Mohon tunggu...
suryansyah
suryansyah Mohon Tunggu... Editor - siwo pusat
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

warga depok paling pinggir, suka menulis apa saja, yang penting bisa bermanfaat untuk orang banyak. Email: suryansyah_sur@yahoo.com, siwopusat2020@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Menunggu Matahari di Wina

24 Mei 2021   20:55 Diperbarui: 24 Mei 2021   21:37 215
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
keesoktisan kota Wina, Austria, foto brilio.net

SEBOTOL bir menemani langkah saya dari Zurich ke Wina. Bukan mau gaya-gayaan seperti suporter bule yang doyan mabuk. Saya hanya sekadar menghangatkan badan. Pun berharap bisa tidur sepanjang perjalanan 12 jam dengan kereta. Apalagi di Kota Zurich, Swiss,  maupun di badan kereta dinginnya cukup menusuk tulang.

Alamaaak...saya malah terjaga. "Dasar urat melayu," saya menggerutu. Mondar-mandir ke toilet buang air kecil. Ngerinya, di gerbong kelas satu hanya seorang diri. Khawatir tas saya yang berisi laptop raip. Tapi, saya coba meyakinkan diri, pasti aman. Apalagi di kereta cepat ICE itu keamanan cukup aktif bola-balik.

Seperti biasa,  saya mencoba bikin tulisan di kereta. Saya ingin membuat laporan hasil wawancara dengan Ricardo Carvalho yang saya temui saat sesi latihan Portugal jelang duel kedua dengan Rep. Ceko.

Sialnya, getaran kereta menghantam konsentrasi saya. Kontan kepala saya pusing, mungkin karena bir Carlberg. Perlahan-lahan, saya pun tertidur. Lumayan.

"Paspor please!" seru polisi membangunkan saya di perbatasan Swiss-Austria. 

Memasuki kota Salzburg, seorang wartawan Inggris bernama Mark Lyloid masuk dan membuka percakapan. "Saya sebenarnya meliput setengah hati, karena tak ada tim Inggris di sini," ungkapnya.

Koran Inggris menurutnya tak terlalu jor-joran mengkover Euro 2008. Meskipun tak sedikit wartawan Inggris yang datang ke Swiss-Austria. Saya hanya bisa mengamini, karena saya datang dari negara yang prestasi sepakbolanya kering. Tapi, saya yakinkan Mark bahwa fanatisme masyarakat Indonesia terhadap sepakbola tak kalah tingginya dengan hooligans.

Ah...lupakan soal itu. Saya harus memanfaatkan waktu membuat laporan ke kantor. Tapi, lagi-lagi kepala saya pening saat memasuki beberapa paragraf tulisan. Perut pun terasa mual karena sejak hari pertama mendarat di sini, saya tak ketemu nasi. Padahal, saya bawa beras dan kopernya saya titipkan di apartemen seorang teman di Wina.

Persis jam 03.00 waktu setempat (08.00 pagi) WIB, saya tiba di Wina. Alamaaak... sepi banget kaya kuburan. Hanya segelintir  orang yang tidur-tidur. Mungkin mereka mau pergi ke luar kota.

Berbeda dengan Zurich pada saat yang sama, banyak orang berkeliaran. Pola mereka pun aneh-aneh, ada yang bernyanyi, mabuk karena alkohol, kissing-kissing dan berbagai macam aktivitas. Tapi, saya merasa nyaman.

Di Wina, tak ada pilihan buat saya selain menunggu matahari datang. Karena kereta U-bahn (jabotabek) baru bergerak jam 05.00 pagi. Saya tak berani keluar stasiun, karena anginnya tak bersahabat dengan badan saya. Meskipun saya sudah pakai baju plus jaket tiga lapis.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun