Mohon tunggu...
Sherlly DewiDamaiyanti
Sherlly DewiDamaiyanti Mohon Tunggu... Diplomat - Mahasiswa Ilmu Komunikasi UAD

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UAD

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Munculnya Komunikasi Hybrid pada Masa Pandemi Covid-19

22 Desember 2021   22:37 Diperbarui: 22 Desember 2021   22:44 89
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pandemi Covid-19 yang terjadi dalam dua tahun terakhir memaksa masyarakat untuk menguah atau bahkan mengemangkan gaya komunikasi dan kebiasaan atau aktivitas yang biasa mereka lakukan lebih tepatnya seperti mulai bekerja di rumah atau belajar di rumah. Sedangkan gaya komunikasi yang sekarang umum dianut terutama oleh beberapa perusahaan di masa pandemi adalah model komunikasi  hybrid. Komunikasi hybrid menghubungkan dua jenis karyawan yang berbeda baik di kantor maupun dari jarak jauh. Gaya komunikasi ini memungkinkan karyawan untuk memilih di mana mereka ingin bekerja. Untuk penjelasan lebih lanjut agar dapat memahami komunikasi hybrid di masa pandemic Covid-19 dapat dicermati pemaparan dari Prof. Estrella Arroyo, Ed.D. tentang beberapa hal terkait komunikasi hybrid di workshop Youth Communication Day 2021

Komunikasi hybrid

Di kantor dan karyawan jarak jauh, pengembangan komunikasi hybrid harus segera memenuhi kebutuhan dunia modern pasca-Covid-19. Cara komunikasi baru ini memungkinkan karyawan untuk memilih tempat bekerja daripada hari tertentu, mereka dapat memilih untuk bekerja di kantor, hari lain, mungkin bekerja di rumah. Oleh karena itu, perbedaan antara 5 model campuran tersebut dijelaskan sebagai berikut:

Anggota tim Startic Hybrid bekerja di loccton, di kantor atau di rumah Karyawan Dynamie Hybrid memutuskan dari mana mereka bekerja, apakah mereka bekerja di kantor atau jarak jauh. Anggota tim Hybrid yang Disinkronkan bekerja di kantor dan dari jarak jauh, tetapi mereka datang ke kantor pada saat yang sama secara default-karyawan dapat bekerja di mana pun mereka inginkan tanpa ekspektasi apa pun. Terkadang model ini disebut "model jarak jauh pertama." Terdistribusi penuh - model ini disebut sepenuhnya jarak jauh.

Pilih model hybrid berdasarkan ukuran, pengaturan, dan kebutuhan perusahaan. Karena tidak semua perusahaan memiliki komponen yang sama, mode kerja campuran yang mereka pilih juga berbeda. Apa yang paling kondusif untuk sifat pekerjaan harus menjadi pertimbangan pertama.

Model komunikasi hybrid

Real-time dan dirancang untuk memberikan respon segera. Sebagian besar komunikasi di lingkungan kantor biasa bersifat sinkron.

Contoh komunikasi sinkron

1. Percakapan tatap muka

2. Telepon

3. Konferensi Video

4. Pesan instan

Karena adanya jeda waktu antara pengiriman dan penerimaan informasi, komunikasi non-kronis biasanya tidak terjadi secara real time. Tidak ada masalah dengan penjadwalan, dan komunikasi sinkron tidak gratis. Email, fa, aplikasi dan platform obrolan tim, alat kolaborasi, dokumen chared, dan perpesanan vicoo.

Contoh komunikasi jangka panjang. Komunikasi berkualitas tinggi sangat bergantung pada komunikasi jangka panjang, dan derajatnya cocok untuk pekerjaan di tempat dan di pedalaman. Jenis komunikasi campuran ini mengurangi tekanan pada karyawan karena ada cukup waktu untuk menyesuaikan dan merespons—ini diperbolehkan. Selain itu, tim yang terdesentralisasi dapat bekerja lebih efisien.

Keuntungan dari komunikasi hybrid

1. Produktivitas meningkat

Model kerja jarak jauh memungkinkan karyawan untuk mendapatkan konseling yang lebih fokus dan stres. Perjalanan Timo, berpakaian, dan bangun pagi hampir tidak lagi merepotkan. Dengan bantuan karyawan, ia dapat mulai bekerja kapan saja.

2.  Lebih fleksibilitas

Pengaturan kerja yang memungkinkan karyawan memiliki keterampilan yang lebih baik adalah salah satu pengaturan terbaik—meningkatkan kualitas pemberi kerja yang dapat berkembang.

Karena tersedianya berbagai alat dan aplikasi komunikasi, karyawan dapat tetap berhubungan dengan orang-orang yang relevan bahkan ketika mereka menyelesaikan pekerjaannya di rumah.

3.  Kepercayaan di antara karyawan

Kurangnya kepercayaan dan komunikasi yang buruk bisa menjadi masalah serius, terutama dalam tim yang tersebar. Menjadi lebih mungkin untuk membangun hubungan yang bermakna, terutama ketika berkomunikasi, berkolaborasi, dan melakukan percakapan setiap hari. Seseorang di perusahaan memercayai Anda, membuat Anda merasa dimengerti, atau peduli pada Anda untuk membangun sistem pendukung yang lebih kuat.

4.  Peningkatan kolaborasi

Komunikasi internal akan mempengaruhi efisiensi anggota tim saat mengerjakan proyek. Bahkan jika para anggota belum bertemu satu sama lain, mereka dapat bekerja bersama dengan lebih nyaman. Tim terdistribusi bertanggung jawab untuk menyelesaikan tugas, karena komunikasi hibrid memastikan kolaborasi tepat waktu.

5. Komitmen karyawan

Karyawan merasa lebih nyaman ketika bekerja satu sama lain, terutama ketika tidak ada tekanan dari karyawan lain. Ketika ada kepercayaan dan kolaborasi, seseorang menjadi lebih terlibat.

6.  Peningkatan kinerja karyawan

Ketika saluran komunikasi terbuka, kinerja karyawan akan berkembang. Ketika Anda merasa bahwa Anda adalah bagian dari tim yang hebat, itu adalah otorisasi. Ini mengarah pada pengejaran kesempurnaan. Kinerja karyawan dipengaruhi oleh tunjangan.

Penghalang komunikasi hybrid yang efektif

• Hilangnya kantor fisik

• Bias karyawan yang tidak disadari

• Integrasi budaya perusahaan

• tempat kerja

• Kurangnya transparansi dalam tunjangan karyawan.

Strategi komunikasi hybrid

Pekerjaan campuran tampaknya masih menjadi lingkungan kerja utama. Tapi ini tidak menjamin bahwa itu berlaku untuk semua perusahaan. Pengusaha harus mengembangkan strategi dan beradaptasi dengan cara kerja yang buruk dan menguntungkan. Selain itu, pengusaha harus terlebih dahulu mengevaluasi dan mengevaluasi sistem yang ada dan menyesuaikannya dengan jenis peralatan komunikasi yang diperlukan, harapan karyawan, standar yang akan ditetapkan, dan protokol yang harus diikuti. Peralihan ke model kerja hibrida tidak terjadi dengan satu jari. Pola pikir positif, alat komunikasi dan aplikasi, mendidik tim tentang sifat dan pengharapan dalam pekerjaan hibrida dan dalam seluruh proses adalah penting.

Penghalang komunikasi hybrid yang efektif

  • Kehilangan kantor fisi
  • Prasangka karyawan yang tidak sadar
  • Peleburan budaya perusahaan
  • Tempat worbplace
  • Kurangnya transparansi kesejahteraan karyawan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun