Mohon tunggu...
Sindy Rohmaniyah
Sindy Rohmaniyah Mohon Tunggu... Guru - mahasiswa uin khas jember

membaca

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

sumber-sumber belajar dan pembelajaran

11 Juni 2022   14:00 Diperbarui: 11 Juni 2022   14:14 225
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

  • Berbasis lingkungan

Dalam pemanfaatkan sumber belajar, tanggung jawab seorang guru adalah untuk membantu peserta didik dalam menangkap dan memahami pembelajaran agar si peserta didik dapat lebih mudah. Nah dengan demikian seorang guru diharuskan mempunyai keahlian tertentu yang berhungan dengan pemberdayaan sumber belajar. Seorang Guru diharuskan memakai sumber belajar dalam kegiatan pembelajaran sosialnya agar murid lebih mudah memahami.

          Sebelum sumber belajar menjadi banyak, keluarga menjadi sebuah sumber belajar yang pertama seseorang, hingga sumber belajar lain bermunculan. Ada beragam benda yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar diantaranya; tanah, debu, batu, pepohonan atau tanaman, binatang dan semua hal disekitar kita. Inti dari pesan tersebut ada yang menggunakan kalimat berupa suara dan kalimat yang tertulis/ditulis sendiri. Jumlah sumber belajar termasuk langka, sedangkan jumlah total para pencari ilmu pengetahuan jauh lebih banyak daripada sumber belajar yang ada, maka ilmu pengetahuan tersebut diperoleh dengan percobaan-percobaan secara mandiri atau otodidak, oleh karenanya kondisi Pendidikan yang tidak rumit dan masih dibawah control keluarga dan anggota masyarakat. Pada saat ini zaman telah berubah, akibatnya terjadi berbagai perubahan dan perombakan sistemisasi proses pendidikan dan kondisi sumber belajar yang ada.

          Menurut Miarso, belajar merupakan sebuah kegiatan kegiatan untuk mendapatkan pengetahuan dengan bimbingan seorang guru maupun dengan mandiri/otodidak. Kehadiran dari seorang pengajar dalam kegiatan pembelajaran maksudnya itu agar belajar dapat lebih mudah, lancar dan menyenangkan. Disisi lain, belajar untuk seorang peserta didik adalah proses untuk menangkap dan mengoleksi ilmu pengetahuan, peningkatan kreatifitas dan pengembangan adab dimana pun, kapan pun dan melalui apa pun. Karena dasarnya sumber belajar itu dapat diperoleh dimana-mana dengan jenis dan tipe yang beragam.

          Dageng menjelaskan bahwasanya sumber belajar ialah seluruh sesuatu dan orang yang mendapat menunjang kegiatan belajarsehingga mncangkup seluruh sumber yang memungkinkan dapat bermanfaat bagi seorang guru agar menjadi prilaku mendapat pembelajaran.

          Percival dan Ellington berpendapat, dari sisi pembuatannya sumber belajar merupakan segenap baha/media/situasi belajar sesuai kehendak individu atau secara tidak disengaja agar dapat dipelajari secara individu atau berkelompok. Secara sederhana dapat dikatakan bahwa semua hal yang dapat dimanfaatkan pendidik atau peserta didik dalam kaitannya dengan belajar adalah sumber belajar.

Berikut adalah beberapa upaya dalam memanfaatkan sumber belajar dalam pembelajaran :

Mengurangi verbalistis ( materi berwujud tulisan dan lisan belaka) agar menjadi lebi jelas dalam menyajikan pesan tersebut.

Mengatasi sifat pasif peserta didik dengan pemanfaatan dan pemilihan sumber belajar yang bervariasi dan beragam, hal ini juga untuk mengurangi kejenuhan belajar.

Memberi kebebasan ruang gerak dan penginderaan peserta didik.

  • Pembelajaran berbasis pemanfaatan sumber belajar    

          Belajar menurut Miarso ialah kegiatan baik dengan di bimbing guru ataupun  usahanya sendiri. adanya tenaga belajar ini dalam melakukan kegiatan mencari pengetahuan yang dimaksud itu semoga lancar dalam belajar, mempermudahkan, dan juga membuat hati senang, dan lebih berjaya pula. Nah untuk peserta didik belajar itu agar mendapatkan ilmu pengetahuan, keteramilan, dan bersikap dimana dan kapampuan keberadaan kita denga napa saja, karena sumber belajar dapat ditemukan dimana pun dengan jenis yang sangat beragam. Dengan menciptakan gesekan didalam proses belajar, maka kualitas peserta didik sangat dipengaruhi oleh sumber belajar terhadap hasil belajarnya.

       Keniscayaan merupakan salah satu cara dalam mengembangkan sumber belajar. Meskipun keniscayaan itu terkembang dari dua realitas yang bertolak belakang, masih memungkinkan disisi lain keniscayaan tersebut mempunyai sifat yang statis sebagai sumber belajar dan disisi lainnya juga harus berperan secara dinamis. Komponen belajar yang berupa orang, buku, media massa dan lingkungan sekitar, termasuk pula media pendidikan merupakan pembentuk sifat statis, sedangkan peran dinamisnya adalah sebagai penyedia informasi dan ilmu pengetahuan dalam bidang studi yang dipelajarinya untuk mengembangkan potensinya sesuai yang diinginkan.

            Kegunaan sumber belajar dalam proses pembelajaran   adalah :

Mengurangi verbalistis ( materi berwujud tulisan dan lisan belaka) agar menjadi lebi jelas dalam menyajikan pesan tersebut.

Mengatasi sifat pasif peserta didik dengan pemanfaatan dan pemilihan sumber belajar yang bervariasi dan beragam, hal ini juga untuk mengurangi kejenuhan belajar.

Memberi kebebasan ruang gerak dan penginderaan peserta didik.

  • Pemanfaatan Dari Sumber Belajar

          Sebagian materi-materi pembelajaran memanfaatkan internet sebagai sumber belajar contoh mencari materi PAI sebagai berikut: 1) mencari Qs At-Taubah/9: 122, Qs. Ar-rahman /55: 33 beserta hadits-hadits lain tentang menuntut ilmu di berbagai situs web melalui internet, kemudian menganalisanya. 2) menemukan contoh cerita atau tingkah laku jujur, istiqomah, dermawan, dan amanah kemudian dianalisa 3) mencari qishash perjuangan Nabi dimasa sebelum dan setelah hijrah kemudian menganalisanya 4) dll.

          Peneliti melihat secara langsung saat melakukan observasi pembelajaran, bahwa ternyata didalam pembelajaran tersebut penggunaan internet untuk sumber belajar meningkatkan antusiasme pendidik.

Kualitas juga memiliki arti sebagai kesesuaian atau kecocokan penggunaan dan atau tepat untuk dimanfaatkan. Orientasi pemenuhan kebutuhan pemakai, kebutuhan  pengguna, adanya pandangan untuk meraih mutu ialah proses yang tidak mengenali akhir, memperbaiki kualitas tersebut prsedur yang berkesinabungan, memperbaiki proses pembelajaran yang sudah dilaksanakan sesuai proedur tersebut proses yang mempunyai hubungan. Perkembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi itu menurut gedung pendidikan mewajibkan penyiapan dan pengembengan sumber belajar. Baik pengajar dengan proses pembelajaran di sekolah

          Proses pembelajaran ada aktifitas paling berpadu seperti aktifitas belajar, mengajar dan sumber belajar. Kegiatan  yang dilakukan oleh seorang guru ada kaitannya dengan seorang pendidik dalam mengupayakan jalinan bertukar pendapat yang santun dan juga menjadi indikator suatu kegiatan pembelajaran berjalan dengan sebaik mungkin. Kegiatan pembelajaran bagi peserta didik diharuskan mampu menambah perkembangan juga ke seriusan untuk belajar dengan demikian apa yang dia pelajari sekiranya dapat bermanfaat bagi dirinya sendiri ataupun orang lain dan juga bisa mengembangkan kepribadiannya.

          Beberapa manfaat dari sumber belajar adalah:

Memberikan pengalaman dengan langsung terhadap pendidik akibatnya peserta didik dapat pemahaman berjalan dengan cepat.

Bisa menyediakan ketidak mungkinan dikunjungi atau dilihat dengan langsung. Contoh: gunung berapi candi Borobudur, dan sebagainya.

Bisa mengetahui apa yang sedang di pelajari di dalam kelas tersebut contohnya: majalah, koran

Memberikan berita yang benar-benar terjadi seperti : majalah, koran

Mendukung pemecahan masalah di dalam pembelajan, baik itu dilingkup kecil maupun yang lebih besar. Lingkup yang besar, semisal: dari lingkungan yang besar adalah pembelajaran jarak jauh melalui modul, yang lingkup kecil contohnya adalah: simulasi penggunaan video dan lainnya

Data memberikan gambaran motivasi yang baik kepada peserta didik, apabila sumber belajar itu sudah dikelola dan diatur pemanfaatannya dengan benar.

Dapat memacu berfikir, bertingkah laku, serta meningkat lebih baik. Contoh: bacaan atau referensi yang memiliki kandungan kemampuan berfikir menalar

          Factor yang memengaruhi usaha pemanfaatan alam sekitar diantaranya adalah:

Kemauan dari tenaga kerja itu sendiri

Kemampuan tenaga kerja dalam melihat alam sekitar yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber pembelajaran

Kemampuan tenaga pengajar dalam memanfaatkan alam sekitar dalam pembelajara. Pemanfaatan alam sekitar haruslah sesuai dengan kondisi peserta didik, tujuan pembelajaran dan latar belajar peserta didik.

          Sumber belajar tidak terbatas digunakan sebagai media penyampai pesan saja, tetpi juga dapat menciptakan efektivitas belajr yang lebih baik. Dengan peningkatan kualitas pembelajaran tersebut maka juga dapat meningkatkan kualitas dari peserta didik tersebut. Pemanfaatan sumber belajar tersebut memiliki hubungan yang sangat erat dengan teknik pembelajaran yang di lakukan. Dalam pembelajaran mandiri, maka aim-nya kepada peserta didiknya

          Selain membantu peserta didik dalam mengembangkan kepribadiannya, pendidik  juga diharuskan untuk memudahakan dan mengarahkan peserta didik dalam mengenali potensi dirinya sebagai seorang manusia serta membantu pencarian jati diri seorang peserta didik, salah satunya dengan memanfaatkan teori belajar merupakan tujuan utama para pendidik.

                 Pembelajaran dikatakan bisa berhasil andaikan ada perubahan prilaku pelajar pada peserta didik. modifikasi prilaku peserta didik berkaitan dengan sikap, dan menyusun karya kreativitas peserta didik menyampaikan atau mempresentasikan materi atau bahan agar tercapainya tujuan pembelajaran, maka harus menggunakan metode tertentu misalkan mendesain dan memanfaatkan sumber belajar dan pembelajaran tersebut.peserta didik dapat belajar memalui sember belajar manapun juga bisa melalui goggle, laboraturium, tv dan lain-lain, dikarenakan itu pendidik bukanlah satu-satunya sumber belajar. Pembahasan tersebut bisa beriorentasi agar segala sumber belajar menjadi lebih menari, fisien, dan juga efektif supaya peserta didik juga lebih nyaman dalam belajar. Agar tujuan utama pembelajaran terpenuhi maka, harus mampu menolong siswa dalam belajar.

          Salah satu faktor terpenting untuk mengupayakan berhasilnya pembelajaran antara lain: pemilihan, pengembangan, dan juga penggunaan, agar pemanfaatan sumber belajar sumber belajar dengan cara pemilihan, dan juga pemanfaatan harus berkriteria supaya mampu memenuhi perannya sebagai mendukung dalam membantu, pencapaiannya tujuan intruksional yang sudah di tetapkan, seorang guru sebagai fasilitator, atau sebagai pendidik sangatlah penting.

          Agar belajar lebih mudah, lebih cepat dan mengembirakan pendidik perlu mengelola, dan juga merancang pembelajaran . sumber belajar pendidik yang utama tidaklah hanya terpaku pada dirinya sebagai sumber belajar tapi juga harus menyiapkan, merancang, dan juga memanfaatkan sumber lainnya agar belajarnya lebih berkualitas inilah cara agar pembelajaran lebih berkuaitas.

          Manfaat sumber belajar, siswa diharuskan mempunyai keahlian dan juga kemampuan dalam melaksanakan sumber belajar buat murid dalam kegiatan belajar mengajar. Siswa yang menghadapi sumber belajar akan menumbuhkan kesan untuk siswa bahwasanya siswa itu tetap up date dan juga tidaklah tertinggal zaman. seorang siswa menggunakan sumber belajar lainnya dikelas, maka akan memperkaya materi pembelajaran menjadi sumber motivasi bagi peserta didik dalam belajar. Tetapi jika siswa tidak ingin  menngunakan, apalgi sumber belajar tersedia di kelas, dan di dalam kelas, maka siswa tidak akan percaya kepada pembelajaran karena kurang menarik maka, peserta didik bisa mengatakan kalau pembelajaran itu pendidikan yang ketinggalan zaman, dan pembelajaran itu tidak akan efektif. Inilah kunci utama untuk meningkatkan mutu belajar dan pembelajaran. Pembelajaran ialah peningkatan pengetahuan siswa sebagai seseorang yang mempelajarkan sisa, tujuan dari menetapkan sumber belajar yang tepat ialah agar mencapai tujuan yang sudah ditetapkan dan juga meninjau karakteristik pembelajaran siswa.

  • Fungsi Sumber Belajar

          Supaya sumber belajar yang sudah ada, mendapatkan fungsi didalam belajar dan pembelajaran diharuskan mendapatkan manfaat dengn sebaik-baik mungkin.menurut Hanafi ada beberapa fungsi belajar yaitu:

Memajukan kereativitas pembelajaran

Meneruskan bisa jadi pembelajaran yang sifatnya sendiri

 Meneruskan validitas yang bertambah rasional terhadap pengkajian

Bertambah meningkatkan sekaligus mematangkan pengkajian

Mengharuskan menuntut ilmu dengan cara seketika itu juga

Mengharuskan pelayanan pembelajaran yang lebih luas, yang lebih utama adanya media massa

          menurut pembahasan yang di atas, sumber belajar mempunyai kasar tentang metode menuntut ilmu dan mengajar. Fungsi sumber belajar yang ada enam tersebut mendapat pertolongan peserta didik mencapai hasil yang semaksimal mungkin.

          Pemanfaatan sumber belajar didalam suatu prosespengajaran dilakukan siswa ialah suatu kegiatan, dalam memanfaatkan sumber belajar oleh siswa memerlukan cara dan pproses untuk mencapai yang di tetapkan agar mencapai hasil yang maksimal.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun