Setelah memahami tentang karakteristik dari media baru, saya mencoba mengimplementasikannya pada salah satu situs berita online Reuters.com.
Reuters.com merupakan bagian dari Thomson Reuters dalam divisi media. Thomson Reuters adalah kantor berita multimedia internasional terbesar di dunia. Mereka menyediakan investigasi berita, berita dunia, berita bisnis, berita teknologi, berita utama, berita bisnis kecil, berita siaga, keuangan pribadi, pasar saham, dan informasi keuangan lainnya yang terdapat dalam Reuters.com.
Analisis Karakteristik:
1. Digital
Reuters.com telah menyajikan berita dengan mengikutsertakan teks, foto, maupun video.
Gambar 1. Penggunaan video dalam artikel berita
Gambar 2. Penggunaan foto dalam artikel berita
Pada konten
markets & finance terdapat pula grafik mengenai naik turunnya nilai mata uang, emas, dan saham.
Gambar 3. Penggunaan grafik untuk memperjelas data
2. Interactive
Dalam setiap artikel berita terdapat icon share: twitter, facebook, linkedin, dan mail.Â
Gambar 4. Tombol share pada tiap artikel berita
Sedangkan untuk konten foto dan
podcast, pengguna bisa
share ke
 twitter, facebook, linkedin, reddit, google+, dan
mail.Â
Gambar 5. Tombol share pada konten foto dan podcast
Untuk konten video, Reuters menyediakan
icon share:Â
twitter, facebook, linkedin, mail, irl, dan
link.
Gambar 6. Tombol share pada konten video
3. Hypertextual
Hampir dalam setiap artikel berita terdapat hyperlink yang menunjukkan sumber dari pernyataan tersebut. Contohnya seperti data dalam konten berita markets & finance.Â
Gambar 7. Tulisan warna oranye terdapat hyperlink
Gambar 8. Alamat tujuan hyperlink gambar sebelumnya
Selain itu ada pula kolom
related coverage yang menampilkan
link berita yang bersangkutan dengan berita yang sedang dibaca.
Gambar 9. Contoh artikel related coverage
Reuters juga tidak hanya mengacu atau menampilkan hyperlink yang ada pada portal berita Reuters sendiri tetapi juga media lainnya. Contohnya seperti nytimes, washingtonpost, dan chatamhouse.
Gambar 9. Tulisan warna oranye terdapat hyperlink
Gambar 10. Alamat tujuan hyperlink gambar di atas
4. Networked
Reuters merupakan portal berita berbasis online sehingga membutuhkan jaringan internet untuk menggunakannya. Jaringan yang dimiliki Reuters antara lain media sosial untuk share berita, foto, maupun video (facebook, twitter, reddit, google+, linkedin).Â
Gambar 11. Jaringan yang ada pada tampilan situs berita
Selain media sosial ada pula penggunaan
soundcloud dan
i-tunes pada layanan
podcasts.Â
Gambar 12. Reuters menggunakan jaringan i-Tunes pada konten podcast
Sedangkan pada konten
markets, Reuters juga terhubung pada Bankrate.com untuk melihat data
key rates.
Gambar 13. Reuters menggunakan jaringan Bankrate
5. Virtual & Simulated
Reuters menyediakan animasi visual bagi penggunanya untuk lebih memudahkan mereka dalam membaca informasi yang diberikan. Hal ini dilakukan agar penggunanya bisa lebih memahami pesan apa yang sedang mereka sampaikan, juga bisa mengandai-andaikan dirinya berada dalam posisi tersebut. Sehingga harapannya Reuters bisa menarik emosi penggunanya agar informasi yang mereka sampaikan bisa diimplementasikan dalam pemikirannya.
Gambar 14. Reuters menyajikan virtual planner bagi penggunanya
Gambar 15. Reuters juga menggunakan virtual map untuk menunjukkan data
Melalui beberapa pemaparan di atas, dapat disimpulkan bahwa situs berita Reuters.com telah memenuhi semua karakteristik
media baru. Sehingga bisa dikatakan bahwa Reuters.com mampu menjadi media acuan dalam pencarian informasi berbasis teknologi modern.
Kunjungi www.reuters.com
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H
Lihat Inovasi Selengkapnya