Mohon tunggu...
SISKA ARTATI
SISKA ARTATI Mohon Tunggu... Guru - Ibu rumah tangga, guru privat, dan penyuka buku

Bergabung sejak Oktober 2020. Antologi tahun 2023: 💗Gerimis Cinta Merdeka 💗Perubahan Itu Pasti, Kebajikan Harga Mati - Versi Buku Cetak 💗 Yang Terpilih Antologi tahun 2022: 💗Kisah Inspiratif Melawan Keterbatasan Tanpa Batas. 💗 Buku Biru 💗Pandemi vs Everybody 💗 Perubahan Itu Pasti, Kebajikan Harga Mati - Ebook Karya Antologi 2020-2021: 💗Kutemukan CintaMU 💗 Aku Akademia, Aku Belajar, Aku Cerita 💗150 Kompasianer Menulis Tjiptadinata Effendi 💗 Ruang Bernama Kenangan 💗 Biduk Asa Kayuh Cita 💗 55 Cerita Islami Terbaik Untuk Anak. 💗Syair Syiar Akademia. Penulis bisa ditemui di akun IG: @siskaartati

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Ini Cara Saya Mengolah Sisa Makanan

6 Desember 2020   16:25 Diperbarui: 6 Desember 2020   16:51 175
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi gambar: parenting.orami.co.id

Alhamdulillaah, hampir setiap masakan yang saya buat untuk keluarga, sering habis disantap. Hal ini karena saya memasak secukupnya untuk anggota keluarga. Kadang-kadang saya berbagi dengan tetangga jika bersengaja memasak berlebih.

Saya pastikan tersedia telur, mentega, daun bawang, tomat, kentang, wortel, kol, lombok, sebagai stok bahan masakan di kulkas. Jika sewaktu-waktu saya membutuhkannya untuk menu mengolah masakan, maka saya tinggal meraciknya dengan bahan tersebut. Tentunya dengan segala pernak-pernik bumbu yang tersedia di lemari dapur.

Nah, apa saja makanan favorit yang selalu habis disantap dari olahan sisa makanan?

1. Nasi Goreng

Menu ini selalu menjadi andalan saya jika masih ada nasi di rice cooker. Dengan bumbu olahan ala saya, menu ini selalu habis disantap oleh suami dan anak. Bahkan kadang berebutan dengan juru masaknya. Hahaha. Entahlah, apa yang membuat mereka suka dengan hidangan ini. Mungkin karena saya menggunakan kaldu jamur dan terasi bubuk Berau, menimbulkan rasa gurih yang nikmat di sela pedasnya nasi goreng.

2. Keripik Kulit Kentang

Resep ini saya dapatkan dari hasil belajar daring bersama anak saat mengikuti mata pelajaran Prakarya. Sejak mengenal resep ini, saya usahakan untuk tidak membuang kulit kentang. Lumayan, buat cemilan saat baca novel atau nonton youtube.

Ya, kulit kentang yang sudah dikupas, tidak saya buang. Cuci bersih kulitnya, lalu tiriskan. Siapkan bawang putih, daun jeruk, ketumbar dan garam. Haluskan semua bumbu. Campur dengan sedikit air, lalu balurkan kulit kentang pada bumbu. Sisihkan.

Siapkan dua sendok tepung beras, satu sendok tepung bumbu serba guna, larutkan dengan air secukupnya dalam mangkok. Balurkan kulit kentang pada adonan tepung. Goreng dengan minyak panas. Jika sudah matang kecoklatan, angkat, tiriskan. Bakal renyah dan yummy, deh!

3. Martabak Sayur

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun