Observasi dilaksanakan di Sd Gmim 3 Tomohon Pada Hari rabu tanggal 4 Oktober 2023. Di Sd Gmim 3 Tomohon sudah menerapkan kurikulum merdeka belajar sudah berjalan 2 tahun ini,kurikulum merdeka belajar sudah diterapkan dikelas 1,2,4 dan 5.Kelas yang diobservasi adalah kelas IV dengan jumlah 12 siswa, guru yang mengajar di kelas IV bernama ibu Santje C. Supit, S.Pd dengan Nip 196409141988012004 mata pelajaran IPAS  materi tentang Wujud zat. Sebelum dan sesudah kegiatan Observasi pembelajaran dikelas, Observer juga melakukan wawancara dengan guru mata pelajaran. Dalam kegiatan pembelajaran di Sd Gmim 3 Tomohon di kelas 4 metode yang digunakan guru yaitu metode ceramah, metode tanya jawab dan penugasan. Ketiga  metode tersebut digunakan secara bersamaan dalam proses pembelajaran. Untuk menggabungkan ketiga metode tersebut guru mempunyai cara tersendiri.Beberapa langkah-langkah Pembelajaran yg diterapkan guru yaitu :
1. Membuka pelajaran
Guru membuka pelajaran dengan :
a. Guru memberikan salam
b. Guru mengajak siswa berdoa, ada satu siswa yg memimpin doa
c. Guru mengecek kehadiran peserta didik
 d. Guru mengeksplorasi pengetahuan peserta
didik melalui berbagai pertanyaan mengenai materi yang akandisampaikan.
2.Penyajian materi
Penyajian materi sudah baik.
Guru melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran.
3.Metode pembelajaran
Menggunakan metode ceramah dalam menyampaikan materi, setelah menyampaikan materi guru melakukan tanya jawab metode tanya jawab dilakukan antara guru dan peserta didik baik saat guru menjelaskan materi maupun sesudah materi walaupun pada awalnya mereka pasif saat di tanya.
4.Lalu Guru memberikan tugas yaitu tentang mengelompokan benda padat, cair dan gas guru membuat tugas yang tingkat kesusahan nya berbeda karena didalam kelas tersebut ada yang belum bisa membaca jadi akan susah menulis jawaban jadi agar kelas terkelola dengan baik maka guru memberikan solusi dengan membuat  soal yg berbeda tetapi tujuan nya tetap sama pada inti materi tersebut, misalnya tugas yg tidak bisa membaca atau kurang bisa membaca guru hanya  memberikan tugas seperti mengelompokkan jenis gambar-gambar yang sama, ataupun mnempel gambar sesuai dengan materi yang dibahas .
5.Lalu siswa mengerjakan tugas yang diberikan guru dengan semngat karena mereka mencari jawaban pengelompokan benda padat, cair dan gas di dalam Ruangan kelas sehingga siswa aktif dan bebas dalam mencari jawaban tetapi tidak lepas dari itu sehingga suasana dikelas menjadi ribut namun guru tetap selalu mengarahkan.Setelah itu guru menghampiri murid- muridnya yg blum mengumpulkan tugas  dan menanyakan jika ada yang susah
6.Setelah siswa mengumpulkan tugasnya dan memeriksanya, lalu guru bersama siswa menyimpulkan mata pelajaran yang dipelajari.
7.setelah itu guru menutup pelajaran dengan doa penutup
     Lalu observer melakukan wawancara pada guru mata pelajaran IPAS  ibu Santje C. Supit, S.Pd dengan Nip 196409141988012004
dengan hasil :
1.Kurikum apa yg diterapkan di sekolah ini?
Jawaban : kurikulum yang digunakan pada saat ini yaitu kurikulum Merdeka belajar Kurikulum Merdeka belajar sudah diterapkan di kelas 1,2,4 dan 5. Kurikulum Merdeka belajar diterapkan Sd Gmin 3 Tomohon sudah berjalan 2 tahun sejak Tahun 2022 hingga saat ini.
2.Apa kelebihan dan kekurangan penerapan kurikulum merdeka belajar ?
Jawaban:
-Kelebihan bagi guru menerapkan kurikulum Merdeka belajar yaitu guru jadi fokus untuk mengajar pada materi tertentu karena pada kurikulum Merdeka belajar mata pelajaran guru lebih fokus berbeda dengan kurikulum sebelumnya yaitu menggunakan kurikulum 2013 menggunakan tematik jadi saat menyampaikan materi tidak terlalu fokus pada inti mata pelajaran karena pelajaran lain hanya seperti disentil saja atau sedikit dikaitkan tetapi tidak dikupas tuntas berbeda dengan mata pelajaran kurikulum mereka belajar itu mata pelajaran atau materi dipelajari dari awal hingga akhir kelebihan kurikulum merdeka belajar untuk siswa bahwasanya siswa dapat menguasai materi secara mendalam ,bebas mengeksplorasj dalam pembelajaran tetapi tetap diarahkan
-Kekurangan hanya sedikit saja kekurangannya bagi siswa karena kurikulum mereka belajar itu siswa diberi kebebasan atau merdeka sesuai apa yang disampaikan oleh guru namun guru tetap memberi arahan kepada siswa apa yang seharusnya mereka diskusikan atau apa yang mereka harus lakukan tapi terkadang banyak siswa yang hanya banyak bermain saja saat ketika guru tidak mengarahkan kegiatan yang dilakukan biasa yang diselingi dengan kerja ini atau kegiatan bermain lainnya yang menyenangkan mereka hanya malah berpikir hanya bermain-main saja tetapi mereka ada yang tidak paham hanya ikut-ikutan saja dan ada juga siswa yang fokus mereka bermain tapi fokus juga dengan tugas yang mereka kerjakan atau materi yang diajarkan maka dari itu aku harusmengarahkan siswanya  belajar sambil bermain tapi tetap fokus pada inti mata pelajaran.
3. Bagaimana menurut ibu tentang aktivitas belajar siswa?
Jawaban : aktivitas belajar IPAS tentunya tidak sama dengan kelas lainya. Ada kelas lainnya saat belajar itu aktif ,semngat menggebu-gebu, fokus dan mengerjakan tugas dengan baik.Kalau siswa di kelas IV agak sedikit pasif walaupun sebagian , susah menyampaikan pendapat,atau pun merangkai kalimat.
4.Menurut ibu masalah apa yang sering terjadi dalam pembelajaran atau faktor apa yang menyebabkan tinggi atau rendahnya  aktivitas belajar siswa ?
Jawaban : Banyak faktor yang mempengaruhi aktifitas belajar siswa antara lain siswa kurang fokus belajar yaitu faktor internal dimana biasanya karena kepribadian siswa itu sendiri,wataknya dan juga seperti kelebihan dalam bermain hingga saat guru menjelaskan atau guru memberikan tugas mereka lebih banyak bermainnya dan faktor eksternal yaitu pengaruh lingkungan sekitar.
5.Menurut ibu apa solusi  agar siswa aktif dalam belajar dan di dalam kelas terkelola dengan baik ?
Jawaban : langkah yang biasa dilakukan antara lain yaitu sering Memberikan latihan tugas, menggunakan gaya belajar yang bervariasi, mengkondisikan siswa yang belum bisa membaca memberikan tingkat tugasnya agak berbeda dengan yang sudah bisa membaca, menggunakan media pembelajaran dan alat peraga
6.Apakah solusi tersebut bisa meningkatkan aktivitas belajar siswa?
Jawabanya : Biasanya Berhasil dan ada perubahan.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H