Mohon tunggu...
Sinta Wahyuputri
Sinta Wahyuputri Mohon Tunggu... Administrasi - FIA UI

Mahasiswa Ilmu Administrasi Niaga FIA UI

Selanjutnya

Tutup

Money

Wallper - Future Development

29 Mei 2019   21:38 Diperbarui: 29 Mei 2019   22:01 15
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

PENDAHULUAN

  • Latar Belakang

Saat ini tren gaya hidup minimalis sedang populer di kehidupan masyarakat khususnya di kalangan millenials. Gaya hidup ini dapat membantu seseorang untuk hidup lebih hemat dan memberikan banyak ruang. Berbagai cara untuk menerapkan gaya hidup minimalis salah satunya pada fashion. Aksesoris sebagai bagian dari fashion juga sangat penting bagi gaya hidup seseorang. Barang yang setiap orang pasti akan membawa kemanapun ia pergi adalah dompet. Semua orang pasti mempunyai dompet untuk menyimpan uang, kartu, dan struk belanja. Biasanya dompet memiliki bahan kulit dan juga kanvas. Dompet kulit menjadi produk yang disukai banyak orang karena modelnya yang klasik. Seringkali juga seseorang menyimpan banyak barang seperti struk belanja, kartu-kartu yang dapat membuat penggunaan dompet ini kurang efisien sehingga dompet menjadi tebal dan berat. Hal ini dapat menyebabkan beban di dalam tas maupun kantong celana bertambah dan juga memberikan ruang yang sempit. Selain itu juga terdapat beberapa kasus eksploitasi kulit hewan yang dapat digunakan untuk membuat produk-produk berbahan kulit yang salah satunya produk dompet.

Maka dari itu, terdapat inovasi baru yaitu dompet berbahan kertas yang tipis, ringan, dan juga kuat yang dapat menjadi solusi dari permasalahan diatas.

 "Wallper"  yang berasal dari singkatan Wallet Paper merupakan dompet yang terbuat dari kertas tyvek  yang tipis, ringan, dan juga tahan air. Dompet ini berbobot sekitar 30gram yang tahan air dan tidak mudah sobek. Selain itu  Wallper juga memiliki berbagai macam desain yang unik.  Dengan desain yang simpel dompet kertas ini juga memiliki fungsi yang sama seperti dompet lainnya seperti slot kartu, slot uang kertas, slot kartu nama dan juga bisa memuat struk belanja. Dompet ini memiliki banyak slot dan tidak membuat dompet menjadi sangat tebal karena sudah didukung bahan dompet yang tipis dan ringan. Selain itu, dompet ini juga tahan air dan tidak mudah sobek karena menggunakan bahan yang berkualitas tinggi serta dapat di daur ulang. Produk ini sangat cocok bagi seseorang yang bergaya hidup minimalis , mempunyai banyak kartu dan tidak ingin dompetnya menjadi tebal karena akan timbul rasa tidak nyaman. Wallper memiliki dua jenis dompet yakni dompet kecil seperti dompet laki-laki dan juga dompet yang panjang seperti dompet perempuan. Selain itu, pembeli juga bisa  custom desain untuk dompetnya dengan hanya mengirimkan gambar kepada tim kami sesuai dengan syarat gambar yang ditentukan.

BUSINESS MODEL CANVAS (BMC)

Customer Segment

            Pelanggan merupakan inti dari sebuah model bisnis. Agar bisnis bisa terus berkembang dan bertahan dalam waktu yang lama. Maka kita harus dapat memuaskan pelanggan. Jenis segmen yang digunakan dalam produk Wallper ini adalah Mass Market di mana pasar massa tidak membedakan antar segmen-segmen pelanggan yang berbeda. Wallper juga berfokus pada satu kelompok besar dengan kebutuhan yang sama bagi setiap masyarakat yaitu memiliki dompet untuk menyimpan uang serta kartu.

Produk dompet dapat digunakan oleh semua usia. Namun berdasarkan desain dan bentuk dompet yang dibuat minimalis maka produk ini berfokus pada usia 15-25 tahun. Produk ini diperuntukan bagi millenials  yang saat ini sedang duduk dibangku sekolah maupun perguruan tinggi dan juga dapat digunakan oleh para pekerja yang berusia muda Produk ini juga ditargetkan bagi jenis kelamin laki-laki maupun perempuan yang menyukai hidup minimalis yang bermobilitas tinggi. Pada segmentasi Geografis, produk dompet dari kertas ini ditujukan bagi mereka yang bertempat tinggal di daerah Jabodetabek, Hal ini dikarenakan masyarakat di wilayah metropolitan atau perkotaan lebih menyukai model yang minimalis. 

 Value Propositions

Pada elemen ini, produk Wallper memiliki beberapa keunggulan yang menjadi manfaat yang ditawarkan untuk konsumen. Brand kami memberikan 3 keunggulan untuk konsumen, yaitu Design, Simplicity (kesederhanaan), dan Good Quality

  • Design

Design sangat penting bagi suatu produk. Untuk memuaskan pelanggan, kami menghadirkan berbagai desain yang menarik bagi pembeli sehingga pembeli dapat memilih sendiri mana desain yang mereka sukai. Selain itu, pembeli juga bisa menentukan sendiri gambar yang diinginkan pada dompet mereka dengan mengirimkan desain kepada kami.

  • Simplicity

Membawa dompet yang terlalu tebal menjadi penyebab sulitnya masyarakat dalam bermobilitas. Selain itu, memiliki dompet yang tebal juga dapat menambah beban dan mempersempit ruang penyimpanan. Dengan adanya Wallper dapat membantu untuk memperkecil ruang serta dompet terasa ringan jika dibawa untuk berpergian.

  • Good Quality

Kualitas produk menjadi hal yang utama bagi konsumen. Bahan kertas yang disediakan oleh kami tentunya memiliki kualitas yang tinggi. Dompet kertas ini tidak hanya tipis melainkan juga ringan serta tahan air dan tidak mudah sobek. Tentunya hal ini dapat membuat kesan yang baik bagi para pembeli.

Channels (Saluran)

 Channels berisi mengenai bagaimana sebuah bisnis dapat tersalurkan dengan baik kepada pelanggan untuk mencapai target yang ditentukan. Saluran pada bisnis Wallper terdiri dari 5 tahap yaitu awareness, evaluation, purchase, delivery dan after sales.

  • Awareness 

Pada awal bisnis kami berjalan, kami berusaha untuk memperkenalkan produk kami dengan bantuan media online maupun offline. Secara online, kami menggunakan media sosial seperti Instagram, LINE, Facebook dan Twitter. Kami membuat konten yang menarik yang nantinya akan digunggah melalui media sosial kami seperti foto atau video produk yang dapat dinikmati oleh masyarakat. Selain itu kami juga menggunakan media offline dengan cara membuka bazzar yang mudah dijangkau oleh konsumen. Selain itu kami juga melakukan personal selling kepada orang terdekat kami seperti orang tua, saudara, dan teman-teman  agar mereka juga dapat memberitahu orang-orang tentang produk kami.

  • Evaluation

Pada tahap Evaluation, kami membantu konsumen untuk meyakinkan value proposition yang kami tawarkan, kami memperlihatkan tentang perbandingan memakai dompet berbahan kertas dan berbahan selain kertas. Hal ini dapat terlihat dengan memiliki dompet yang tipis, ringan, serta anti air dapat mempermudah masyarakat.

  • Purchase

Konsumen dapat membeli produk kami melalui tiga cara yaitu pembelian langsung seperti di bazzar dan cash on delivery. Pembeli juga dapat menggunakan transfer uang ke rekening kami melalui ATM atau mobile banking . Ketiga, pembeli dapat membeli produk kami melalui Marketplace seperti Tokopedia dan Shopee, Lazada, dan Bukalapak.

  • Delivery

Untuk mendistribusikan produk agar sampai kepada pelanggan, kami akan menggunakan berbagai jasa pengiriman seperti JNE, J&T, Si-Cepat.  Kami juga menyediakan jasa Go-Send apabila jarak dari tempat pengiriman produk ke tempat pelanggan itu dekat atau pelanggan ingin produknya cepat sampai pada hari yang sama.

  • After Sales

Setelah pelanggan membeli produk kami, kami akan memberi garansi produk selama 7 hari kepada pelanggan untuk mengembalikan produk yang cacat dan akan diganti dengan produk yang baru. Selain itu kami juga menjamin bahwa dompet kertas ini dapat bertahan dengan waktu yang cukup lama. Apabila dalam waktu 30 hari dompet tersebut sudah rusak,kami akan menggantinya dengan yang baru. Untuk proses pembelian dan penggantian kami juga memiliki standar serta peraturan yang berlaku.

Customer Relationship

Dalam rangka membangun hubungan yang baik dengan  pelanggan yaitu dengan menyediakan personal assistance yang seperti layanan berkomunikasi yang baik antara kami dan pelanggan apabila ingin mengetahui lebih lanjut dan detail mengenai produk Wallper serta membantu pelanggan mulai dari sebelum pembelian, saat pembelian sampai setelah pembelian selesai. Pelanggan sendiri dapat berkomunikasi dengan kami melalui media sosial, nomor telepon, dan email. Selain penyediaan layanan komunikasi yang memadai terhadap pelanggan, dalam membangun komunikasi kepada para calon customer, kami juga melakukan broadcast message melalui media sosialuntuk memberi tahu informasi terbaru dan promosi terkait produk kami.

 Revenue Streams

Revenue Streams merupakan bagian yang penting bagi sebuah bisnis. Revenue streams menjelaskan bagaimana sebuah usaha atau bisnis memperoleh pendapatan dari konsumen.

  • Payment Methods

Metode pembayaran yang dapat dilakukan yaitu pembayaran Cash (secara tunai). dan juga melalui transfer ke rekening kami yaitu bank BCA, Mandiri, dan BNI.

  •  Sales Flow

Aliran penjualan kami adalah Selling product. Pendapatan utama kami ada pada penjualan produk utama kami yaitu dompet yang terbuat dari kertas.

  • Pricing Method

Dalam menentukan pricing method, kami memutuskan menggunakan metode fix menu pricing. Harga dompet kami sudah ditentukan oleh penjual dan tidak dapat di tawar. Fix menu pricing yang kami sudah tentukan dapat berubah dalam waktu tertentu atau pada saat promosi.

 Key Activities

Dalam menjalankan bisnis, aktivitas kunci sangat penting untuk merealisasikan produk agar dapat produksi lalu dijual kepada konsumen. Key Activities ini terdiri dari lima aktivitas yakni produksi, pengemasan, pemasaran, pengantaran, dan aktivitas penghitungan keuangan dan akuntansi.

  • Production

Pada proses produksi, pertama kami akan melakukan pencarian supplier untuk bahan baku seperti kertas tyvek, lalu pembuatan desain dompet yang diinginkan. Selain itu proses produksi ini melibatkan vendor dengan pembuatan prototype produk agar sesuai dengan keinginan, revisi prototype untuk perbaikan produk apabila hasil prototype tidak sesuai dengan yang diinginkan. Pada  proses ini juga dilakukan quality control agar produk yang dibuat sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan

  •  Packaging

Untuk proses pengemasan kami sendiri yang mengemas karena untuk menekan biaya dan agar produk yang dikirimkan ke konsumen bisa kami pastikan kerapihan dan kelengkapannya. Packaging yang kami gunakkan adalah kotak yang terbuat dari kardus untuk mengurangi penggunaan plastik sehingga ramah lingkungan.

  •  Marketing

Pada bagian pemasaran dilakukan secara offline dan online. Secara online yaitu melalui Instagram dan LINE@, Facebook, dan Twitter memperkenalkan dan mempromosikan produk kami. Pemasaran yang kami lakukan dengan membuat konten-konten yang di media sosial untuk para calon pelanggan. Secara offline, kami akan melangsungkan bazaar dan penjualan secara langsung.

  • Delivery

Aktivitas pengantaran produk meliputi mengantar bahan baku dari supplier ke vendor penjahit, dari vendor penjahit ke kami, dan dari kami ke konsumen.

  • Finance & Accounting

Aktivitas pengelolaan keuangan seperti perhitungan modal, pembiayaan dan laba usaha tercatat dan terhitung dengan baik agar tidak terjadi ketimpangan antara berbagai aspek keuangan satu dengan yang lainnya.

 Key Resources

Untuk menjalankan rangkaian key activities dibutuhkan berbagai  sumber daya agar dapat terealisasikan dengan baik dan sesuai dengan harapan. Sumber daya yang dibutuhkan antara lain physical (fisik), intellectual (intelektual), financial (sumber daya pendanaan), Human (sumber daya manusia) dan supporting things (sumber daya pendukung)

  • Physical

Bahan baku berupa kertas tyvek, peralatan produksi yang disediakan oleh vendor serta packaging.

  •  Intellectual

Pada tahap ini kami juga mempersiapkan mengenai hak kekayaan intelektual dari logo dan brand kami yaitu "Wallper"

  • Financial

Sumber daya pendanaan atau modal berasal dari modal pribadi. Selain itu dana juga akan didapat melalui hasil penjualan.

  • Human

Sumber daya manusia yang dibutuhkan adalah kami sendiri yang nantinya akan dibagi menjadi beberapa tim kecil untuk memegang bagian penting dari bisnis kami. Divisi sumber daya meliputi pemasaran, produksi atau operasi, dan keuangan.

  • Supporting Things

Sumber daya pendukung lainnya adalah  berupa peralatan elektronik seperti laptop dan handphone untuk menjalankan proses pemasaran, pembelian  dan berkomunikasi dengan partner bisnis kami. Selain itu terdapat beberapa peralatan yang dapat menunjang proses produksi

 Key Partners

Dalam menjalankan suatu bisnis diperlukan kerjasama antar beberapa pihak. Key Partners juga menggambarkan hubungan baik antar perusahaan dengan mitranya agar bisnis dapat berjalan dengan lancar. Pihak-pihak utama yang membantu kami untuk kelancaran proses bisnis yakni pihak vendor selaku partner untuk proses produksi. Selain itu juga untuk pengiriman kami bekerjasama dengan perusahaan jasa pengiriman seperti JNE dan Go-Jek. Lalu untuk aktivitas packaging dan marketing key partnersnya adalah dari sumber daya manusia nya sendiri untuk memastkkan packaging yang sesuai dan pemasaran yang baik untuk produk Wallper ini. bentuk Kerjasama yang kami lakukan adalah strategic alliance between non-competitors. Dalam kerjasama ini, setiap elemen berkaitan satu sama lain dan saling melengkapi dari proses awal hingga menjadi produk jadi yang siap untuk dipasarkan.

Cost Structure

Cost Structure merupakan seluruh biaya terkait yang harus dikeluarkan oleh perusahan untuk menjalankan suatu usaha. Terdapat biaya-biaya yang harus dikeluarkan untuk proses kelancaran bisnis. Pertama adalah produksi yang terkait dengan pembelian bahan-bahan baku dan juga packaging. Kedua yaitu biaya pemasaran seperti periklanan, endorsement, produksi video promosi dan juga bahan-bahan untuk pemasaran secara offline melalui bazzar.

 

PENUTUP

Berdasarkan business model canvas yang telah dijelaskan pada bagian sebelumnya, ide bisnis dari "Wallper" yang merupakan dompet yang terbuat dari kertas tyvek yang tipis, ringan, tahan air serta tidak mudah robek.Wallper sangat cocok untuk digunakan oleh seseorang yang menyukai gaya hidup minimalis yang ingin menginginkan dompet yang ringan dan kuat tetapi memiliki kapasitas yang cukup untung memasukan uang serta kartu.  Selain itu kelebihan dari produk ini pembeli dapat memberikan request sendiri untuk desain gambar yang diinginkan pada dompet kertas ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun