Mohon tunggu...
Shakira Lovena
Shakira Lovena Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Mahasiswa

Mahasiswa Jurusan Ilmu Hubungan Internasional Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta

Selanjutnya

Tutup

Nature

Melestarikan Lingkungan Sambil Berwisata Bersama 'Wonderful Indonesia' dan AQUA

1 Juni 2024   20:06 Diperbarui: 1 Juni 2024   20:30 129
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Nature. Sumber ilustrasi: Unsplash

Diplomasi publik telah menjadi salah satu instrumen penting bagi Indonesia dalam memperkuat posisinya di kancah global. Memiliki lebih dari 720 juta jiwa penduduk yang tersebar di lebih dari 17.000 pulau, Indonesia memanfaatkan keragaman budaya, suku, penduduk, dan agama dalam implementasi diplomasi publiknya. Pariwisata yang menjadi salah satu kekayaan Indonesia pun dipilih untuk menjadi instrumen diplomasi publik Indonesia.

Sebelum menyelam lebih jauh ke topik kali ini, mari kita mengenal terlebih dahulu mengenai diplomasi publik. Diplomasi publik merupakan salah satu konsep dalam dunia hubungan internasional yang berfokus pada praktik diplomasi melalui interaksi dengan masyarakat asing dengan tujuan mempengaruhi opini publik atau memenuhi kepentingan nasional. 

Diplomasi publik sendiri tergolong sebagai soft power. Joseph Nye memperkenalkan konsep soft power publik sebagai suatu kemampuan untuk memberi influence pada orang lain tanpa paksaan untuk dapat mencapai kepentingannya. 

Pariwisata pun sudah sejak lama telah menjadi instrumen soft power Indonesia. Salah satu kampanye pariwisata Indonesia yang pasti sudah tak asing kita dengar adalah 'Wonderful Indonesia'. Kampanye Pariwisata Indonesia mulai digencarkan kembali sejak tahun 2008 dengan diluncurkannya kampanye dari Departemen Kebudayaan dan Pariwisata Republik Indonesia dengan nama 'Tahun Kunjungan Indonesia 2008'. 

Kampanye tersebut diadakan dalam rangka merayakan 100 tahun kebangkitan nasional Indonesia. Kampanye ini pun terus dilanjutkan hingga 2010 dan akhirnya berganti nama menjadi 'Wonderful Indonesia' pada tahun 2011, dan kemudian dikenal pula oleh masyarakat domestik sebagai 'Pesona Indonesia' pada tahun 2015. 

Kampanye Wonderful Indonesia ini pun juga memiliki logo yang terinspirasi dari Garuda Pancasila yang merupakan lambang negara Indonesia. Logo dari kampanye ini memiliki lima warna yang melambangkan berbagai unsur, mulai dari lima sila Pancasila, lima pemangku kepentingan pariwisata, serta lima jenis pesona pariwisata Indonesia.

Dalam mempromosikan berbagai destinasi pariwisata Indonesia seperti pesona kekayaan alam di Bali dan Raja Ampat serta keberagaman budaya di Yogyakarta, kampanye 'Wonderful Indonesia' terus berkembang dan juga beradaptasi mengikuti perkembangan tren global. Berbagai kegiatan promosi telah dilakukan oleh 'Wonderful Indonesia', mulai dari festival kebudayaan, pameran skala internasional, kolaborasi dengan berbagai influencer, dan juga menggaet berbagai perusahaan besar sebagai partner kerjasamanya yang salah satunya adalah AQUA. 

AQUA sendiri merupakan salah satu merek air minum kemasan yang legendaris Indonesia yang didirikan pada tahun 1973 oleh Tirto Utomo dan kemudian bergabung dengan perusahaan multinasional asal Perancis bernama Danone. Perusahaan AQUA sendiri membangun brandingnya sebagai merek yang memiliki kepedulian yang tinggi terhadap isu sosial dan juga lingkungan. 

AQUA dalam pengoperasian perusahaannya, juga telah terlibat dalam berbagai program keberlanjutan seperti pengelolaan sumber daya air, pengurangan sampah plastik, dan juga program daur ulang. AQUA pun turut bermitra dengan berbagai komunitas dengan tujuan memberi dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat. 

Dalam kerjasama terbarunya, AQUA telah mengadakan kerjasama co-branding dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) untuk mendukung kampanye 'Wonderful Indonesia' melalui  peluncuran kampanye '100% Murni, 100 Persen Petualangan Indonesia'. 

Kampanye kerjasama antara AQUA dan 'Wonderful Indonesia' ini diluncurkan pada 29 Mei 2024 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur yang merupakan salah satu dari 10 destinasi wisata prioritas (DPP) yang telah ditetapkan oleh pemerintah Indonesia. Kemenparekraf sendiri menyetujui kerjasama ini karena kampanye yang hendak dijalankan oleh AQUA ini berkesinambungan dengan pemerintah Indonesia yang hendak memprioritaskan Green Tourism dan Pariwisata Regeneratif. 

Tujuan utama dari kerjasama ini sendiri adalah untuk mempromosikan destinasi wisata prioritas dan juga meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan serta kelestarian lingkungan ketika sedang berwisata. Untuk menyampaikan pesannya tersebut, dalam peluncuran kampanyenya, AQUA dan 'Wonderful Indonesia' menghadirkan pula komunitas anak muda peduli lingkungan bernama Pandawara dan Kole Project untuk bersama-sama melaksanakan pembersihan sampah di Laut Binongko serta mengunjungi berbagai lokasi wisata di Labuan Bajo seperti Pulau Komodo dan juga Pantai Pink. 

Dalam kampanye ini, program utamanya sendiri adalah program undian berhadiah bagi seluruh konsumen AQUA dimana setiap bulannya, akan diumumkan  tiga pemenang yang beruntung yang memperoleh kesempatan untuk menikmati melakukan perjalanan gratis bersama dengan tiga teman mereka ke salah satu dari empat destinasi wisata prioritas  di Indonesia, termasuk Labuan Bajo, Wakatobi, Danau Toba, dan Mandalika. Dalam perjalanan wisatanya nanti, para pemenang ini pun juga akan diajak oleh AQUA dan Wonderful Indonesia untuk bersama-sama melakukan kegiatan peduli lingkungan.

Melalui kampanye '100% Murni, 100 Persen Petualangan Indonesia' ini, diharapkan adanya kesadaran dari masyarakat lokal dan mancanegara untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan ketika sedang berwisata. Jika berbagai destinasi wisata ini tercemar, tentu saja hal tersebut dapat merusak pesona dari pariwisata Indonesia dan merusak citra dari Indonesia itu sendiri. 

Untuk dapat menjaga nama baik Indonesia, peran dari masyarakat publik pun sangat diperlukan dan kita tak bisa hanya bergantung pada pemerintah. Dengan saling bahu-membahu, mari kita ciptakan citra positif negara Indonesia dan juga masa depan yang lebih hijau serta berkelanjutan untuk generasi-generasi selanjutnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Nature Selengkapnya
Lihat Nature Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun