KEUTAMAAN MEDIA PEMBELAJARAN
Pendidikan merupakan upaya untuk mempersiapkan generasi muda dalam menyambut dang menghadapi perkembangan zaman di era global. Maka pendidikan harrus dilaksanakan sebaik mungkin sehingga menghasilkan pendidikan yang berkaulitas dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Perkembangan teknologi berdampak pada bidang pendidikan. Proses belajar tidak terlepas dari media, metode, dan hasil belajar. Media dapat digunakan sebagai sarana dalam memberikan materi pendidikan yang yang disampaikan oleh guru kepada siswa. Sedangkan metode belajar mengatur bahan ajar dan strategi penyampainanya. Selanjutnya hasilbelajar diukur dengan efektif dan efisien untuk mengetahui kemampuan dan minat siswa terhadap mata pelajaran.
Permasalahan yang sering dihadapi dunia pendidikan adalah lemahnya proses pembelajaran. Dalam proses kegiatan belajar mengajar, siswa lebih banyak belajar secara teori. Pembelajaran di kelas lebih diarahkan pada kemampuan anak untuk memahami materi pelajaran. Sedangkan teori yang pelajari siswa kurang adanya penerapan dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini menyebabkan siswa kurang mengerti lebih dalam dari materi suatu pelajaran, dalam kegiatan belajar mengajar kehadiran guru diharapkan dengan mengembangkan potensi dan kreativitas siswa, sehingga siswa dapat mempunyai pengetahuan tidak hanya teori, namun bisa mempraktekannya guna untuk masa yang akan datang dalam perkembangan zaman.
Media pembelajaran adalah alat yang dapat membantu proses belajar sehingga pesan dan makna yang disampaikan akan lebih jelas dan pembelajaran dapat tercapai dengan efektif. Hasil belajar adalah hasil yang diberikan kepada siswa berupa penilaian setelah siswa mengikuti proses pembelajaran dengan meniliai pengetahuan siswa, kemudian sikap, keteremapilan siswa, dengan adanya perubahan pada tingkah laku. Media pembelajarana sangat berfungsi sebagai salah satu sumber belajar siswa untuk memperoleh pesan dan informasi yang diberikan oleh guru serta materi pembelajaran dapat lebih meningkat membentuk pengetahuan siswa.
Keutamaan media pembelajaran pertama, memberikan pedoman bagi siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran sehingga dapat menjelaskan materi pembelajaran, membantu dalam penyajian materi yang menarik dan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, kedua dapat meningkatkan minat belajar siswa sehingga siswa dapat berpikir dan menganalisis  materi pelajaran yang diberikan oleh guru, dengan situasi yang menyenangkan dan siswa dapat memahami meteri pembelajaran dengan mudah. Untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan adanya media pembelajaran, proses belajar mengajar menjadi mudah dan menarik sehingga dapat dimengerti dan dipahami pelajaran dengan mudah, efisiensi belajar dapat meningkat karena sesuai dengan tujuan pembelajaran, membantu konsentrasi belajar sesuai dengan tujuan kebutuhan siswa, meningkatkan motivasi belajar  karena perhatian siswa terhadap pelelajaran dapat meningkat, memberikan pengalaman menyeluruh dalam belajar sehingga  dapat memahami secara nyata dari materi yang diberikan, lebih mengerti materi secara keseluruhan, terlibat dalam proses pembelajaran sehingga siswa aktif mengikuti  dalam proses pembelajran, memiliki kesempatan melakukan kreativitas, mengembangkan potensi yang dimiliki.
Selain itu juga media pembelajaran mempunyai unsur yang penting dalam proses pembelajaran dan media pembelajaran juga merupakan sumber belajar yang dapat membantu guru dalam memperkaya wawasan siswa, dengan berbagai jenis media pembelajaran oleh guru dapat menjadi  bahan dalam memberikan ilmu pengetahuan kepada siswa. Pemakaian media pembelajaran dapat menumbuhkan minat siswa untuk belajar hal baru dalam materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru sehingga dapat  mudah dipahami. Media pembelajaran dapat digunakan sebagai alat bantu dalam kegiatan belajar mengajar, sebagai guru harus dapat memilih media pembelajaran yang sesuai dan cocok untuk digunakan sehingga tercapai tujuan pengajaran yang telah ditetapkan oleh sekolah.
Ada beberapa jenis media pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru dalam proses belajar mengajar. Guru harus dapat memilih jenis media pembelajaran yang tepat untuk digunakan dalam mengajar sesuai dengan kebutuhan belajar siswa. Kutamaan media pembelajaran:
1.Media Auditif, media yang hanya mengandalkan kemampuan dengar saja, seperti radio, kaset.
2.Media Visual, media yang hanya menggunakan indra penglihatan saja.
3.Media Audio visual, media gabungan dari media audio dan visual. Dimana media ini disebut audio visual yang mempunyai unsur suara dan gambar.
4.Media pembelajaran berbasis komputer, suatu media pembelajaran yang menyajikan materi dan soal ujian kompetensi dapat digunakan oleh guru sebagai alat bantu mengajar.
5.Media proyeksi, seperti slide, film.
6.Media pemebelajaran berbasis manusia, digunakan untuk mengirimkan dan mengkomunikasikan pesan atau informasi.
Sebelum memilih media pembelajaran yang akan digunakan, pertama harus di perhatikan oleh guru sehingga pemilihan media pembelajaran tepat sesuai dengan kebutuhan, Â kedua tujuan pembelajaran dan siswa memperoleh hasil belajar dengan baik.
A.Merumuskan butir-butir materi secara terperinci yang mendukung tercapainya tujuan.
Penyusunan rumusan butir-butir materi dilihat dari kemampuan atau keterampilan, sehingga materi yang disusun dalam rangka mencapai tujuan yang diharapkan dari kegiatan proses belajar mengajar tersebut.
B.Alat pengkur keberhasilan
Alat pengukur ini harus dikembangkan sesuai dengan tujuan yang akan dicapai dan dari materi-materi pembelajaran yang disajikan. Bentuk alat pengukurnya bisa dengan tes, pengamatan, dan penugasan.
C.Mengadakan tes dan revisi
Evaluasi media pembelajaran adalah suatu tindakan proses atau kegiatan yang dilaksanakan dengan maksud untuk menentukan nilai dari segala media atau alat yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar.
Dalam memilih media pembelajaran kita harus memperhatikan :
a.Ketetapanya dengan media pembelajaran, media pembelajaran dipilih atas dasar tujuan intruksional yang telah ditetapkan.
b.Dukungan atas isi bahan pelajaran, bahan pelajaran yang sifatnya fakta, peinsip, konsep dan generelasi sangat memerlukan bantuan agar media lebih mudah dipahami siswa.
c.Kemudahan memperoleh media, media yang digunakan mudah diperoleh, mudah dibuat oleh guru pada waktu mengajar.
d.Keterampilan guru dalam menggunakannya, media bermanfaat bagi siswa selama pengajaran berlangsung.
Adapun kesimpulan dari  Media pembelajaran adalah alat yang membantu proses belajar mengajar sehingga pesan yang disampaikan menjadi lebih jelas dan tujuan pendidikan atau pembelajaran dapat dicapai dengan efektif dan efisien. Hasil belajar adalah hasil yang diberikan kepada siswa berupa penilaian setelah mengikuti proses pembelajaran dengan menilai pengetahuan, sikap, keterampilan diri siswa dengan adanya perubahan tingkah laku. Media pembelajaran berfungsi sebagai sumber belajar siswa untuk memperoleh pesan dan informasi dari guru sehingga materi pembelajaran dapat meningkat dan membentuk pengetahuan siswa.
Melalui berbagai media pemebelajaran akan dapat banyak berinteraksi secara aktif dengan memanfatkan segala potensi yang dimiliki siswa, tentu saja media yang digunakan dalam proses dan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Media pembelajaran harus kita manfaatkan untuk membantu siswa mencapai tujuan belajar, alangkah minimnya pengalamansiswa jika mereka hanya memperoleh informasi dari sumber-sumber yang terbatas, masih banyak media pembelajaran  lain yang dapat kita manfaatkan untuk siswa  kita belajar. Peran penting pembelajaran adalah mengupayakan setiap pelajaranya. Pemanfatan media pembelajaran pada dasarnya dimaksud untuk membantu agar kegiatan pembelajaran lebih efektif mencapai tujuan dan efisien dalam hal tenaga, waktu, dan baiaya.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H