Mohon tunggu...
SMPN Satu Atap Mesoyi
SMPN Satu Atap Mesoyi Mohon Tunggu... Lainnya - Program Sekolah Penggerak Angkatan III Tahun 2023

Sekolah Ramah Anak

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Best Practice Menentukan Bentuk Ekuivalen dan Menyelesaikan Model Matematika dengan Model Pembelajaran Project Based Learning

2 Januari 2024   09:03 Diperbarui: 2 Januari 2024   09:07 385
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Lokasi                                            :    SMP Satu Atap Mesoyi Talun Kabupaten Pekalongan

Lingkup Pendidikan                :    Sekolah Menengah Pertama

Tujuan yang ingin dicapai    :    Peserta didik dapat menentukan bentuk ekuivalen dan    menyelesaikan model matematika yang berkaitan dengan materi Persamaan Linear Satu Variabel dengan model pembelajaran Project Based Learning

Penulis                                           :    Nity Rachmiwaty, S.Pd

A. SITUASI

Faktor penyebab rendahnya atau kurangnya pemahaman peserta didik terhadap konsep matematika, salah satu diantaranya adalah metode pembelajaran yang digunakan oleh pengajar, misalnya dalam pembelajaran yang beroreintasi pada pendekatan tradisional yang menempatkan peserta didik dalam proses belajar mengajar sebagai pendengar.

(Tasya Nabillah dan Agung Prasetyo Abadi, Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar.   Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 2019)

https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/v iew/2685

Kemampuan pemahaman konsep berperan besar dalam menentukan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Dengan dimilikinya kemampuan ini oleh siswa maka akan memudahkan dalam mempelajari dan menyelesaikan masalah matematika. Dalam kegiatan pembelajaran matematika hendaknya menekankan pada kegiatan yang dapat meningkatkan pemahaman konsep agar siswa memiliki kemampuan dasar yang baik untuk mencapai kemampuan matematis lainnya seperti penalaran, komunikasi, koneksi danpemecahan masalah.Proses pembelajaran di dalam kelas dengan mengarahkan anak pada kemampuan cara menggunakan rumus, menghafal rumus, matematika hanya untuk mengerjakan soal, jarang diajarkan untuk menganalisis dan menggunakan matematika dalam kehidupan sehari-hari kurang mendorong anak untuk mengembangkan kemampuan berpikirnya (Kiki Nia Sania Effendi,2017)

Jenis-jenis   kesalahan   siswa   dalam   mengidentifikasi   dan menyelesaikan  soal  cerita  matematika  materi  Persamaan Linear Satu Variabel yaitu bahwa siswa dengan kemampuan rendah melakukan kesalahan konsep, prinsip, keterampilan dan juga fakta. Siswa dengan kemampuan sedang melakukan kesalahan  prinsip,  keterampilan  dan  fakta.  Siswa  dengan kemampuan tinggi melakukan kesalahan prinsip yaitu tidak dapat mengubah soal cerita ke dalam model matematika. (Siti Adinda Ratnamutia, Heni Pujiastuti, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Analisis Kesulitan Siswa SMP Dalam Mengidentifikasi dan Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan Linear Satu variabel, 2020) https://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/didaktis/article/view/4785

Berdasarkan pengamatan penyebab kurangnya pemahaman materi peserta didik diantaranya minat peserta didik dalam mengikuti pembelajaran masih rendah, peserta didik beranggapan bahwa matematika mata pelajaran sulit, pengetahuan awal peserta didik masih rendah, rendahnya pemahaman konsep peserta didik, Peserta didik kurang mempelajari materi sebelumnya yang telah diberikan, guru belum maksimal penerapkan model pembelajaran inovatif.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun