Mohon tunggu...
Sheila Rebeca
Sheila Rebeca Mohon Tunggu... -

Journalism student

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Media Baru: Implementasi Karakteristik pada Situs Berita Reuters

24 Februari 2017   12:41 Diperbarui: 24 Februari 2017   13:02 438
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar 1. Penggunaan video dalam artikel berita

Setelah memahami tentang karakteristik dari media baru, saya mencoba mengimplementasikannya pada salah satu situs berita online Reuters.com.

Reuters.com merupakan bagian dari Thomson Reuters dalam divisi media. Thomson Reuters adalah kantor berita multimedia internasional terbesar di dunia. Mereka menyediakan investigasi berita, berita dunia, berita bisnis, berita teknologi, berita utama, berita bisnis kecil, berita siaga, keuangan pribadi, pasar saham, dan informasi keuangan lainnya yang terdapat dalam Reuters.com.

Analisis Karakteristik:

1. Digital

Reuters.com telah menyajikan berita dengan mengikutsertakan teks, foto, maupun video.

Gambar 1. Penggunaan video dalam artikel berita
Gambar 1. Penggunaan video dalam artikel berita
Gambar 2. Penggunaan foto dalam artikel berita
Gambar 2. Penggunaan foto dalam artikel berita
Pada konten markets & finance terdapat pula grafik mengenai naik turunnya nilai mata uang, emas, dan saham.

Gambar 3. Penggunaan grafik untuk memperjelas data
Gambar 3. Penggunaan grafik untuk memperjelas data
2. Interactive

Dalam setiap artikel berita terdapat icon share: twitter, facebook, linkedin, dan mail. 

Gambar 4. Tombol share pada tiap artikel berita
Gambar 4. Tombol share pada tiap artikel berita
Sedangkan untuk konten foto dan podcast, pengguna bisa share ke twitter, facebook, linkedin, reddit, google+, dan mail. 

Gambar 5. Tombol share pada konten foto dan podcast
Gambar 5. Tombol share pada konten foto dan podcast
Untuk konten video, Reuters menyediakan icon share: twitter, facebook, linkedin, mail, irl, dan link.

Gambar 6. Tombol share pada konten video
Gambar 6. Tombol share pada konten video
3. Hypertextual

Hampir dalam setiap artikel berita terdapat hyperlink yang menunjukkan sumber dari pernyataan tersebut. Contohnya seperti data dalam konten berita markets & finance. 

Gambar 7. Tulisan warna oranye terdapat hyperlink
Gambar 7. Tulisan warna oranye terdapat hyperlink
Gambar 8. Alamat tujuan hyperlink gambar sebelumnya
Gambar 8. Alamat tujuan hyperlink gambar sebelumnya
Selain itu ada pula kolom related coverage yang menampilkan link berita yang bersangkutan dengan berita yang sedang dibaca.
Gambar 9. Contoh artikel related coverage
Gambar 9. Contoh artikel related coverage
Reuters juga tidak hanya mengacu atau menampilkan hyperlink yang ada pada portal berita Reuters sendiri tetapi juga media lainnya. Contohnya seperti nytimes, washingtonpost, dan chatamhouse.

Gambar 9. Tulisan warna oranye terdapat hyperlink
Gambar 9. Tulisan warna oranye terdapat hyperlink
Gambar 10. Alamat tujuan hyperlink gambar di atas
Gambar 10. Alamat tujuan hyperlink gambar di atas
4. Networked

Reuters merupakan portal berita berbasis online sehingga membutuhkan jaringan internet untuk menggunakannya. Jaringan yang dimiliki Reuters antara lain media sosial untuk share berita, foto, maupun video (facebook, twitter, reddit, google+, linkedin). 

Gambar 11. Jaringan yang ada pada tampilan situs berita
Gambar 11. Jaringan yang ada pada tampilan situs berita
Selain media sosial ada pula penggunaan soundcloud dan i-tunes pada layanan podcasts. 

Gambar 12. Reuters menggunakan jaringan i-Tunes pada konten podcast
Gambar 12. Reuters menggunakan jaringan i-Tunes pada konten podcast
Sedangkan pada konten markets, Reuters juga terhubung pada Bankrate.com untuk melihat data key rates.

Gambar 13. Reuters menggunakan jaringan Bankrate
Gambar 13. Reuters menggunakan jaringan Bankrate
5. Virtual & Simulated

Reuters menyediakan animasi visual bagi penggunanya untuk lebih memudahkan mereka dalam membaca informasi yang diberikan. Hal ini dilakukan agar penggunanya bisa lebih memahami pesan apa yang sedang mereka sampaikan, juga bisa mengandai-andaikan dirinya berada dalam posisi tersebut. Sehingga harapannya Reuters bisa menarik emosi penggunanya agar informasi yang mereka sampaikan bisa diimplementasikan dalam pemikirannya.

Gambar 14. Reuters menyajikan virtual planner bagi penggunanya
Gambar 14. Reuters menyajikan virtual planner bagi penggunanya
Gambar 15. Reuters juga menggunakan virtual map untuk menunjukkan data
Gambar 15. Reuters juga menggunakan virtual map untuk menunjukkan data
Melalui beberapa pemaparan di atas, dapat disimpulkan bahwa situs berita Reuters.com telah memenuhi semua karakteristik media baru. Sehingga bisa dikatakan bahwa Reuters.com mampu menjadi media acuan dalam pencarian informasi berbasis teknologi modern.

Kunjungi www.reuters.com

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun