I. LATAR BELAKANG
Pendidikan adalah sebuah tuntunan dalam hidup dan tumbuh kembang anak. Setiap anak memiliki kekuatan dirinya sendiri, memiliki pengalaman dan kekayaan. Pendidikan haruslah membimbing dan menguatkan apa yang ada di dalam diri setiap anak agar dapat memperbaiki tingkah lakunya, cara hidupnya dna pertumbuhannya. Dalam proses menuntut, anak diberi kesempatan seluas-luasnya untuk mengembangkan potensi bakat dan minatnya sebagai inndividu yang unik.
Budaya positif adalah nilai-nilai, keyakinan-keyakinan, dan kebiasaan-kebiasaan di sekolah yang berpihak pada murid agar murid dapat berkembang menjadi pribadi yang kritis, penuh hormat, bertanggung jawab, dan berbudi pekerti luhur serta akhlak mulia.
Guru sebagai pamong dapat memberikan tuntunan agar anak dapat menemukan kemerdekaannya dalam belajar. Guru diharapkan memiliki nilai-nilai positif yang dibutuhkan untuk membentuk karakter pelajar Pancasila dengan memberi contoh dan melakukan pembiasaan yang konsisten di sekolah.
Dalam menciptakan budaya positif di sekolah dibutuhkan kolaborasi antar guru dan kepala sekolah, lingkungan masyarakat, dan tentunya dengan murid itu sendiri. Dengan diterapkannya budaya positif tersebut, diharapkan murid akan memiliki karakter yang kuat sesuai dengan karakter-karakter dalam profil pelajar Pancasila.
RENCANA AKSI NYATA
Rencana aksi nyata yang akan saya lakukan diantaranya mengimplementasikan konsep-konsep inti dalam modul Budaya Positif di lingkungan kelas dengan membuat keyakinan-keyakinan kelas yang berpihak pada murid melalui kesepakatan kelas serta melakukan kegiatan pengimbasan dengan membagikan pemahaman dan pengalaman dalam menerapkannya budaya positif secara langsung kepada rekan sejawat yaitu guru-guru SD Negeri Rajagaluh II dan Guru SD Negeri Rajagaluh I.
TUJUAN
Menumbuhkan karakter-karakter yang sesuai dengan karakter profil profil Pancasila melalui pembiasaan-pembiasaan baik.
Karakter yang diharapkan menjadi manusia dan anggota masyarakat untuk mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya, baik sebagai manusia maupun sebagai anggota nasyarakat.
Memfasilitasi murid untuk dapat menyampaikan aspirasinya dan melaksanakan keyakinan kelas yang telah disepakati dengan penuh tanggungjawab.
TOLAK UKUR
Murid dapat melaksanakan keyakinan yang telah disepakati dengan kesadaran diri dan terwujudnya pembiasaan-pembiasaan baik sehingga tercermin karakter profil pelajar Pancasila.
Murid terlibat aktif, mandiri, kreatif dan bertanggung jawab dalam belajar
Murid toleran, saling menghormati, dan saling menghargai
Murid peduli dalam mencintai diri sendiri dan orang lain
Murid peduli terhadap kebersihan lingkungan, Hidup sehat, berpakaian rapi dan bersih.
HASIL AKSI NYATA
Kegiatan membentuk keyakinan kelas melalui kesepakatan kelas membuat murid lebih bertanggung jawab pada keyakinan, serta menumbuhkan rasa percaya diri karena murid terlibat langsung dalam membuat keputusan dikelasnya.
Kegiatan pengimbasan kepada rekan sejawat membuat rekan sesama guru lebih memahami pentingnya menerapkan budaya positif juga dapat turut serta menciptakan budaya positif di kelasnya dan di lingkungan sekolah, agar terwujud lingkungan kelas dan lingkungan  sekolah yang aman, nyaman, dan menyenangkan.
RENCANA TINDAK LANJUT
Pada setiap tahun pelajaran baru  Saya akan membuat keyakinan kelas melalui kesepakatan kelas, dan berusaha memposisikan diri pada posisi control manager setiap kali menghadapi permasalahan dikelas ataupun di sekolah serta mengatasi permasalahan tersebut melalui segitiga restitusi.
DOKUMENTASI AKSI NYATA
- Foto dan Video kegiatan ketika memberikan penjelasan tentang budaya positif sekaligus bersama-sama membuat kesepakatan kelas
- Foto dan Video ketika melakukan kolaborasi dengan kepala sekolah serta ketika melaksanakan kegiatan membagikan pemahaman dan pengalaman dalam menerapkannya kepada rekan-rekan guru.
Â
Video Kegiatan  Chaneel Youtube Https://guru.kemendikbud.go.id/bukti-karya/video/159885
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H