Mohon tunggu...
Siti AlizatulFitriyaty
Siti AlizatulFitriyaty Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia

Saya memiliki minat terhadap perkembangan teknologi saat ini dengan mengimplemetasikan beberapa bidang teknologi seperti product management dan marketing

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Studi Independent Batch 3 : Pemasaran Produk Merchandise Kpop

15 Desember 2022   22:00 Diperbarui: 16 Desember 2022   09:36 416
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) angkatan 3 telah resmi dibuka. Program yang di kembangkan oleh Kemendikbud, Nadiem Anwar Makarim, selaku Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) menyatakan bahwa MSIB bekerja sama dengan mitra industri yang memiliki kredibilitas terjamin dan terpercaya. Sehingga, mahasiswa yang ingin mengikutinya mendapatkan benefit terkait ilmu yang tidak didapatkan ketika perkuliahan dengan didampingi oleh  mentoring atau bimbingan dari para ahli yang berpengalaman dibidangnya.

Banyaknya mitra yang berkolaborasi pada program ini,salah satunya NF Computer. NF COMPUTER dirintis sejak tahun 1994 dan merupakan sebuah lembaga di bidang pendidikan dan pelatihan IT (Information Technology). NF Computer memiliki misi yang berkomitmen menjadi partner perusahaan dalam mengembangkan kemampuan serta keahlian SDM di bidang IT sehingga melahirkan talent yang berkompeten.  Alumni-alumninya telah berkiprah dan diakui kualitas kerja dan integritasnya oleh dunia usaha.

whatsapp-image-2022-12-14-at-20-53-36-639bce8d43b73e1fc55790f2.jpeg
whatsapp-image-2022-12-14-at-20-53-36-639bce8d43b73e1fc55790f2.jpeg
NF computer terdiri beberapa kelas yang dibuka, Kelas yang banyak diminati ialah akademik digital marketing. Program Digital Marketing meliputi pembelajaran individu dan project akhir dalam bentuk tim. Pada pembelajaran individu, setiap peserta akan mengikuti kelas dalam bentuk online meeting. Peserta dapat berkonsultasi  dengan  expert  terkait materi yang dipelajarinya. Selain itu, setiap peserta akan memiliki pembimbing proyek dan dapat berkonsultasi jika peserta menemui kesulitan non-akademik dalam mengikuti pembelajaran maupun ketika mengerjakan proyek.

Peserta Studi Independent mendapat banyak wawasan baru tentang program ini dari mulai bagaimana merencanakan produk dengan melakukan riset terlebih dahulu dan menyampaikan informasi produk kepada pelanggan dengan memanfaatkan beberapa platform untuk media pemasaran produk. setiap hari mendapatkan ilmu baru tentang Digital Marketing dan teknologi digital, tidak hanya teori yang dipelajari tapi masih banyak hal lainnya seperti leadership, kolaborasi, Critical Thinking dan lain-lain.

Pada program ini juga kami dilatih dengan adanya tugas individu pada setiap harinya sehingga lebih mudah dipahami terkait materi pembelajaran. Sesuai kutipan yang menyebutkan  “terbentur terbentur lalu terbentuk” yang artinya seseorang yang sukses pasti melewati berbagai tantangan yang tidak mudah namun dari tantangan tersebut mendapatkan pelajaran baru yang berguna nantinya. Saya percaya bahwa menjadi hebat membutuhkan usaha dan kerja keras serta keuletan yang tinggi.

Pada final project peserta dibentuk secara tim untuk menerapkan terkait teori teori yang telah dipelajari dengan adanya project real. setiap tim memiliki tema berbeda beda terkait produknya. dan diakhir program akan melakukan sidang terkait pengerjaan final project. Berikut deskripsi singkat terkait final project yang telah dilakukan:

Tentang Produk

kelompok-2-final-project-digital-marketing-639bcef94addee12eb0000e2.jpg
kelompok-2-final-project-digital-marketing-639bcef94addee12eb0000e2.jpg
Ddumieyo merupakan sebuah bisnis store yang menawarkan beberapa merchandise K-Pop. Dengan tagline “Anything Can Do!” yang bermakna “bisa apa saja dan jika ingin order apapun sesuai dengan keinginan pelanggan akan diusahakan untuk ready stock”. Ddumieyo mempunyai target pasar yaitu mampu menjangkau seluruh Kpopers di Indonesia maupun di luar negeri dengan lebih merata. Produk yang dijual berupa Photocard, album,  lightstick,dll. 

Media Pemasaran

  • Media sosial

sosial-media-639bcf6a08a8b549cb1d58d2.png
sosial-media-639bcf6a08a8b549cb1d58d2.png

Saat ini, praktik penggunaan media sosial untuk pemasaran sudah mulai berkembang dan digunakan sebagai sarana strategis pemasaran produk untuk meningkatkan merek dan merek perusahaan. Singkatnya, pemasaran media sosial adalah pekerjaan departemen pemasaran atau hubungan masyarakat organisasi untuk membuat teks, gambar, video, grafik, atau posting di akun media sosial organisasi untuk mempromosikan barang atau jasa. Salah satunya pemasaran melalui media social instragram yang banyak diminati sebagai sarana komunikasi dan promosi. Pada produk merchandise kpop media sosial yang digunakan ialah instagram dan tiktok dengan memuat konten konten yang mendeskripsikan produk yang diperjual belikan. 

  • Website

sosial-media-1-639bcfd94addee3b3929c093.png
sosial-media-1-639bcfd94addee3b3929c093.png
Perancangan website Company profile sangat penting karena menjadi sumber utama informasi tentang perusahaan. Calon Pelanggan yang melihat profil perusahaan memiliki peluang untuk melakukan traksaksi ataupun bekerja sama di masa depan. Oleh karena itu, website company profile harus dioptimalkan sebaik mungkin. Sesuai dengan tujuan dari company profile itu sendiri, yakni meningkatkan kredibilitas perusahaan. Sesuai dengan tujuan dari produk ddumieyo ini perencanaan website untuk memberikan informasi sehingga munculnya awareness untuk mengetahui informasi lebih lanjut terdapat produk Ddumieyo seperti berisi promo diskon maupun produk yang ready stok. 
  • Marketplace

sosial-media-2-639bd00b08a8b56a745ffaf3.png
sosial-media-2-639bd00b08a8b56a745ffaf3.png

Marketplace Shopee banyak digunakan oleh para penjual maupun pembeli secara online yang banyak diminati dan digunakan, karena lebih memudahkan waktu dan meringankan biaya pengeluaran, sebab produk yang didagangkan bervariasi dan lengkap dari satu toko ke toko lain dan biasanya produk yang diinginkan mudah didapatkan di toko online yang menjual produk.

  • Email Marketing

sosial-media-3-639bd05143b73e0c5b532572.png
sosial-media-3-639bd05143b73e0c5b532572.png

Email marketing atau pemasaran surat elektronik ini membantu bisnis mengembangkan dan mempertahankan hubungan dengan pelanggan dari waktu ke waktu yang diharapkan menghasilkan peningkatan penjualan dan peningkatan loyalitas pelanggan.  dapat digunakan untuk membangun hubungan dengan pelanggan atau mengusir mereka. Pemasaran e-mail dapat membuat pelanggan di list (daftar) e-mail mengetahui produk baru, diskon, dan layanan lainnya. Ini juga bisa menjadi penjualan yang lebih lembut untuk mengedukasi calon pelanggan tentang nilai merek atau membuat mereka tetap terlibat di antara pembelian.

   Pemasaran produk merchandise Kpop memiliki banyak kekurangan terkait penerapan strategi yang direncanakan namun dengan mengikuti program MSIB memberikan peluang besar terutama bagi mahasiswa yang ingin menambahkan pengalaman, relasi serta wawasan terkait teknologi digital pada bidang marketing sesuai dengan visi misi dari NF Computer. 

"Sukses diraih oleh orang yang siap ketika kesempatan datang maka dari itu jangan sia siakan kesempatan tersebut"

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun