Mohon tunggu...
Shalsa Azzahra
Shalsa Azzahra Mohon Tunggu... Lainnya - Guru

Antusias dengan bidang pendidikan dan ekonomi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Pembelajaran Daring Berkendala Bagi Siswa, Dimanakah Peran Orangtua Serta Guru?

13 Juni 2021   22:29 Diperbarui: 13 Juni 2021   23:12 547
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pembelajaran daring adalah pembelajaran yang dilakukan secara online, menggunakan aplikasi pembelajaran maupun jejaring sosial. 

Pembelajaran daring merupakan pembelajaran yang dilakukan tanpa melakukan tatap muka, tetapi melalui platform yang telah tersedia. Dalam tema ini kita akan memaparkan terkait peranan guru dan orang tua siswa terhadap kualitas pembelajaran daring.

Dalam menjalankan kebijakan yang tentunya membawa wajah baru bagi pendidikan Indonesia ini tentunya masih terdapat banyak kendala dalam pelaksanaannya, karena tidak semua sekolah yang pernah melakukan sistem pembelajaran daring ini, maka wajar baik pihak guru, peserta didik maupun orang tua/wali peserta didik mendapatkan kendala menghadapi sistem baru ini. 

Berdasarkan hal-hal di atas, penulisan artikel ini menjadi sangat penting agar kita dapat mengetahui bagaimana sebenarnya peran teknologi, guru dan orang tua serta kesiapan para peserta didik dalam menjalani sistem pembelajaran daring.

Dalam pembelajaran daring ini peserta didik dituntut untuk mengikuti pembelajaran dan menerima pembelajaran dengan sistem pemahaman terhadap materi yang mereka dapat dari seorang pendidik. Namun, dalam pembelajaran daring ini hampir 80% peserta didik merasa kesulitan dalam menerima pembelajaran ataupun dengan tugas yang sangat banyak sehingga membuat peserta didik sulit menyelesaikan tugas yang di berikan dengan tepat waktu. Maka dari itu, peran guru dan orang tua disini sangat diperlukan untuk meningkatkan motivasi peserta didik untuk kembali bersemangat untuk belajar.

Manfaat yang akan ditimbulkan dalam peran orang tua dan guru untuk peserta didik itu dapat memotivasi belajar siswa dan meningkatkan semangat dalam mengikuti pembelajaran daring ini. Karena peran orang tua dan guru ini sangat dibutuhkan untuk monitoring dengan cara keterlibatan, fokus, konsisten serta memberi solusi kepada anak. Dan juga harus serba tahu dan terampil dalam menguasai materi pelajaran dan materi yang dihadapi anak.

Dalam pembelajaran daring ini permasalahan yang akan terjadi itu dalam kegitan siswa dirumah yang harus menyesuaikan pembelajaran yang mereka akan dapatkan dari guru.

Peran orang tua sangat penting dan diperlukan sekali dalam pembelajaran daring ini. Permasalahan yang akan timbul seperti perubahan karakter ataupun perilaku para siswa sulit dipantau, Pembelajaran daring cenderung seperti memberikan tugas secara online, lalu tugas diberikan para murid sangat menumpuk, tetapi penyerapan materi pelajaran sangat minimalis.

Dirumah orang tua harus membentuk permasalahan yang terjadi oleh anaknya dan dapat memberikan bimbingan terhadap anak untuk tetap dapat mengikuti pembelajaran. Selain itu, seorang guru juga harus dapat menerapkan perannya walaupun siswa sudah dibimbing dengan orang tuanya, tetapi peran guru juga sangat penting untuk keberlangsungan pembelajaran secara efektif.

Pembelajaran daring sangat membutuhkan peran orang tua, dikarenakan kondisi pandemi yang membuat masyarakat tidak bisa keluar rumah kecuali ada keperluan penting yang mendesak. Sehingga peserta didik sangat membutuhkan bimbingan dan arahan dari orang tua. Selain orang tua, guru juga sangat di perlukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran online. Walaupun kondisi sangat sulit untuk melakukan interaksi seperti biasa saat offline, bukan berarti guru hanya memberikan tugas saja tanpa memberikan pemahaman atau penjelasan yang benar terhadap materi yang diajar.

Pembelajaran daring ini memberikan peranan penting untuk seorang guru dan orang tua yang diantaranya:

Peran guru dalam pembelajaran daring :

1. Kemampuan guru memanfaatkan teknologi

Guru perlu mendalami perkembangan teknologi yang dapat dijadikan sebagai media pembelajaran online. Misalnya presentasi menggunakan video konferensi, tugas yang dikerjakan melalui dokumen online, hingga memberikan softcopy materi pembelajaran. Ini berfungsi agar peserta didik dapat menerima materi yang menarik dan efektif.

2. Materi pembelajaran terencana dan efektif

Memanfaatkan pembelajaran daring perlu dilakukan secara terencana dan efektif dari segi waktu. Sehingga guru perlu mengatur langkah-langkah pembelajaran yang detail untuk kualitas belajar yang baik. Guru dan siswa bersama-sama dapat menetapkan tujuan pembelajaran, waktu, dan memilih materi dengan langkah-langkah yang tepat dan akurat.

3. Menyatukan persepsi dan konsentrasi siswa

Dalam pembelajaran online guru harus mampu menyatukan persepsi dan konsentrasi anak didik melalui lokasi yang jauh dan berbeda-beda. Maka itu guru perlu memiliki visi yang jelas dalam pembelajaran dan mampu menjalin ikatan batin. Sehingga guru berperan juga sebagai motivator, fasilitator, dan komunikator.

4. Menguatkan karakter siswa

Guru dapat menyampaikan pesan kepada anak didik agar menjadi tangguh terutama di masa pandemi. Sebab penyebaran Covid-19 memberikan pengaruh besar terhadap fisik dan mental semua individu termasuk anak. Sehingga anak perlu diberikan motivasi untuk beradaptasi dengan hal-hal baru terkait dengan upaya pencegahan penularan virus Covid-19.

Peranan Orang Tua dalam pembelajaran daring :

1. Membuat rencana target belajar

Situasi belajar di rumah memang kurang ideal seperti saat belajar di sekolah. Untuk itu orang tua perlu membuat adaptasi dan target belajar yang realistis sesuai dengan kondisi rumah. Misalnya faktor gangguan seperti adanya saudara yang dapat mengganggu kegiatan belajar, sarana dan prasarana belajar daring, serta menyesuaikan dengan jadwal WFH (work from home) orang tua.

2. Menjalankan kebiasaan yang sama dan ajarkan tanggung jawab

Walaupun hanya di rumah, upayakan anak tetap menjalankan rutinitas harian yang sama ketika belajar di sekolah. Seperti bangun pagi, melakukan kegiatan belajar mengajar daring atau luring, baru setelahnya anak dapat bermain. Hal ini perlu dilakukan agar anak lebih aman, nyaman, dan tidak cemas terhadap perubahan situasi belajar yang ada.

Orang tua juga perlu mengajarkan tanggung jawab kepada anak terhadap tugas sekolahnya selama di rumah. Hal ini agar anak tidak melewatkan waktu belajar untuk melakukan hal yang disukainya terutama bermain. Dengan begitu anak tetap mendapatkan materi pembelajaran secara teratur dan bermain secara seimbang layaknya pada masa sekolah biasa.

3. Sabar

Selama belajar dari rumah, orang tua akan menjadi tutor anak menggantikan guru. Untuk itu perlu kesabaran dalam membimbing anak belajar. Selain itu, berikanlah pengajaran dengan kasih sayang. Tujuannya agar anak merasa nyaman dan aman dengan situasi belajar di rumah terutama pada masa pandemi.

4. Memanfaatkan aplikasi

Perkembangan teknologi masa kini dapat membuat manusia menggunakan berbagai aplikasi untuk membantu metode belajar anak. Apalagi anak-anak kini lebih menyukai pembelajaran yang memiliki animasi visual dan auditori yang menyenangkan. Sehingga orang tua tidak melulu memberikan materi pembelajaran secara konvensional.

5. Mempelajari kekuatan dan kelemahan anak

Mengetahui kekuatan dan kelemahan anak untuk belajar sangat penting agar materi pembelajaran mudah diserap olehnya. Orang tua perlu kreatif dalam menggunakan media apapun untuk proses belajar di rumah. Misalnya memanfaatkan video tutorial online atau modul berbasis tulisan dan gambar.

Semoga artikel ini membantu para pendidik dan orang tua untuk membangun kesadaran bahwa peran orang tua dan guru sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran daring, dan orang tua serta guru diharapkan akan selalu turun membantu anak-anak dalam proses pembelajaran daring di situasi pandemi Covid-19.

Oleh : Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta / Pendidikan Ekonomi

Penulis : Dewi Yuliana , Nanda Eka Putri, dan Shalsa Azzahra

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun