SosBud | Membandingkan Partisan Partai Politik Dengan Pendukung Kesebelasan Sepakbola Di Indonesia
Soetiyastoko
Pendukung atau penggemar sepakbola adalah pasar bagi industri, mereka adalah kandidat konsumen bagi iklan-iklan.
Baik yang berupa logo dan slogan promosi produk yang ditampilkan di stadion, di kaos pemain, di spanduk-spanduk.
Termasuk yang disisipkan di tayangan media cetak, radio, televisi dan aplikasi virtual lainnya.
Sepakbola, tak terbantahkan adalah salah satu lokomotif penarik gerbong iklan yang luar biasa.
Di sisi lain, iklan juga terbukti bagian dari sumber kehidupan sebuah tim sepakbola.
Termasuk bisa jadi sumber keuntungan bagi pemilik kesebelasan. Selain dari penjualan ticket penonton di stadion.
Sementara itu partai politik dan ulah para politisi-nya, adalah sumber berita bagi berbagai plaform media jurnalistik.
Memberitakan tayangan seputar partai politik dan politisi. Memberikan dua efek. Satu sisi bagi partai dan politisi yang sangat membutuhkan publikasi agar tetap bergaung dikalangan pendukung, supaya tetap populer. Serta bermanfaat mempertahankan soliditas pendukung. Dari upaya perebutan pihak lain.
Syukur bila dapat berdampak positif, yaitu menambah simpatisan atau pendukung partai dan para kader.
Sementara itu bagi pemilik media, sudah tentu berita politik, talkshow politik adalah lokomotif iklan.