Mohon tunggu...
Sofi rahayu
Sofi rahayu Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswi

-jangan pernah menyerah-

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Efektivitas Penggunaan Media Sosial Tiktok sebagai Platform Pemasaran Digital

30 Juni 2024   17:09 Diperbarui: 30 Juni 2024   17:25 60
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pemasaran

Menurut Tjiptono & Anastasia (2020), mendefinisikan pemasaran merupakan proses menciptakan, mendistribusikan, mempromosikan, dan menetapkan harga barang, jasa dan gagasan untuk memfasilitasi relasi pertukaran yang memuaskan dengan para pelanggan dan untuk membangun dan mempertahankan relasi yang positif dengan para pemangku kepentingan dalam lingkungan yang dinamis.

Pemasaran Digital

Rob Thompson (2023) mengemukakan bahwa pemasaran digital adalah penggunaan teknologi digital serta perangkat yang didukung oleh koneksi internet untuk mencapai target pemasaran. Jadi, definisi digital marketing dapat disimpulkan sebagai kegiatan pemasaran yang kemudian melibatkan penggunaan jaringan serta teknologi digital untuk mencapai tujuan pemasaran tertentu. Kini, berbagai perusahaan mulai menerapkan sistem berbasis internet dalam menjangkau pelanggan secara lebih luas. Hal ini bukan tanpa alasan karena sudah banyak orang yang berbelanja menggunakan internet atau belanja online. Bahkan, pengguna Internet yang mencapai 59,5% di seluruh dunia juga turut memicu pertumbuhan platform e-commerce serta transaksi online lainnya.

Pemasaran digital adalah strategi pemasaran yang efektif dan efisien untuk menjangkau konsumen di era digital. Dengan menggunakan teknologi digital dan internet, perusahaan dapat membangun dialog interaktif, terpersonalisasi, dan terukur dengan konsumen, serta meningkatkan peluang untuk mencapai tujuan pemasaran.

Jenis-Jenis Pemasaran Digital

1. Konten Marketing : Konten Marketing merupakan salah satu jenis digital marketing yang pada penciptaan dan pendistribusian konten untuk target pasar yang di tuju, pelanggan potensial atau pengunjung. Tujuannya adalah menarik aksi menguntungkan dari pelanggan atau customer sehingga pada akhirnya terjadi penjualan atau closing buah dari konten yang diberikan. Contoh content marketing antara lain adalah pada postingan website atau blog, video, podcast, dan masih banyak lagi.

2. Search Engine Optimization  (SEO) : Search Engine Optimization adalah ilmu wajib yang harus dikuasai oleh para advertiser atau digital marketer karena dengan ini konten marketing yang telah kita buat seperti konten di sosial media, di website, di Youtube dan sebagainya dapat masuk ke daftar pencarian teratas di web pencarian Google atau web pencarian lain. Search Engine Optimization atau SEO adalah tindakan atau praktik untuk mengoptimalkan website agar bisa muncul di halaman pertama mesin pencari.

3. Search Engine Marketing (SEM) : Jika SEO merupakan teknik organik tanpa bayar, maka SEM merupakan versi berbayar nya. Search Engine Marketing (SEM) adalah salah satu strategi digital marketing yang digunakan untuk meningkatkan visibilitas sebuah website pada hasil mesin pencarian, SEM atau Search Engine Marketing merupakan strategi marketing berbayar yang bertujuan untuk meningkatkan visibilitas website di hasil pencarian seperti Google, Yahoo, dan Bing. Jika kita mencari sesuatu di Google dan dilihat pada URL dari hasil pencarian Google terdapat tanda "Ad'". Hal ini menandakan bahwa website tersebut menggunakan Paid Search Google Adwords dimana Google akan meletakan website tersebut pada halaman teratas hail pencarian.

4. Social Media Marketing : Secara sederhana Social Media Marketing mengacu pada penggunaan platform media sosial untuk menarik pelanggan contohnya seperti Instagram, Twitter, TikTok, Shopee, Tokopedia dan sebagainya. Dengan menggunakan sosial media, dapat membangun hubungan harmonis dengan pelanggan, Social Media Marketing meliputi mendengarkan keluhan pelanggan, memulai percakapan dengan mereka, dan berbagi informasi.

 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun