kelompok yang ditampilkan dan direfleksikan di kelas.
Tahap evaluasi
Berdasarkan hasil postest dapat dianalisis bahwa;
- Peserta didik dapat menentukan status sosial seseorang
- Peserta didik dapat menunjukkan sikap multikultural
- Peserta didik membedakan stratifikasi dan diferensiasi
Hasil dari langkah-langkah model pembelajaran cooperative learning tipe make a match dan media pembelajaran Google Jamboard sangat efektif karena dapat meningkatkan kolaborasi antar peserta didik bagi mereka ini merupakan hal yang sangat inovatif dan menyenangkan.
Faktor keberhasilan dari strategi pembelajaran ini menenkankan pada student based learning dimana guru bukan mendominasi dalam kegiatan pembelajaran melainkan sebagai fasilitator pembelajaran.
Secara keseluruhan dapat diambil kesimpulan bahwa kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe make a match dan media pembelajaran Google Jamboard dapat meningkatkan hasil belajar dan tingkat kolaborasi yang tinggi.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H