Mohon tunggu...
Siti Aisyah Nurfatimah
Siti Aisyah Nurfatimah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa, Universitas Pendidikan Indonesia

-

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa Sekolah Dasar Melalui Kegiatan Pojok Baca

5 Juni 2023   02:42 Diperbarui: 5 Juni 2023   06:14 346
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Pada saat kita mendengar kata literasi, maka hal pertama yang terlintas adalah kegiatan membaca dan menulis. Membaca merupakan salah satu kebutuhan yang harus dimiliki bagi setiap individu, karena dalam aktivitas sehari-hari kita memerlukan keterampilan ini, baik untuk mengetahui suatu informasi maupun untuk menambah wawasan kita. Kegiatan membaca memiliki berbagai macam manfaat, yaitu mampu meningkatkan pemahaman kosakata baru, meningkatkan kemampuan berpikir, serta mampu meningkatkan kreativitas, Faiz dkk (2022).

Kegiatan pojok baca merupakan kegiatan membaca yang dilakukan disalah satu sudut ruang sekolah. Kegiatan ini memanfaatkan sudut ruangan sekolah sebagai tempat membaca siswa, untuk meningkatkan kemampuan literasinya. Pelaksanaan kegiatan ini diharapkan bisa menarik minat dan kemampuan literasi siswa untuk lebih baik lagi, terkhusus di SDN Jatinangor. SDN Jatinangor merupakan salah satu sekolah dasar yang terletak di Desa Sayang Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang.

Dokumen Pribadi
Dokumen Pribadi

Pelaksanaan kegiatan pojok baca di SDN Jatinangor dilakukan setiap hari senin. Kegiatan ini merupakan program kolaborasi antara mahasiswa MBKM Prodi PGSD UPI Kamda Cibiru dengan pihak sekolah. Namun, fokus utama kegiatan pojok baca ini kepada siswa siswi di SDN Jatinangor yang masih belum bisa membaca maupun membaca dengan mengeja. Dari keseluruhan jumlah murid di SDN Jatinangor tercatat ada 19 orang siswa yang belum bisa membaca ataupun membaca dengan mengeja. Secara rinci data siswa tersebut ialah; 1) Di kelas I terdapat 6 siswa; 2) Di kelas II terdapat 3 siswa; 3) Di kelas III terdapat 6 siswa; 4) Di kelas IV tercatat 0 siswa; 5) Di kelas V terdapat 2 siswa; dan 6) Di kelas VI terdapat 2 siswa. Untuk siswa siswi yang sudah lancar membaca mereka melakukan kegiatan pojok baca di kelas masing-masing dengan dibimbing oleh wali kelasnya masing-masing.

Dokumen Pribadi
Dokumen Pribadi

Menurut Husna (2020), ia menyampaikan bahwa kegiatan pojok baca ini tentunya memiliki berbagai macam manfaat, diantaranya:

  • Mampu meningkatkan kemampuan membaca siswa.
  • Menambah pengetahuan dan wawasan baru bagi peserta didik.
  • Pembentukan nilai karakter.

Dokumen Pribadi
Dokumen Pribadi

Dalam pelaksanaannya siswa diajak untuk membaca buku sambil dibimbing oleh guru maupun mahasiswa. Buku yang dibaca siswa sangat bervariasi, seperti buku dasar kemampuan membaca, majalah anak, komik, novel anak, serta kartu huruf dan abjad yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa.

DAFTAR PUSTAKA

Faiz, A. (2022). Pemanfaatan Pojok Baca dalam Menanamkan Minat Baca Siswa Kelas 3 di SDN 1 Semplo. Jurnal Lensa Pendas, 7(1), 58-66.

Husna, Z. (2020). Pemanfaatan Pojok Baca Kelas dalam Peningkatan Gerakan Literasi Sekolah. Ecodunamika, 3(2).

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun