Selama pembelajaran saat pandemi berlangsung para siswa mengeluhkan beban kerja yang berat, kelelahan, dan beberapa siswa kehilangan motivasi akibat pandemi (Niemi & Kousa, 2020).Â
Kondisi pasca-pandemi tersebut membuktikan bahwa para siswa mengikuti pembelajaran jarak jauh dengan cara keadaan yang sulit dan sering kali tanpa arahan atau dukungan yang jelas dari guru dan orang tua mereka.Â
Dampak tersebut dilihat dari rata-rata motivasi para siswa untuk belajar di Indonesia yang menurun tajam, sehingga mereka lupa tentang motivasi belajar seperti sebelum pandemi, kondisi tersebut membuat prestasi belajar mereka tidak optimal
Permasalahan yang sebenarnya mereka hadapi adalah rendahnya konsentrasi, kesulitan mengatur waktu, kurangnya minat untuk belajar, mencatat, dan membaca.Â
Kebanyakan siswa tidak dapat mengatur waktu mereka dengan benar dan efektif, bahkan beberapa dari mereka merasa bahwa mereka kekurangan waktu untuk belajar.Â
Masalah yang timbul bukanlah karena ada terlalu banyak kegiatan yang menyita waktu mereka, melainkan juga karena penggunaan waktu masih kurang maksimal.
Motivasi untuk belajar dalam proses pembelajaran adalah hal yang penting. Pembelajaran yang maksimal harus diupayakan bagi para siswa, dan sebisa mungkin hambatan dapat diminimalkan.Â
Sehingga hasil yang diinginkan dalam proses pembelajaran dapat diperoleh secara maksimal. Untuk itu dibutuhkan sebuah usaha yang harus diterapkan untuk merangsang motivasi pembelajaran bagi para siswa dalam kondisi pasca-pandemi saat ini, sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan lancar.Â
Tujuan dari artikel ini adalah memberikan gambaran tentang upaya yang bisa dilakukan agar motivasi belajar bagi para siswa meningkat. Diharapkan bahwa hasil tersebut dapat dijadikan inspirasi untuk para orangtua dan guru.Â
Di mana artikel ini dapat dikembangkan kembali berdasarkan kondisi dan keadaan setiap masing-masing siswa. Sehingga ketika upaya tersebut tercapai membuat tidak adanya lagi tantangan atau hambatan yang mengganggu proses pembelajaran pasca-pandemi.
Upaya Meningkatkan Motivasi BelajarÂ