Mohon tunggu...
Siti Pujia
Siti Pujia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Blogger

Antropologi Budaya UGM'20

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Perjuangan Ribut Eugh Memberdayakan Warga Ngurak-Urak dengan Sanggar Lumbung Kawruh

8 Juni 2023   22:27 Diperbarui: 8 Juni 2023   22:54 216
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Matahari bersinar terik ketika aku berkunjung ke Sanggar Lumbung Kawruh di Ngurak-Urak, Petir, Rongkop, Gunungkidul. Sebelumnya aku telah membuat janji dengan Mas Ribut, yang tak lain adalah perintis dari sanggar ini. Perjalanan terasa cukup menyenangkan ketika pemandangan kota Jogja perlahan berubah menjadi dataran Bumi Gunungkidul. Apalagi setelah sampai di Rongkop. Pemandangan alamnya membawaku seperti melewati bukit-bukit teletubies. Sepintas aku berpikir, tak harus naik gunung untuk menikmati pemandangan bukit teletubies, cukup datanglah ke Rongkop dan nikmati pemandangan alamnya.

Setelah sampai di sanggar, aku tertegun. Bukan karena kemewahan, tapi kesederhanaannya seakan sudah memberitahu romantisme segala aktivitas di sanggar ini. Meskipun tidak sepenuhnya permanen, bangunannya sudah menunjukkan kesan estetik, menurutku. Setelah masuk, lagi-lagi aku tertegun. Rak-rak buku berjajar rapi, lukisan-lukisan besar, papan-papan yang sudah terukir untuk desain sablon cukil, papan tulis, ruang baca, serta ruang jagongan yang dialasi karpet hijau. Kondisi seperti itu seakan juga telah memberitahu bagaimana kehangatan Sanggar Lumbung Kawruh.

"Beginilah kondisi sanggar kami mbak. Tempat untuk 'sinau sareng-sareng'. Ya sederhana, tapi kami nyaman di sini", ujar Mas Ribut setelah mempersilahkan aku duduk.

Mas Ribut, dengan nama panggung Ribut Eugh, dan nama lengkap Ribut Subronto. Beliau adalah seniman asal Ngurak-Urak, Petir, Rongkop. Beliau juga seorang vokalis band genre reggae yang terkenal di Gunungkidul, yaitu Mbako Ijo. Laki-laki berumur 40an tahun dengan rambut gimbal panjang terlihat mengerikan dari luar, jika boleh aku bilang mirip limbat, tapi ternyata beliau berhati lembut dan memiliki spirit luar biasa. Nama Mas Ribut menjadi semakin kondang karena keberhasilannya membangun Sanggar Lumbung Kawruh.

Menurutku, Mas Ribut adalah sosok keren yang harus dikenalkan ke masyarakat luas. Karena cerita dan perjuangan beliau sungguh luar biasa, serta dapat memotivasi kita semua untuk lebih peka terhadap pembangunan di lingkungan tempat tinggal.

Gerakan beliau dimulai saat dulu touring bersama kawan-kawan komunitas vespa tepatnya saat sampai di daerah Baleraja, Tangerang. Mereka memiliki basecamp di sebuah gedung bekas perpustakaan. Suatu hari, di pagi yang cerah mereka mendengar suara anak perempuan berseragam sekolah menangis sendirian. Kemudian mereka menghampiri anak itu, lalu bertanya. Anak itu bercerita, bahwa dia telah berjalan jauh untuk sampai ke lokasi tersebut untuk membaca buku, tanpa ia ketahui bahwa perpusatakaan sudah pindah. Kemudian, Mas Ribut dan kawan-kawan mengantarkan anak itu sampai ke perpustakaan yang baru. Momen itulah yang membuat Mas Ribut dan kawan-kawan merasa trenyuh.

"Kejadian itu meluluhkan hati saya, seorang anak dengan spiritnya rela berkorban demi membaca buku di perpustakaan. Kemudian, saya bilang ke kawan-kawan, 'kita ini sudah lama touring kemana-mana, tapi kita belum pernah melakukan sesuatu yang bermanfaat buat orang lain'. Dari situ kemudian saya bersama kawan-kawan berusaha membuat suatu rumah baca di daerah sana. Prosesnya sangat panjang dan tidak mudah. Hingga akhirnya kami berhasil membuat Taman Baca Masyarakat Baleraja di kolong fly-over", cerita Mas Ribut terkait motivasi awalnya untuk membangun rumah baca.

Singkat cerita, pada tahun 2014 Mas Ribut memulai gerakannya di Ngurak-Urak, kampung halamannya. Awalnya juga berangkat dari perkataan seorang teman ketika Mas Ribut pulang kampung dari Tangerang.

"But kamu itu ngapain? Di tempat orang lain kamu seperti itu, 'ngapik-apikke', berbuat baik. Sedangkan di kampung, rumah kamu sendiri malah kamu biarkan", ujar Mas Ribut sembari memperagakan kawannya yang berkata demikian kepada beliau.

"Jujur saya itu lebih suka bergerak atau melakukan sesuatu di luar daripada di lingkungan rumah sendiri. Karena saya merasa bahwa saya lebih dihargai di dunia luar daripada di rumah sendiri. Tetapi, semenjak ada kawan saya berkata demikian, sontak hal itu membuat saya sadar. Dan ternyata anggapan saya selama ini bahwa saya kurang dihargai di lingkungan rumah ternyata hanya sugesti karena saya takut jika tidak dihargai di tempat sendiri", tutur Mas Ribut yang membuatku kagum akan kesadaran beliau untuk memulai gerakannya di Ngurak-Urak.

Awal mula berdirinya Sanggar Lumbung Kawruh dengan memanfaatkan lumbung dusun yang mangkrak di belakang balai dusun. Tempat itu dipinjami oleh padukuhan. Mas RIbut dengan senang hati menerima bantuan itu, meskipun minimalis tetapi bisa digunakan. Antusias kawan-kawan desa dan anak-anak berhasil mengubah lumbung mangkrak menjadi sebuah taman baca.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun