Pada saat kita mendengar kata literasi, maka hal pertama yang terlintas adalah kegiatan membaca dan menulis. Membaca merupakan salah satu kebutuhan yang harus dimiliki bagi setiap individu, karena dalam aktivitas sehari-hari kita memerlukan keterampilan ini, baik untuk mengetahui suatu informasi maupun untuk menambah wawasan kita. Kegiatan membaca memiliki berbagai macam manfaat, yaitu mampu meningkatkan pemahaman kosakata baru, meningkatkan kemampuan berpikir, serta mampu meningkatkan kreativitas, Faiz dkk (2022).
Kegiatan pojok baca merupakan kegiatan membaca yang dilakukan disalah satu sudut ruang sekolah. Kegiatan ini memanfaatkan sudut ruangan sekolah sebagai tempat membaca siswa, untuk meningkatkan kemampuan literasinya. Pelaksanaan kegiatan ini diharapkan bisa menarik minat dan kemampuan literasi siswa untuk lebih baik lagi, terkhusus di SDN Jatinangor. SDN Jatinangor merupakan salah satu sekolah dasar yang terletak di Desa Sayang Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang.
Pelaksanaan kegiatan pojok baca di SDN Jatinangor dilakukan setiap hari senin. Kegiatan ini merupakan program kolaborasi antara mahasiswa MBKM Prodi PGSD UPI Kamda Cibiru dengan pihak sekolah. Namun, fokus utama kegiatan pojok baca ini kepada siswa siswi di SDN Jatinangor yang masih belum bisa membaca maupun membaca dengan mengeja. Dari keseluruhan jumlah murid di SDN Jatinangor tercatat ada 19 orang siswa yang belum bisa membaca ataupun membaca dengan mengeja. Secara rinci data siswa tersebut ialah; 1) Di kelas I terdapat 6 siswa; 2) Di kelas II terdapat 3 siswa; 3) Di kelas III terdapat 6 siswa; 4) Di kelas IV tercatat 0 siswa; 5) Di kelas V terdapat 2 siswa; dan 6) Di kelas VI terdapat 2 siswa. Untuk siswa siswi yang sudah lancar membaca mereka melakukan kegiatan pojok baca di kelas masing-masing dengan dibimbing oleh wali kelasnya masing-masing.
Menurut Husna (2020), ia menyampaikan bahwa kegiatan pojok baca ini tentunya memiliki berbagai macam manfaat, diantaranya:
- Mampu meningkatkan kemampuan membaca siswa.
- Menambah pengetahuan dan wawasan baru bagi peserta didik.
- Pembentukan nilai karakter.
Dalam pelaksanaannya siswa diajak untuk membaca buku sambil dibimbing oleh guru maupun mahasiswa. Buku yang dibaca siswa sangat bervariasi, seperti buku dasar kemampuan membaca, majalah anak, komik, novel anak, serta kartu huruf dan abjad yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa.
DAFTAR PUSTAKA
Faiz, A. (2022). Pemanfaatan Pojok Baca dalam Menanamkan Minat Baca Siswa Kelas 3 di SDN 1 Semplo. Jurnal Lensa Pendas, 7(1), 58-66.
Husna, Z. (2020). Pemanfaatan Pojok Baca Kelas dalam Peningkatan Gerakan Literasi Sekolah. Ecodunamika, 3(2).
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H