Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) angkatan 3 telah resmi dibuka. Program yang di kembangkan oleh Kemendikbud, Nadiem Anwar Makarim, selaku Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) menyatakan bahwa MSIB bekerja sama dengan mitra industri yang memiliki kredibilitas terjamin dan terpercaya. Sehingga, mahasiswa yang ingin mengikutinya mendapatkan benefit terkait ilmu yang tidak didapatkan ketika perkuliahan dengan didampingi oleh mentoring atau bimbingan dari para ahli yang berpengalaman dibidangnya.
Banyaknya mitra yang berkolaborasi pada program ini,salah satunya NF Computer. NF COMPUTER dirintis sejak tahun 1994 dan merupakan sebuah lembaga di bidang pendidikan dan pelatihan IT (Information Technology). NF Computer memiliki misi yang berkomitmen menjadi partner perusahaan dalam mengembangkan kemampuan serta keahlian SDM di bidang IT sehingga melahirkan talent yang berkompeten. Alumni-alumninya telah berkiprah dan diakui kualitas kerja dan integritasnya oleh dunia usaha.
Peserta Studi Independent mendapat banyak wawasan baru tentang program ini dari mulai bagaimana merencanakan produk dengan melakukan riset terlebih dahulu dan menyampaikan informasi produk kepada pelanggan dengan memanfaatkan beberapa platform untuk media pemasaran produk. setiap hari mendapatkan ilmu baru tentang Digital Marketing dan teknologi digital, tidak hanya teori yang dipelajari tapi masih banyak hal lainnya seperti leadership, kolaborasi, Critical Thinking dan lain-lain.
Pada program ini juga kami dilatih dengan adanya tugas individu pada setiap harinya sehingga lebih mudah dipahami terkait materi pembelajaran. Sesuai kutipan yang menyebutkan “terbentur terbentur lalu terbentuk” yang artinya seseorang yang sukses pasti melewati berbagai tantangan yang tidak mudah namun dari tantangan tersebut mendapatkan pelajaran baru yang berguna nantinya. Saya percaya bahwa menjadi hebat membutuhkan usaha dan kerja keras serta keuletan yang tinggi.
Pada final project peserta dibentuk secara tim untuk menerapkan terkait teori teori yang telah dipelajari dengan adanya project real. setiap tim memiliki tema berbeda beda terkait produknya. dan diakhir program akan melakukan sidang terkait pengerjaan final project. Berikut deskripsi singkat terkait final project yang telah dilakukan:
Tentang Produk
Media Pemasaran
- Media sosial
Saat ini, praktik penggunaan media sosial untuk pemasaran sudah mulai berkembang dan digunakan sebagai sarana strategis pemasaran produk untuk meningkatkan merek dan merek perusahaan. Singkatnya, pemasaran media sosial adalah pekerjaan departemen pemasaran atau hubungan masyarakat organisasi untuk membuat teks, gambar, video, grafik, atau posting di akun media sosial organisasi untuk mempromosikan barang atau jasa. Salah satunya pemasaran melalui media social instragram yang banyak diminati sebagai sarana komunikasi dan promosi. Pada produk merchandise kpop media sosial yang digunakan ialah instagram dan tiktok dengan memuat konten konten yang mendeskripsikan produk yang diperjual belikan.
- Website
- Marketplace
Marketplace Shopee banyak digunakan oleh para penjual maupun pembeli secara online yang banyak diminati dan digunakan, karena lebih memudahkan waktu dan meringankan biaya pengeluaran, sebab produk yang didagangkan bervariasi dan lengkap dari satu toko ke toko lain dan biasanya produk yang diinginkan mudah didapatkan di toko online yang menjual produk.
- Email Marketing
Email marketing atau pemasaran surat elektronik ini membantu bisnis mengembangkan dan mempertahankan hubungan dengan pelanggan dari waktu ke waktu yang diharapkan menghasilkan peningkatan penjualan dan peningkatan loyalitas pelanggan. dapat digunakan untuk membangun hubungan dengan pelanggan atau mengusir mereka. Pemasaran e-mail dapat membuat pelanggan di list (daftar) e-mail mengetahui produk baru, diskon, dan layanan lainnya. Ini juga bisa menjadi penjualan yang lebih lembut untuk mengedukasi calon pelanggan tentang nilai merek atau membuat mereka tetap terlibat di antara pembelian.
Pemasaran produk merchandise Kpop memiliki banyak kekurangan terkait penerapan strategi yang direncanakan namun dengan mengikuti program MSIB memberikan peluang besar terutama bagi mahasiswa yang ingin menambahkan pengalaman, relasi serta wawasan terkait teknologi digital pada bidang marketing sesuai dengan visi misi dari NF Computer.
"Sukses diraih oleh orang yang siap ketika kesempatan datang maka dari itu jangan sia siakan kesempatan tersebut"
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H