Mohon tunggu...
Siti Sundari
Siti Sundari Mohon Tunggu... Guru - Guru Matematika, Pengajar Praktik ( PP) PGP Angkatan 5 dan PP Angkatan 9

Membentuk Masa Depan Melalui Ilmu dan Pengetahuan

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Tahap-tahap Pengembangan Materi Penguatan Numerasi dalam Pembelajaran Matematika

9 Juni 2024   00:27 Diperbarui: 9 Juni 2024   10:01 687
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pengembangan Aktivitas (Akker, dkk 2013)

Untuk meningkatkan numerasi siswa, guru dapat menekankan penalaran matematika dan pemecahan masalah matematika dalam kehidupan sehari-hari. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat diambil oleh guru untuk mencapai tujuan ini.

1. Tahap Pendahuluan: pengembangan kerangka konseptual atau teoritis untuk konten yang akan dikembangkan, analisis konteks dan kebutuhan, penelitian literatur;

2. Tahap Pembuatan Prototipe: desain dari prototipe awal sampai prototipe yang sudah valid dan praktis;

3. Tahap Asesmen: prototipe yang sudah valid dan berguna diujicobakan dalam satu kelas untuk mengetahui dampak yang mungkin dari aktivitas yang telah dibuat tersebut terhadap pengetahuan, sikap, dan keterampilan siswa.

Pada tabel 2.3, kriteria evaluasi yang berkaitan dengan tahapan dalam pengembangan dan penjelasan singkat dari masing-
masing tahapan diberikan.

Dok.pribadi:ig/sitisundarithea
Dok.pribadi:ig/sitisundarithea

Untuk tahap pengembangan prototipe, guru dapat mengikuti langkah-langkah praktis berikut ini.

1. Menentukan Konten Matematika Berdasarkan Kompetensi Dasar (KD)

Pada tahap ini, guru mempelajari KD untuk menentukan konsep utama dari kompetensi yang ingin dicapai, "pintu masuk" yang mungkin untuk konsep tersebut, dan model yang mendukung pembelajaran matematika. Identifikasi ini dapat dilakukan dengan mempelajari sifat materi matematika yang akan diajarkan, berbicara dengan guru lain, dan berdasarkan pengalaman mengajar siswa mereka sendiri. Selanjutnya, guru dapat menggunakan KD sebagai indikator pencapaian kompetensi dan tujuan pembelajaran.

2. Menentukan Konteks yang Sesuai

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun