Mohon tunggu...
Zain Kagawa
Zain Kagawa Mohon Tunggu... Full Time Blogger - www.Siklimis.com

Blogger yang suka jalan-jalan menikmati keindahan alam, menikmati keagungan budaya dan menikmati kelezatan kuliner.

Selanjutnya

Tutup

Money

Kopi Gucialit, UKM JuWAra dari Kabupaten Lumajang

4 Desember 2021   16:34 Diperbarui: 4 Desember 2021   16:43 960
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Indonesia merupakan salah satu negara yang dianugerahi sumber daya alam yang sangat luar biasa. Sehingga banyak tumbuhan yang bisa hidup subur di Indonesia, diantaranya yaitu kopi. Banyak sekali jenis kopi yang tumbuh subur di seluruh pelosok nusantara. Salah satunya yaitu di Kabupaten Lumajang Provinsi Jawa Timur. Daerah Kecamatan Gucialit menjadi salah satu penghasil kopi terbaik di Kabupaten Lumajang, karena berada di dataran tinggi dan mempunyai udara yang sangat sejuk sehingga sangat cocok untuk ditanami kopi.

Saat ini kopi menjadi salah satu minuman yang sangat disukai oleh semua kalangan di berbagai belahan dunia, apalagi Indonesia termasuk 5 besar negara penghasil kopi terbanyak di dunia, hal ini tentunya menjadi kesempatan besar bagi para petani kopi di Lumajang untuk memasarkan produknya secara luas hingga ke mancanegara. Seperti apa Kopi Gucialit ini? Mari kita mengenal lebih dekat Kopi Gucialit khas Kabupaten Lumajang.

Sejarah Berdirinya UMKM Kopi Gucialit


Foto by : instagram @Kopigucualitproduk
Foto by : instagram @Kopigucualitproduk

Usaha Kopi Gucialit ini dimulai sejak tahun 2018 oleh pasangan suami istri asli kelahiran Gucialit Kabupaten Lumajang yaitu Bapak Rifqi Zulkarnain dan Ibu Nur Kholifah, yang mana dengan hadirnya usaha Kopi Gucialit ini bertujuan supaya bisa menjadi solusi bagi petani kopi di Desa Gucialit dan sekitarnya agar bisa menghasilkan biji kopi premium dengan harga premium. Karena selama ini petani kopi di daerah Gucialit ini kebanyakan menjual kopi kepada tengkulak dengan harga yang relatif murah. Sehingga kami ingin mengajak para petani petani untuk memproses kopi dengan baik agar bisa menghasilkan kopi yang bagus dan harganya pun bisa lebih maksimal. Ucap Ibu Nur Kholifah saat diwawancarai secara online.

Ibu Nur Kholifah juga menuturkan bahwa dirinya dan suaminya mempunyai keinginan untuk mengembangkan potensi yang ada di Gucialit termasuk kopi, supaya bisa meningkatkan perekonomian masyarakat Gucialit. Selain itu Kopi Gucialit juga mempunyai program menabung kopi, yang mana dengan sistem ini  bisa membantu para petani kopi untuk menyiapkan kebutuhan-kebutuhan tertentu seperti tabungan pendidikan anak petani kopi.

3 Varian Kopi Gucialit yang Sangat Nikmat

Foto by : instagram @Kopigucualitproduk
Foto by : instagram @Kopigucualitproduk

Kopi Gucialit memiliki 3 varian rasa yaitu Kopi Robusta, Kopi Arabica dan Kopi Excelsa, yang mana ketiga varian rasa tersebut mempunyai keunikan tersendiri dan pastinya rasanya sangat nikmat.

Kopi Robusta Gucialit merupakan kopi yang berasal dari Pegunungan Gucialit Lumajang yang mempunyai ketinggian yang sangat bagus untuk tanaman Kopi Robusta. Selain itu perkebunan kopi di sini juga diolah dengan cara organik. Biji kopi yang digunakan merupakan biji petik merah dan diolah menjadi bubuk dengan roasting medium to dark. Sehingga menghasilkan  cita rasa kopi robusta terbaik, klasik dan mempunyai ciri khas sendiri.

Kopi Arabica Gucialit merupakan jenis kopi yang sangat cocok ditanam di dataran tinggi dengan ketinggian minimal 800 mdpl dengan kisaran suhu 16-20 derajat celcius. Dan ini sangat cocok sekali dengan daerah Gucialit yang berada di ketinggian lebih dari 800 mdpl.

Foto by : instagram @Kopigucualitproduk
Foto by : instagram @Kopigucualitproduk

Kopi Excelsa Gucialit merupakan jenis kopi yang mempunyai aroma yang sangat unik yaitu aroma nangka,dan tidak banyak petani kopi di Indonesia yang menanam kopi jenis ini, namun yang paling unik dari vaeian kopi excelsa Gucialit ini yaitu mempunyai aroma dan citarasa yang sangat kuat sepeti buah salak.

Strategi Pemasaran Kopi Gucialit

Foto by : instagram @Kopigucualitproduk
Foto by : instagram @Kopigucualitproduk

Strategi pemasaran Kopi Gucialit saat ini menggunakan sistem offline dan online, yang mana untuk pemasaran offline yaitu dengan membuka toko di rumah produksi di Bale Kopi Gucialit dan juga dititipkan di beberapa toko oleh-oleh di Lumajang serta beberapa warung kopi di Lumajang. Sedangkan untuk sistem online yaitu dengan menggunakan media sosial seperti facebook dan instagram (@KopiGucialitproduk) serta melalui marketplace seperti shopee (Produkgucialit.id) dan tokopedia (Produkgucialit). Pembeli Kopi Gucialit ini tak hanya dari dalam negeri saja, tetapi juga ada yang dari luar negeri seperti Rusia, Jepang dan China.

Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Kopi Gucialit

Foto by : instagram @Kopigucualitproduk
Foto by : instagram @Kopigucualitproduk

Pandemi Covid-19 memang membawa dampak yang sangat luar biasa bagi perekonomian masyarakat di seluruh Indonesia, bahkan hingga banyak UKM yang sampai gulung tikar. Namun berbanding terbalik dengan Kopi Gucialit, yang mana selama pandemi Covid-19 hingga saat ini tidak begitu terdampak, bahkan di tahun 2021 justru mengalami kenaikan dalam penjualan online. Pandemi Covid-19 membuat banyak orang enggan untuk minum kopi di warung ataupun coffeshop. Sehingga banyak orang lebih memilih menyeduh kopi di rumah, hal inilah yang menjadi salah satu faktor meningkatnya penjualan Kopi Gucialit secara online.

Meskipun selama pandemi Covid-19 penjualan meningkat, namun masih ada beberapa kendala yang dialami. Menurut Ibu Nur Kholifah, saat ini kendala yang dihadapi lebih ke permodalan karena untuk membeli alat pengolahan kopi membutuhkan biaya yang tidak sedikit, selain itu juga terkendala dalam hal perijinan yang masih belum lengkap karena memang ada beberapa peijinan yang membutuhkan waktu cukup lama dan biaya yang tidak murah seperti sertifikat HALAL. Jadi saat Kopi Gucialit baru memiliki perijinan IUMK dan P-IRT. Kedepannya semoga bisa mendapatkan peirjinan dengan cepat dan mudah, ucap ibu Nur Kholifah.

Program UKM JuWAra Bantu UMKM Naik Kelas

Foto www.ukmjuwara.id
Foto www.ukmjuwara.id

Kopi Gucialit ini merupakan salah satu UMKM yang masuk dalam Program Katalog 100 UKM JuWAra. Nur Kholifah mengatakan, bahwa dirinya sangat senang sekali dengan adanya program katalog 100 UKM JuWAra ini karena yang lolos program ini merupakan UMKM pilihan, yang mana kwalitasnya sudah tidak perlu diragukan lagi, mulai dari segi rasa, bahan baku hingga packagingnya semuanya sudah sangat baik. 

Nur Kholifah juga menuturkan bahwa banyak sekali ilmu yang didapatkan dari program ini baik dari segi pemasaran digital atau pun segi yang lainnya sehingga sangat membantu sekali bagi perkembangan usaha Kopi Gucialit.

Program UKM JuWAra ini adalah kolaborasi antara UKM Indonesia dan perusahaan Whatsapp, yang mana UKM Indonesia ini merupakan sebuah komunitas dan media digital pusat informasi dan pengetahuan, yang memberikan kesempatan bagi UMKM yang ingin naik kelas melalui program Web Portal ukmindonesia.id dan UKM Indonesia ini hak ciptanya dimiliki oleh Universitas Indonesia serta dikelola oleh LPEM FEB Universitas Indonesia. 

Terbentuknya katalog digital www.ukmjuwara.id ini juga turut didukung oleh Kementerian Perdagangan, Kementerian Koperasi dan UKM, APINDO UMKM AKADEMI, IBAN, dan beberapa pihak lainnya. 

Dengan adanya Program Katalog 100 UKM JuWAra ini diharapkan bisa membantu para UMKM di Indonesia supaya semakin banyak yang go digital, karena tidak bisa dipungkiri bahwa dampak teknologi digital bagi UMKM sangatlah luar biasa,  sehingga seluruh UMKM di Indonesia bisa naik kelas dan mampu bersaing baik di pasar lokal maupun di pasar global.

Program Katalog 100 UKM JuWAra ini tak hanya membantu para UKM dalam mempromosikan produknya secara digital, tetapi juga memberikan akses kemudahan bagi para konsumen untuk membeli produk-produk di www.ukmjuwara.id karena katalog ini fiturnya sangat mudah digunakan karena langsung terkoneksi ke Whatsapp UMKM masing-masing serta terkoneksi ke media sosial dan marketplace. Dengan dimudahkannya akses tersebut diharapakan semakin banyak konsumen yang membeli produk-produk UKM JuWAra dan harapannya juga semakin banyak UMKM di Indonesia yang produknya bisa masuk ke katalog 100 UKM JuWAra sehingga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat, khususnya paa pelaku UMKM.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun