RANCANGAN PENELITIANÂ
1. Penelitian terdahulu
Mencari informasi mengenai penelitian tentang kurikulum merdeka dalam proses pembelajaran apakah pernah dilakukan atau tidakÂ
2. Latar belakang masalah
Pengaruh Kurikulum Merdeka dalam proses pembelajaran siswa dan siswi membuat siswa dan siswi lebih santai dalam belajar sehingga kebanyakan dari siswa dan siswi meremehkan proses pembelajaran karena dalam proses pembelajaran kurikulum merdeka siswa dan siswi akan di kelompok sesuai kategori jadi jika seorang siswa ataupun siswi mendapatkan kategori tertinggi atau kategori A maka walaupun nilai dari siswa atau siswi itu 80 akan di naikan menjadi 90 sampai 100. Karena hal itulah sistem pembelajaran kurikulum merdeka menjadi kurang efektif dalam proses pembelajaran selain itu dalam proses pembelajaran kurikulum merdeka juga tidak akan di berikan tugas dan semua siswa dan siswi diharuskan untuk naik kelas sehingga membuat siswa dan siswi santai dan tidak mau berusaha dalam belajar. Namun tentunya ada dampak positif di tetapkan kurikulum merdeka dalam proses pembelajaran siswa dan siswi yaitu pembelajaran yang asik dengan siswa dan siswi yang di ajarkan sesuai dengan minat dan bakat serta kesukaan nya masing-masing hal ini membuat proses belajar menjadi lebih asik, menyenangkan dan mudah dan pahami oleh para siswa dan siswi serta Siwa dan siswi mampu mengembangkan minat dan bakat mereka.
3. Perumusan masalahÂ
1. Bagaimana pengaruh Kurikulum merdeka apakah membantu siswa dan siswi dalam proses pembelajaran?
2. Apakah kurikulum merdeka mampu membuat siswa dan siswi lebih mengenal minat, dan bakat mereka dan apakah hal itu juga mempengaruhi nilai mereka?
4. Pernyataan penelitianÂ
1. Apa pengaruh signifikan kurikulum merdeka terhadap proses pembelajaran siswa/i?
2. Apa manfaat kurikulum merdeka bagi proses pembelajaran siswa/i?
3. Bagaimana kurikulum merdeka bisa efektif dalam proses pembelajaran siswa/i?
5. Tujuan dan manfaatÂ
1. Tujuannya untuk melihat pengaruh kurikulum merdeka terhadap proses pembelajaran siswa/i.
2 manfaat mengetahui dampak pengaruh kurikulum merdeka Terhadap proses pembelajaran siswa/i.
6. Landasan teoriÂ
Di tetap kannya kurikulum merdeka dalam proses pembelajaran siswa/i SMAK Santo Fransiskus Assisi membuat pembelajaran menjadi santai hal ini membuat siswa/i merasa bahwa tidak perlu berusaha payah dalam belajar namun perlu diketahui juga bahwa siswa/i yang belajar menggunakan kurikulum merdeka ini membuat siswa/i dapat mengembangkan gaya belajar serta dapat membuat minat dan bakat mereka menjadi berkembang akibat dari pembelajaran yang santai dan sesuai dari gaya belajar.Â
7. HipotesisÂ
Menurut saya kurikulum merdeka sangat berpengaruh besar bagi proses pembelajaran siswa/i di SMAK Santo Fransiskus Assisi, siswa/i jadi mendapat pembelajaran yang santai hal ini juga sangat berpengaruh bagi nilai akademik maupun non-akademik siswa/iÂ
8. Metode penelitianÂ
1. Jenis penelitian : data sekunder, data yang di peroleh dari website terpercayaÂ
2. Teknik pengumpulan : di dapat dari survei dan analisis dataÂ
3. Teknik analisis : secara kuantitatifÂ
4. Unit analisis : SMAK Santo Fransiskus AssisiÂ
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H