Mohon tunggu...
Silva Dila Nurdiyanti
Silva Dila Nurdiyanti Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Seorang mahasiswa program studi Manajemen, Universitas Majalengka.

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Optimalisasi Kualitas SDM Dalam Menghadapi Era Disrupsi

2 Januari 2025   15:47 Diperbarui: 2 Januari 2025   16:59 62
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Penulis 1 : Silva Dila Nurdiyanti (silvadnur43@gmail.com)
Penulis 2 : Dr. H. Asep Qustolani., S.E., MM. (asepquinn@unma.ac.id) Dosen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Majalengka.

            Kata “disrupsi” menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) berarti sesuatu yang tercabut dari akarnya. Disrupsi merupakan perubahan besar yang mengubah tatanan. Perubahan besar karena masyarakat mengubah aktivitas-aktivitas yang awalnya di dunia nyata ke arah aktivitas dunia maya (Tarigan, 2020). Era Disrupsi juga dapat didefinisikan sebagai munculnya teknologi baru yang mengubah cara dan berinteraksi. Perubahan ini telah menciptakan gelombang inovasi dalam interaksi sosial, dan memberikan dampak yang signifikan seperti menciptakan peluang baru dan tantangan bagi individu, organisasi dan masyarakat secara keseluruhan (Karsim et al., 2023).

            Era Disrupsi membawa perubahan besar dalam dunia bisnis dan industri. Teknologi yang berkembang pesat, perubahan perilaku konsumen, dan persaingan global memaksa perusahaan untuk beradaptasi dan terus berinovasi. Disrupsi menuntut pengembangan berkelanjutan pada sumber daya manusia agar perusahaan dapat beradaptasi dengan perubahan yang cepat dan kompleks. Salah satu kunci keberhasilan dalam menghadapi tantangan ini dengan optimalisasi kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) untuk membangun keunggulan kompetitif dan memastikan kelangsungan hidup perusahaan.

Tantangan Era Disrupsi

Menurut Salsabila (2024) beberapa tantangan dari era disrupsi yaitu:

1. Perkembangan Teknologi 

Perkembangan teknologi yang cepat membuat siklus hidup produk semakin singkat, menuntut perusahaan untuk terus berinvestasi dalam riset dan pengembangan.

2. Persaingan Global dan Kompleksitas Pasar

Globalisasi membuka pasar baru namun juga meningkatkan persaingan dari perusahaan-perusahaan internasional. Perusahaan perlu memiliki keunggulan kompetitif dalam hal harga, kualitas dan pengembangan produk baru (inovasi).

3. Perubahan Perilaku Konsumen

Konsumen saat ini lebih cerdas, menuntut, dan mudah beralih ke merek lain. Perusahaan harus memahami dan memenuhi kebutuhan konsumen yang terus berubah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun