Mohon tunggu...
sholihin abd
sholihin abd Mohon Tunggu... Kepala Sekolah -

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Gerakan  Kembali Bersekolah

7 Juli 2018   13:00 Diperbarui: 7 Juli 2018   13:15 1221
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Gerakan  Kembali Bersekolah (GKB) adalah  suatu  gerakan  yang  bertujuan mengembalikan anak-anak  bersekolah, dimana dulu pernah bersekolah  tapi  putus  atau  berhenti  karena  berbagai  sebab. Mengembalikan anak-anak  bersekolah, berarti  kembali membelajarkan anak diusia  belajarnya,  supaya mempunyai  bekal  sebelum  berperan  di masyarakat, terutama  ilmu-ilmu  dasar. Banyaknya  anak  putus  sekolah,  tentu  sangat  memprihatinkan kita  semua. 

Apalagi,  jika  anak-anak tersebut  berhenti  pada  tingkat SD  dan  SMP. Betapa  tidak, karena akan  sangat  sulit  bagi  anak-anak  tersebut  bersaing  hidup, dengan  kualitas  sumber daya manusia yang rendah. Padahal Indonesia  sebagai  bangsa, sangat  membutuhkan generasi  berpendidikan  untuk  mengolah  kekayaan  alam  kita  yang  kaya  raya  ini.

Bisa  dibayangkan bagaimana potret  Indonesia kedepan  dengan  banyaknya anak-anak berhenti  bersekolah. Indonesia dikategorikan  sebagai  negara  dengan  angka  putus  sekolah  yang  tinggi. Ini  berdasarkan  data  UNICEF  tahun  2016  sebanyak  2,5 juta  anak. Angka  tersebut sebanyak 600 ribu  anak usia  Sekolah  Dasar (SD),  dan  sebesar  1,9 juta  anak  usia  Sekolah  Menengah  Pertama (SMP).

GKB  ini sebenarnya program dari mabes Polri, dan patut  diapresiasi daerah-daerah  yang telah merespon kuat  dan melaksanakan program  ini. Seperti Pemerintah  Kabupaten Mamuju Sulawesi Barat dan Kabupaten Brebes  Jawa Timur  bekerja sama  dengan Polres setempat. Kabupaten  Mamuju  dengan  angka putus  sekolah 9.934 anak  tahun 2016, berhasil  dikembalikan  ke  sejumlah sekolah  sabanyak 3.376 anak, berarti  sisa 6.558  anak  lagi  akan  terus  dikembalikan  di tahun-tahun  mendatang. 

Ditingkat  akar rumput, GKB ini digerakkan oleh semua Kepala Cabang Dinas(KCD) di Kecamatan Mamuju, Semua Kepala SD, SMP, dan semua Bintara  Pembina  Keamanan  dan  Ketertiban  Masyarakat (Babinkamtibas) di seluruh Kabupaten Mamuju. Babinkambtibas  yang  bertugas  di desa inilah,  yang  mendata anak-anak  sekaligus  membujuk  supaya  bisa  bersekolah kembali.

Pemerintah  Kabupaten  Mamuju, telah menggelontorkan  anggaran  sebesar Rp. 4 M, demi  kesuksesan  program  ini. GKB ini juga didukung perusahaan lampu Philips,  dengan  menyumbangkan  seragam  sekolah  dan tas.

Mengembalikan  anak-anak  bersekolah  harus  memperhatikan karakteristik  penyebabnya. Artinya, pengembalian bersekolah tertuju kesekolah  yang  tepat. Bisa  bersekolah  ke sekolah asalnya  semula  putus  sekolah, ke sekolah  kesetaraan (paket A, B dan C), ke sekolah  terbuka, ke tempat pelayanan rumah belajar atau sanggar belajar,  bisa juga kembali  bersekolah tapi dengan  sekolah  berbeda  bukan  tempatnya semula. Intinya, anak-anak kembali  bersekolah  atau kembali  tetap  belajar. Jika pengembalian  anak  bersekolah,  bukan  di sekolah  yang  tepat, rentan  putus  kembali.

Anak-anak  putus  sekolah  bisa  disebabkan  karena beberpa faktor ; Pertama, kurang  motivasi (dorongan). Anak  putus  sekolah, biasanya karena kurangnya perhatian dan nasehat dari  orang tuanya. Anak-anak bermalas-malasan dan tiada gairah  bersekolah, dipicu kurangnya perhatian  dan pengawalan orangtua dirumah. 

Termasuk kurangnya bimbingan ekstra oleh guru-guru disekolah.Orang tua mesti selalu mengawal  anak-anak dangan ritme komunikasi tinggi.  Dorongan  ini  juga harus  selalu  digelorakan oleh  Kepala Sekolah  saat  upacara  bendera, dan guru-guru ketika  dikelas. Karena ada  banyak anak-anak, akhirnya menyesal tidak bersekolah,  dan  baru  disadari  ketika  memasuki  dunia  kerja  di perantauan.

 Kalimat-kalimat  dorongan  sedetail  mungkin. Misalnya, seorang anak tidak diterima bekerja disebuah perusahaan di Bontang Kalimantan Timur, karena tidak punya ijazah. Contoh lain, belajar  matematika  supaya  mengerti  tentang  ukur mengukur. Begitu  juga belajar  ekonomi  supaya  mengerti  perihal  jual  beli dan lain-lain. Sehingga  anak-anak  merasa bahwa  bersekolah  itu  berguna dan  bermanfaat. Disekolah  anak-anak  putus  sekolah  karena  faktor  ini  tidak  terlalu  banyak. Dalam  satu  tingkatan  biasanya ada 1-2 orang. Namun, kalau  dikalikan dengan  sejumlah  sekolah  yang  ada, bisa  menjadi  banyak.

Kedua, masalah  budaya.  Ada  kebiasaan  anak-anak dipaksa  turut bekerja membantu orangtuanya. Misalnya bertani, berkebun,  berjualan  di pasar dan lain-lain, padahal hasrat bersekolah anak tersebut sangat tinggi.  Ada juga karena dinikah dinikan orang tuanya.  Anak-anak  yang  membantu  bekerja  orang  tuanya  bekerja, kebanyakan  terjadi  dipelosok  desa.

 Untuk masalah  ini, solusinya adalah  diberikan  penyadaran  kepada  pihak  orang  tua. Tugas  ini  bisa  diemban  pihak Kantor  Cabang  Dinas (KCD), Kepala  Sekolah, dan  guru-guru  serta  Bintara  Pembina  Keamanan  dan  Ketertiban  Masyarakat (Babinkamtibas)  yang  lebih  dekat  di desa atau  akar  rumput.

Ketiga, masalah  sistem. Disekolah setiap  akhir  tahun dilakukan  rapat  kenaikan  kelas. Dalam  rapat  kenaikan  kelas  dibentangkan  kriteria  kenaikan  kelas. Biasanya yang  menjadi  syarat  kenaikan  kelas  adalah  pencapaian  kognitif, psikomotorik, akhlak (sikap) dan kehadiran. Diskolah-sekolah  kota,  standar  kelulusan  lebih  tinggi  dibanding  didesa. Pada  aspek  kognitif, psikomotorik, dan  akhlak  standar  pencapaian  menggunakan  angka  yakni  68, 70, 75 dan seterusnya. 

Untuk  aspek  kehadiran menggunakan  prosentase. Disetiap  mata  pelajaran mempunyai  standar  ketuntasan  yang  disebut Kriteria  Ketuntasan  Minimal (KKM). Misalnya, Matematika  dengan KKM senilai  70, Bahasa  Inggris  sebesar 75 dan  lain lain.  Jika  ada  siswa  yang  pencapaiannya  dibawah KKM  maka  dinyatakan  tidak  tuntas. Disekolah  biasanya,  jika  ada  tiga  mata pelajaran tidak  tuntas,  berarti  tidak  naik  kelas.

Begitu  juga  dengan  kehadiran. Jika kehadiran  peserta  didik  tidak  mencapai  standar  prosentase  yang  ditetapkan, maka siswa bersangkutan  tidak  lulus. Misalnya  disekolah  A, menetapkan  kehadiran  harus 90 persen.  Jika dalam  satu  tahun  pelajaran ada  siswa  yang kehadirannya  dibawah  90%  berarti  gagal  naik  kelas.

Anak-anak  yang  terjaring  sistem  ini, kecenderungannya  putus  sekolah. Tapi  kalau  mau  dikembalikan kesekolah semula, bisa  merusak  sistem  di sekolah  tersebut  yang  sudah  menetapkan  standar  kelulusan  demi  peningkatan  mutu. Sebaiknya  anak-anak  seperti  ini  dikembalikan  ke sekolah  dengan  standar  kelulusan lebih  rendah. 

Jika  dikembalikan disekolah  yang  sama, akan  melemahkan semangat  belajar  dan kerajinan peserta  didik umumnya. Mereka  yang  rajin kesekolah dan tekun belajar akan berkata" percuma rajin kesekolah dan  tekun belajar. Toh, yang  malas kesekolah dan tidak tekun belajar tetap naik kelas". Anak  putus  sekolah  dengan  kasus  seperti  ini  juga  tidak  banyak.

Keempat, masalah  akses pendidikan. Putus  sekolah juga  disebabkan jauhnya tempat  pendidikan dari  tempat  tinggalnya. Lulusan Sekolah Dasar (SD) tidak bisa lanjut ke Sekolah Menengah Pertama (SMP) karena  tidak ada SMP  didesa  tersebut. Atau terhambat tidak  adanya  jalan ke sekolah yang  dituju. Kendala  akses ini, bisa  diselesaikan melalui  dana  desa yang  banyak  digelontorkan  di Desa. Pembangunan  prasarananya bisa bertahap  melalui usulan Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes). Bahkan bisa dibantu dana sharing  Pemerintah  Kabupaten.

Kelima, masalah  ekonomi (Biaya).  Putus  sekolah  karena persoalan ini merupakan faktor dominan. Data  temuan Pusat  Studi  Kependudukan  dan  Kebijakan  Universitas  Gajah  Mada, menemukan sebanyak  47,3 persen responden tidak  bersekolah  lagi  karena  masalah  biaya atau  faktor  ekonomi. 

Persoalan  ekonomi  ini  karena  penduduk  didera  kemiskinan. Sehingga  tidak  ada  biaya  untuk  sekolah. Pendapatannya  senin  kamis sepenuhnya  diperuntukkan  sebagai  biaya  hidup. Kemiskinan bisa disebabkan karena bapaknya  sudah  meninggal (yatim), kedua  orang tuanya  telah  tiada (yatim  piatu). 

Bisa juga karena ibu  bapaknya  bercerai (broken home), dan  tidak  lagi  peduli  dengan anaknya. Kemiskinan juga disebabkan  akibat  ketidakadaan  pekerjaan  orang tua, atau  pendapatan  orang tua memang  pas-pasan. Kalaupun  terpaksa  anak-anak  seperti  ini  diharuskan  bekerja demi  menopang  ekonominya. 

Dimana pagi  hari  harus  bekerja  mencari  nafkah, atau  membantu orang  tua, siang  hari  bisa  digunakan untuk  bersekolah atau belajar. Alternatif  bersekolah  yang  tepat, memasukkan mereka  kesekolah terbuka, kesekolah kesetaraan, atau rumah  belajar, dimana waktu  belajarnya menyesuaikan. 

Biaya mereka juga bisa diringankan melalui program  pemerintah, Program  Indonesia  Pintar (PIP), termasuk pemberian baju seragam gratis seperti program yang telah dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Mamuju. Solusi  itu  memungkinkan, sehingga mereka  tidak  kehilangan waktu  belajar diusianya yang  sangat  membutuhkan bekal  ilmu pengetahuan. Semoga Bermanfaat.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun