Mohon tunggu...
Sifa Wulandari
Sifa Wulandari Mohon Tunggu... Administrasi - Mahasiswa

Tidak ada

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

MERANCANG DAN MENGELOLA JASA

1 April 2024   15:00 Diperbarui: 1 April 2024   15:16 972
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1. PENGERTIAN

Merancang jasa/mengelola jasa merupakan suatu pendekatan sistematis yang mengatur unsur- unsur jasa seperti lingkungan fisik, orang-orang (pelanggan dan karyawan), dan proses pengiriman jasa untuk membantu pelanggan menciptakan pengalaman sesuai dengan yang diinginkan oleh pelanggan.

2. JENIS - JENIS PERUSAHAAN JASA

Berikut merupakan beberapa jenis perusahaan jasa antara lain :

1. Perusahaan Jasa Keuangan : Perusahaan asuransi dan pegadaian

2. Perusahaan Jasa Transportasi : Perusahaan penyewaan kendaraan ataupun layanan penumpang dan barang. 

3. Perusahaan Jasa Kebersihan : Perusahaan laundry pakaian ataupun sepatu.

3. KARAKTERISTIK JASA

Berikut karakteristik yang mempengaruhi dalam merancang dan mengelola jasa antara lain :

1. Sifat jasa tak berwujud (service intangibility) 

Merupakan sifat jasa yang dimana jasa ini tidak berwujud dengan arti lain tidak bisa dilihat ataupun diraba bahkan di cium terlebih dahulu oleh pembeli sebelum melakukan pembelian.

2. Sifat tidak terpisahkan (service inseparability) 

Merupakan sifat jasa yang berarti tidak dapat dipisahkan dari penyedia jasa tersebut, jadi jika seseorang memberikan suatu pelayanan maka penyedia akan menjadi salah satu bagian dari jasa.

3. Sifat bervariasi atau Keanekaragaman (variability) 

Merupakan sifat jasa yang memiliki arti jasa sangat beranekaragam yang dimana banyak variasi bentuk, jenis, kualitas, sifat jasa ini tergantung pada dimana lalu kapan dan kepada siapa jasanya ini diproduksi.

4. Sifat tidak tahan lama atau mudah lenyap (perishability) 

Merupakan sifat jasa yang menjelaskan bahwa suatu jasa tidak dapat bertahan lama dan tidak disimpan, sebagaimana contoh suatu kamar di hotel yang tidaj pernah dihuni atau tidak dimanfaatkan, akan berlalu atau hilang begitu saja karena tidak disimpan. 

4. STRATEGI PEMASARAN PERUSAHAAN JASA

- Menerapkan 3P dalam perusahan jasa , 3P yang dimaksud yaitu orang (people), bukti fisik (physical evidence), dan proses (process).

- Mengelola dengan baik kualitas suatu jasa.

- Membangun hubungan baik dengan konsumen.

- Selalu melalukan perbaikan dan evaluasi untuk segala proses berdasarkan saran ataupun kritik dari konsumen.

5. MENGELOLA DAN MENGEMBANGKAN STRATEGI MEREK JASA

Hal ini dapat kita lakukan melalui beberapa hal yaitu seperti lakukanlah riset yang baik dan teliti pada merek jasa yang dimiliki ataupun akan dimiliki perusahaan jasa. Lalu berikutnya kita harus memilih elemen merek karena jasa tidak berwujud, dan karena pelanggan sering membuat keputusan  tentang jasa di tempat yang jauh dari lokasi perusahaan jasa yang sesungguhnya. Jika pemilihan eleman yang tepat maka nama merek jasa akan dengan mudah diingat oleh pelanggan. Lalu jasa juga harus mempertimbangkan pengembangan hierarki merek dan portofolio merek yang memungkinkan dapat membidik segmen pasar berbeda. Pemasar dapat menetapkan merek kelas jasa secara vertikal berdasarkan harga dan kualitas jasa tersebut.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun